Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Kami menerima Artikel/Naskah penelitian yang terkait dengan Ekosistem Hutan Dipterokarpa, berikut beberapa file sebagai bahan panduan untuk submisi Artikel/Naskah:

Tutorial untuk Author: Petunjuk 

Template JPED: Download (docx)

Klirens Etik JPED: Download (docx)

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Artikel/Naskah yang diserahkan asli karya penulis sendiri atau tim dan belum pernah diterbitkan di Majalah Ilmiah lainnya serta benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme).

  2. Artikel/Naskah di tulis menggunakan aplikasi OpenOffice atau Microsoft Word dengan format Doc/Docx. Mengacu kepada Template Artikel/Naskah JPED. Tulisan tersebut adalah benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme).
  3. FORMAT:Naskah diketik diatas kertas A4 pada satu permukaan dengan satu spasi, dua kolom, font Times New Roman 12pt. Pada semua tepi kertas disisakan ruang kosong minimal 2 cm.

    BAHASA: Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Khusus Bahasa Asing/Latin menggunakan font Italic.

    JUDUL: Judul dibuat tidak lebih dari 15 (lima belas) kata dan paling banyak dua baris serta harus mencerminkan isi tulisan. Nama penulis, Afiliasi dan email dicantumkan di
    bawah judul.

  4. ABSTRAK: Abstrak dibuat tidak lebih 250 kata berupa intisari permasalahan secara meneyluruh, dan bersifat informative mengenai hasil yang dicapai.

    KATA KUNCI: Kata kunci terdiri atas tiga sampai lima kata, dimulai dari paling umum dan penting dan dipisahkan dengan tanda koma.

  5. TABEL: Judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dengan bahasa Indonesia dan Inggris dengan jelas dan singkat, font Times New Roman 11pt. Tabel harus diberi nomor. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan/ decimal dan kebulatan seribu. Dibawahnya diikuti dengan sumber/keterangan yang jelas.
  6. GAMBAR: Grafik dan ilustrasi lain yang berupa gambar harus kontras, berukuran proporsional serta beresolusi tinggi, font Times New Roman 11pt. Setiap gambar harus diberi nomor, judul dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Gambar dari acuan harus disebutkan sumbernya.


    FOTO: Foto harus mempunyai ketajaman yang baik, diberi judul dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

  7. DAFTAR PUSTAKA: Daftar Pustaka mengacu gaya Harvard atau American Psychological Association (APA), harus disusun menurut abjad nama pengarang dengan mencantumkan nama pengarang. (tahun terbit), judul pustaka, media, Vol, (No), Hal. penerbit dan kota penerbit. Sumber kutipan primer paling sedikit 80% dari total Daftar Pustaka. Kutipan tulisan sendiri dibatasi paling banyak 30% dari total Daftar Pustaka. Kemutakhiran kutipan paling lama dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Kemutakhiran Daftar Pustaka >80%, dapat dihitung dengan rumus:
    Jumlah daftar pustaka 10 tahun terakhir  x 100%
    Jumlah keseluruhan daftar pustaka

    Komposisi Acuan Primer pada Daftar Pustaka min. 10 buah dan akan lebih baik jika persentasenya di atas 80% (jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, skripsi, tesis, disertasi dll.)

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Pemberitahuan Hak Cipta / Syarat dan Ketetuan Publikasi:

Penulis mengirimkan naskah memiliki pemahaman bahwa jika naskah diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel harus diberikan kepada JPED dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) selaku penerbit jurnal.

Copyright meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel di semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan.

Reproduksi setiap bagian dari jurnal ini, penyimpanan dalam database dan atau transmisi dalam bentuk media, seperti elektronik, elektrostatik dan mekanik salinan, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari JPED dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) selaku penerbit jurnal.

JPED dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) selaku penerbit jurnal, Dewan Editorial melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data yang salah atau menyesatkan, pendapat atau pernyataan dipublikasikan dalam JPED.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan Alamat Email yang dimasukkan kedalam situs OJS JPED ini akan digunakan untuk keperluan sirkulasi dan korespondensi Artikel/Naskah terkait. Nama dan Alamat Email tersebut tidak akan dipublikasikan untuk keperluan selain sirkulasi dan korespondensi.