Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa adalah seluruh hasil penelitian yang memuat aspek lingkungan hidup dan ekosistem hutan Dipterokarpa, terutama dalam bidang :

  1. Silvikultur
  2. Jasa Lingkungan (Nilai Hutan)
  3. Biometrik Hutan
  4. Pengolahan Hasil Hutan
  5. Keteknikan dan Pemanenan Hutan
  6. Hasil Hutan Bukan Kayu
  7. Perlindungan Hutan
  8. Konservasi Sumberdaya Hutan
  9. Perhutanan Sosial, Ekonomi dan Kebijakan
  10. Ekologi Tumbuhan dan Biomassa Hutan
  11. Mikrobiologi dan Bioteknologi
  12. Hama dan Penyakit Hutan
  13. Anatomi Kayu
  14. Hidrologi dan Konservasi Tanah Hutan
  15. Dendrologi, Fitogeografi dan Arsitektur Pohon
  16. Fisiologi Tumbuhan

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Bagian Artikel ini hanya untuk Editor dan Editor Bagian

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Tesis

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel/naskah yang masuk kedalam JPED akan direview sedikitnya oleh 2 (dua) orang Reviewer / Mitra Bestari dan 1 (satu) orang editor.

Waktu yang diperlukan untuk melakukan review maksimal 2 minggu dari Mitra Bestari dan Editor.

Review yang dilaksanakan adalah Blind Review

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal ini akan diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Terdiri dari 1 volume dan 2 nomor (Juli dan Desember).

 

Kebijakan Akses Terbuka

JPED menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya berdasarkan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara terbuka untuk umum guna mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

JPED adalah jurnal dengan akses terbuka. Jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan Artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah diserahkan kepada JPED diasumsikan disampaikan di dalam model penerbitan Open Access. Dalam model penerbitan ini, naskah di review dengan cara biasa di bawah kendali Dewan Editorial. Naskah diterbitkan secara elektronik dan tersedia secara bebas website kami. 

Penulis juga dapat menggunakan file pdf mereka untuk dipublikasikan dalam penggunaan non-komersial di situs pribadi atau non-komersial institusi mereka. 

Pengguna memiliki hak untuk membaca, unduh, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link ke teks lengkap artikel JPED dengan mencantumkan sumber dari artikel JPED tersebut.

 

Creative Commons License
Jurnal JPED Journal by RCEPM-LIPI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at www.diptero.or.id

 

Tentang Kami

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa diterbitkan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa.

 

Biaya Sirkulasi Naskah

Artikel yang masuk ke JPED tidak dibebankan biaya pemrosesan artikel. Hal ini termasuk, submit, review Mitra Bebestari, Editing, Penerbitan, Perawatan dan Pengarsipan serta memberikan hak akses secara langsung untuk file naskah.

 

Copy Editing and Proofreading

Semua artikel yang diterima oleh JPED akan menjadi objek program peningkatan-penulisan Grammarly® yang dilakukan oleh Dewan Editorial.