PERTUMBUHAN DAN KOMPOSISI JENIS PERMUDAAN ALAM PADA RUMPANG TEBANGAN DI KALIMANTAN SELATAN

Sudin Panjaitan

Abstract


Hutan produksi Indonesia sebagian besar telah berubah menjadi areal bekas tebangan akibat pembalakan dengan system silvikultur TPTI, sehingga merupakan sempalan-sempalan tegakan sisa, rumpang-rumpang, jalan sarad dan tempat terbuka. Dari hasil ujicoba Balai Teknologi Reboisasi Banjarbaru sejak tahun 1985 (saat ini berubah nama menjadi Balai Penelitian Kehutanan Banjarbaru ) di stasion Penelitian (KHDTK) Kintap dimana sistem tebang rumpang (”Gap Cutting System”)  merupakan salah satu sistem silvikultur yang memberikan hasil positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan permudaan alam dan mengetahui keanekaragaman jenis yang terdapat pada rumpang tebangan umur 16 tahun, 5 tahun dan 3 tahun.  Metode penelitian yang digunakan adalah pada rumpang 16 tahun (tingkat pohon), pengambilan sampel dilakukan dengan intensitas 100 %, sedangkan pada tingkat pancang dan tingkat semai dilakukan secara acak bertahap (Stratified random) yaitu 4 kwadrat ukuran  5 x 5 m untuk tingkat pancang dan 4 kwadrat ukuran 2 x 2 m untuk tingkat semai.  Hasil penelitian menunjukkan pada rumpang 16 tahun luas bidang dasar tingkat pohon 12,5 m2 /ha. Pada rotasi 70 tahun dengan riap rataan tersebut diperoleh luas idang dasar 54.6 m /ha. Pada rumpang 16 tahun diameter maksimum tingkat pancang sebesar 9,5 cm, pada rumpang 5 tahun 8,2 cm dan pada rumpang 3 tahun 6.5 cm. Permudaan alam tingkat pancang pada  rumpang 5 tahun dan 16 tahun ditemukan masingmasing 38 jenis, 37 jenis dan 60 jenis. Hal ini membuktikan bahwa komposisi jenis dan struktur tegakan pada kelas umur rumpang tersebut tidak sama antara satu dengan lainnya. Jenis permudaan yang mendominasi pada tingkat pohon di rumpang 16 tahun dan 5 tahun adalah Shorea johorensis dan Shorea parvifolia, sedangkan pada tingkat pancang pada rumpang 16 tahun, 5 tahun dan 3 tahun masing-masing didominasi oleh Shorea parvistipulata, Shorea parvifolia dan Hopea sangal.


Keywords


Pertumbuhan; komposisi; permudaan; rumpang; Kalimantan Selatan

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. 1993. Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan nomor 38/KPTS/VIIIHM.3/93 tentang pedoman pembuatan dan pengukuran petak ukur permanen untuk pemantauan pertumbuhan dan riap hutan alam tanah kering bekas tebangan dan pedoman pembuatan dan pengukuran petak ukur permanen untuk pemantauan pertumbuhan dan riap hutan alam rawa dan payau bekas tebangan. Jakarta.

Eijk-Bos, C. V., Endro S., Harbagung. 1988. Rancangan percobaan dan pendapatan plot permanen untuk pnelitian pertumbuhan dan riap hutan produksi dipterocarpaceae di kalimantan. Tropenbos Indonesia. Belanda.

Elias, 1996. A Case Study on Forest Harvesting Damages, Structure and Composition Dynamic- Changes in The Residual Stand For Dipterocarps Forest in East Kalimantan, Indonesia. Rimba Indonesia, Vol. XXXI, No. 1.

Jordan, C.F., 1985. Nutrient Cycling in Tropical Forest Ecosystem. John Wiley and Sons, Ltd.

Saridan, A. 2005. Teknik Silvikultur untuk Pemuliaan Htuan Bekas Tebangan di Kalimantan Ti mur. Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Kalimantan. Samarinda.

Simmathiri A., Turnbull, J. M. 1998. A Review of Dipterocarps: Taxonomy, Ecology and Silviculture. Cifor. Bogor-Indonesia.

Sutisna, M. 1992. Silvikultur Hutan Alam. Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Samarinda.

Toumela, K. Kuusipalo, J., Adjers, G. & Vesa, L., 1994. Growth of Dipterocarp Seedling in Artificially Created Gaps : Experiment in A Logged-over Forest in South Kalimantan, Indonesia. In : Suhartoyo, H. & Hadriyanto, D. (Eds). Proceeding of The International Symposium on Asian Tropical Forest Management, Samarinda, Indonesia 13 – 15 September 1994. Hal: 124 -134, Pusrehut-UNMUL and JICA, Center For Reforestation Studies in The Troipical rain Forests, Samarinda, Indonesia.

Whitmore, T.C., 1978. Tropical Rain Forest of The Far East. Clarendon Press, Oxford.

Whitmore, T.C., 1984. Tropical Rain Forest of The Far East. Second Edition. Clarendon Press, Oxford.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2013.7.2.63-74

Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.