Avicennia marina (Forssk.) Vierh Jenis Mangrove yang Kaya Manfaat

Halidah Halidah

Abstract


Hutan mangrove merupakan salah satu bentuk ekosistem hutan yang unik dan khas, terdapat di daerah pasang surut di wilayah pesisir, pantai atau pulau-pulau kecil dan merupakan sumber daya alam yang sangat potensial. Avicennia marina merupakan salah satu jenis mangrove yang dapat tumbuh di rawa-rawa air tawar, tepi pantai berlumpur, daerah mangrove, hingga pada substrat yang berkadar garam sangat tinggi. Pohon ini mempunyai manfaat yang sangat beragam antara lain untuk bioformalin, kayu bakar, makanan ternak, bahan makanan, tanaman perintis, rusuk perahu, tanaman penyerap racun serta obat anti fertilitas tradisional. Dengan mengetahui manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman ini, maka masyarakat dengan kesadarannya ikut berperan aktif untuk menjaga kelestarian hutan mangrove


Keywords


Avicennia marina; manfaat; makanan; obat; penyerap racun

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2011. Keluarga bakau yang banyak manfaat. http://www.bataviase.co.id. Koran jakarta Nasional. 5 Januari 2011

Anonim. Avicennia marina Pengendali Logam Berat. http://www.ecoton.or.id/tulisanlengkap.php?id=1300. Diunduh tgl 5 Januari 2011

Dahuri, R.,J. Rais., S. P. Ginting dan M. J. Sitepu. 1996. Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

Duke. J. A. 1983. Avicennia marina (Forsk.Vierch). Handbook Of Energy Crops. Unpublieshed. http://www.hort.purdue.edu/newcrop/ duke_energy/refa-f.html. Diunduh tanggal 5 januari 2011

Halidah dan H. Kama. 2013. Penyebaran alami Avicennia marina (Forsk) Vierh dan Sonneratia Alba Smith pada Substrat pasir di Desa Tiwoho, Sulawesi Utara. Indonesian Rehabilitation Forest Journal, 1 (1) 51-58. Bogor.

Kusmana, C., Onrizal dan Sudarmadji. 2003. Jenis-jenis pohon Mangrove di Teluk Bintuni Papua. Fakultas kehutanan IPB dan PT. Bintuni Utama Murni Wood Industries.

Kusmana,C., A. Suryani, Y. Hartati dan P. Oktadiyani. 2009. Pemanfaatan jenis pohon Mangrove api-api (Avicennia spp.) sebagai bahan pangan dan Obat-obatan. IPB.

Indonesia Wetlands. Species Mangrove. Diunduh tanggal 27 januari 2014.

Soeroyo. 1987. Peranan Hutan mangrove secara Ekonomi. Prosiding Seminar Ekonomi Maritim I. Yayasan Dewaruci . Jakarta.

Tomlinson. 1986. The Botany of Mangrove, New York : Cambridge University Press

Wijayanti, E.D. 2009. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Api-Api (Avicennia Marina) terhadap Resorpsi Embrio, Berat Badan dan Panjang Badan Janin Mencit (Mus musculus). Journal.unair.ac.id. Diunduh tanggal 24 Januari 2014.




DOI: https://doi.org/10.20886/buleboni.5031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: