Pertumbuhan Anakan Alam Eboni (Diospyros celebica Bakh.) dari Tiga Populasi di Persemaian

C. Andriyani Prasetyawati

Abstract


Eboni (Diospyros celebica Bakh.) atau yang biasa dikenal dengan nama kayu hitam merupakan salah satu jenis kayu unggulan di Pulau Sulawesi. Keindahan serat dan warna kayunya membuat jenis ini sangat laku di pasaran sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. Hal ini menyebabkan eboni banyak dieksploitasi dengan tanpa mempertimbangkan kelestariannya. Penebangan yang tidak diimbangi dengan penanaman kembali, membuat populasi eboni semakin menurun. Biji eboni bersifat rekalsitran dan sulit dijumpai di habitat alaminya karena tidak semua populasi berbuah pada setiap tahunnya. Hal ini menjadikan eboni semakin sulit untuk dikembangkan. Salah satu alternatif pengembangan eboni adalah dengan menggunakan anakan alam. Anakan alam akan banyak dijumpai pada saat musim panen lewat. Anakan alam yang masih muda mempunyai persen hidup yang lebih tinggi di persemaian daripada anakan alam yang sudah tua. Anakan alam dapat digunakan sebagai sumber materi dalam pembangunan sumber benih yang merupakan salah satu upaya untuk melestarikan eboni.


Keywords


Sulawesi Selatan; eboni; anakan alam; pertumbuhan

Full Text:

PDF

References


Allo M.K., 2008. Deskripsi ekologi habitat eboni (Diospyros celebica Bakh.) di Cagar Alam Kalaena, Kab. Luwu Timur. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman 5 (3) : 175 - 190 Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman. Bogor.

Bakri, 2008. Analisis sifat mekanis kayu eboni di Sulawesi Tengah. Jurnal SMARTek Vol. 6 (1) : 9 - 17. Universitas Tadulako. Palu.

Darubawono, 2015. Cara Pembuatan Bibit Tanaman Hutan Dengan Teknik Cabutan. www.darubawono.com. Diakses pada tanggal 10 Mei 2015.

Fathoni T., A. Wardhana dan B. Leksono, 2011. Kebijakan Badan Litbang Kehutanan dalam Pembangunan Sumber Benih dan Status Pemuliaan Tanaman Hutan Saat Ini. Dalam : Peran Sumber Benih Unggul Dalam Mendukung Keberhasilan Penanaman Satu Milyar Pohon. Rimbawanto, A., B. Leksono dan AYPBC Widyatmoko (eds). Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Sumber Benih, 30 Juni 2011. Hal : 3 - 35. Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Yogyakarta.

Kinho J., A. Suryawan, T. Setyawati. 2011. Struktur dan komposisi vegetasi habitat eboni (Diospyros sp.) pada Hutan Dataran Rendah di Cagar Alam Tangkoko. Ekspose Hasil Litbang Balai Penelitian Kehutanan Manado Tahun 2011. Hal : 167 - 180. Balai Penelitian Kehutanan Manado. Manado.

Mayasari, A., J. Kinho, A. Suryawan. 2012. Asosiasi eboni (Diospyros spp.) dengan jenis-jenis pohon dominan di Cagar Alam Tangkoko Sulawesi Utara. Info Balai Penelitian Kehutanan Manado Vol. 2 (1) : 15 - 72. Balai Penelitian Kehutanan Manado. Manado.

Prasetyawati, A. dan E. Kurniawan. 2013. Eksplorasi Anakan Alam Eboni (Diospyros celebica Bakh.) Di Tiga Kabupaten Di Sulawesi Selatan. Info Teknis Eboni. Vol. 10 (2) : 117 - 126. Balai Penelitian Kehutanan Makassar. Makassar.

Prasetyawati, A., H. Suryanto, E. Kurniawan, dan M. Syarif. 2013. Pembangunan Demplot Sumber Benih Jenis Unggulan Lokal. Laporan Hasil Penelitian (Tidak dipublikasikan). Balai Penelitian Kehutanan Makassar. Makassar.

Sumiasri, N. dan N. Setyowati, 2006. Pengaruh beberapa media pada pertumbuhan bibit (Diospyros celebica Bakh.) melalui perbanyakan biji. Biodiversitas Vol. 7 (3) : 260 - 263. Universitas Sebelas Maret. Solo.

Winarni, E., 2009. Pertumbuhan Semai Gaharu (Aqualaria malaccensis Lamk.) Pada Berbagai Dosis Pemberian Pupuk Organik Cair ‘NASA’. Jurnal Hutan Tropis Borneo Vol. 10 (27) : 237 - 246. Universitas Lambung Mangkurat.

Yudohartono T.P., Y. Hadiyan dan M. Mahfudz, 2009. Konservasi sumberdaya genetik tanaman hutan tingkat desa untuk jenis prioritas setempat. Dalam : Status Terkini Penelitian Pemuliaan Tanaman Hutan. B. Leksono, AYPBC Widyatmoko dan A. Nirsatmanto (eds). Prosiding Ekspose Hasil-Hasil Penelitian, 1 Oktober 2009. Hal : 11 - 19. Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Yogyakarta.

Yuniarti N., D. Syamsuwida dan A. Aminah. 2008. Pengaruh penurunan kadar air terhadap perubahan fisiologi dan kandungan biokimia benih eboni (Diospyros celebica Bakh.). Jurnal Penelitian Hutan Tanaman Vol. 5 (3):191 - 198. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/buleboni.5053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: