PERTUMBUHAN DAN MUTU FISIK BIBIT MERAWAN (Hopea odorata Roxb.) ASAL SISTEM KOFFCO DI POLIBAG DAN POTRAY

Ahmad Junaedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan mutu fisik bibit (Hopea odorata Roxb.) asal sistem KOFFCO pada polibag dan potray. Penelitian dilakukan melalui pengamatan parameter pertumbuhan dan penilaian mutu fisik bibit merawan asal KOFFCO sistem berumur enam bulan setelah sapih (6 BSS) yang ditumbuhkan pada polibag (volume 500 cm3) dan potray (potray kotak volume 400 cm3 dan potray bulat volume 350 cm3). Pengamatan dan penilaian tersebut dilakukan terhadap 10 sampel bibit pada tiap macam wadah yang dipilih secara sampling menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diameter tunas bibit di polibag (A) secara nyata (p<0,05) lebih baik dibandingkan bibit di potray kotak (B) dan bulat (C). Berdasarkan pertumbuhan biomassanya (berat kering total), laju pertumbuhan A lebih cepat 0,29 kali dibandingkan B dan C. Sementara itu nilai kualitas fisik bibit menunjukkan bahwa bibit A lebih baik dibandingkan bibit B dan C, walaupun secara statistik tidak berbeda nyata (p<0,05). Pada umur 6 BSS, bibit A sudah siap tanam karena mempunyai tinggi lebih dari 20 cm (21,59 cm), rasio pucuk akar ada pada kisaran 2-5 (2,1) dan indeks mutu bibit lebih dari 0,09 (0,46). 


Keywords


Bibit; tinggi; rasio pucuk akar; indeks mutu bibit

References


Balai Teknologi Perbenihan. 1998. Program nasional sistem perbenihan kehutanan. Publikasi Khusus. Balai Teknologi Perbenihan. Bogor.

Hendromono. 2003. Kriteria peniliaian mutu bibit dalam wadah yang siap tanam untuk rehabilitasi hutan dan lahan. Buletin Penelitian dan Pengembangan Kehutanan 4(1) : 11-20. Badan Litbang Kehutanan. Jakarta.

Hidayat, A., H. Hendalastuti & E. Nurrohman. 2007. Pengaruh ukuran diameter stek batang Hopea odorata Roxb. dari kebun pangkas terhadap kemampuan bertunas, berakar dan daya hidupnya. Jornal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam 4 (1) : 1 - 12. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Mindawati, N & S. Yusnita. 2005. Pengaruh macam media terhadap pertumbuhan semai Acacia mangium Willd. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam 2(1) : 53-59. Pusat Peneltian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor. Soerinegara, I dan R.H.M.J. Lemmens. 1994. Plant resources of South-East Asia. Timber trees, Major commercial timbers. Prosea. Bogor.

Nurhasybi & P.J Sudradjat. 2006. Bagaimana mutu bibit tanaman hutan yang ideal? Tinjauan singkat untuk pengadaan bibit bermutu. Prosiding seminar hasil-hasil penelitian Balai Litbang Teknologi Perbenihan di Bogor Tanggal 14 Pebruari 2006. Hlm 179 -183. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman. Bogor.

Sakai, C. & A. Subiakto. 2007. Pedoman pembuatan stek jenis-jenis dipterokarpa dengan KOFFCO sistem. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Schmidth, F.H & J.H.A. Ferguson. 1951. Rainfall typed based on wet and dry period ratios for Indonesia with western New Guinea. Verhand N0. 42. Direktorat Meteorologi & Geofísika. Jakarta.

Soerinegara, I & R.H.M.J. Lemmens. 1994. Plant resources of South East Asia timber trees. Major comercial timers. Prosea. Bogor.

Srihadiono, U.S. 2005. HTI : Skenario masa depan kehutanan Indonesia. PT. Musi Hutan Persada & Wana Aksara. Palembang.

Weinland, G. 1998. Review of Dipterocarps : Taxonomy, Ecology and Silviculture. CIFOR. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2012.6.1.41-50

Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.