Menjaring Data dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar dari Praktik Lapang

Achmad Rizal H. Bisjoe

Abstract


Focus Group Discussion atau disingkat FGD sudah diterjemahkan sebagai Diskusi Kelompok Terarah namun dalam perkembangannya istilah FGD lebih mudah dipahami praktisi dan peminat, khususnya bidang ilmu-ilmu sosial. Metode ini pada umumnya digunakan dalam pengumpulan data kualitatif dan dipandang relatif lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan metode lainnya. Sebagai metode, ada beberapa prinsip yang menjadi kekhasan FGD, namun adakalanya tidak dapat dipenuhi, sehingga tidak semua penyelenggaraan pertemuan untuk pengumpulan data dapat disebut FGD. Banyaknya FGD yang sudah diselenggarakan menyebabkan metode ini sarat dengan berbagai penyesuaian yang mungkin bersifat khas setempat. Tulisan ini bermaksud meninjau kembali sepintas tentang FGD berdasarkan tinjauan beberapa pustaka, dan sedikit pengalaman penulis dalam mengikuti penyelenggaraan FGD. Diharapkan melalui tulisan ini, dapat diperoleh penyegaran kembali tentang FGD (Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya) dan refleksi terhadap FGD yang sudah digunakan selama ini dan selanjutnya ada upaya untuk menyelenggarakan FGD sesuai dengan prinsip-prinsipnya.

Keywords


Data dan informasi; penelitian; metode FGD

Full Text:

PDF

References


Bisjoe, A.R.H. (2016). Inisiasi dan Implementasi Kemitraan Pengelolaan Hutan Rakyat dalam Kemitraan Pengelolaan Hutan Rakyat: Pembelajaran dari Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jakarta. FORDA Press 2016.

Gerritsen, A. (2011). Focus Group Discussions-a step-by-step guide. University of Limpopo & VLIR project South Africa. Diakses dari https://www.slideshare.net/AnnetteGerritsen/fgd-manual pada tanggal 14 April 2011.

Irwanto. (2006). Focus Group Discussion. Pustaka Yayasan Obor Indonesia.

Koentjoroningrat. (2005). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Krueger, R.A. (1988). Focus Groups: A practical guide for applied research. Sage, UK.

Krueger & Casey. (2000). A Practical Guide for Applied Research Publisher: Sage Publication Publish.

Mack, N., Woodsong, C., Macqueen, K.M., Guest, G., Namey, E. (2005). Qualitative Research Methods: A Data Collector’s Field Guide. Family Health International. North Carolina, USA.

Muktasam dan Reid, R. (2017). Evaluation Report of Pilot Master TreeGrower (MTG) Training Courses. Enhancing Community-Based Commercial Forestry In Indonesia. Project Report Universitas Mataram (tidak diterbitkan).

Paramita, A. dan Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Group Discussion dalam Penelitian Kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan – 16 (2): halaman 117-127.

Race, D. (2011). Overcoming Constraints to Community-Based Commercial Forestry in Indonesia. Project Proposal: FST/2008/030. Canberra: ACIAR.

Reid, R. (2015). Design, Delivery and Evaluation of an Alternative Farmer Learning Approach to Enhancing the Capacity of Smallholders to Participate in CBCF in Indonesia. Project Report-ACIAR (tidak diterbitkan).

van der Fliert, E. (2012). Social Dimension Analysis. Overcoming Constraints to Community-Based Commercial Forestry in Indonesia. Project Report-ACIAR (tidak diterbitkan).




DOI: https://doi.org/10.20886/buleboni.2018.v15.pp17-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: