ANTARA AKSES DAN KONTROL: PEMANFAATAN HUTAN PENELITIAN DRAMAGA, BOGOR

Yoppie Christian, Desmiwati Desmiwati, Irma Yeni

Abstract


Hutan Penelitian (HP) Dramaga merupakan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) seluas 60 Ha yang dikelola Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbang  Hutan). Pemanfaatnya tidak hanya negara melainkan juga masyarakat, NGO, pedagang dan individu dan atau lembaga penelitian. Studi ini bertujuan mengetahui kinerja pengelolaan sumber daya hutan oleh aktor utama, yakni BLI KLHK dalam melindungi aset hutan penelitian dan mengelola aktor-aktor yang turut memanfaatkan sumber daya hutan ini. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat dilema yang dialami aktor, karena negara tidak sepenuhnya mampu menjalankan kelembagaan dalam pengelolaan hutan yang karakternya seperti sebuah common-pool resource (CPR). Adanya “penumpang gelap” atau free rider tidak mampu dikontrol oleh kelembagaan formal yang melandasi kerja-kerja di HP Dramaga. Ada dua faktor yang mempengaruhi kinerja aktor utama pengelola HP Dramaga, yaitu struktur kelembagaan yang tidak sepenuhnya memenuhi tuntutan komponennya dan karakteristik sumber dayanya sendiri sebagai sebuah CPR membuatnya sulit untuk dikelola, karena tidak setiap aktor mau mengeluarkan biaya atas sumber daya yang telah digunakan. Meskipun begitu ada potensi untuk mempraktikkan co-management di level tapak dengan negara sebagai inisiatornya (state-led collaborative management) dalam pengelolaan hutanmilik negara.


Keywords


Hutan Penelitian, sumber daya milik negara, free rider, state-led co-management

References


Ballet J, Kouamekan J, Koffi M, Komena B. (2009). Co-management of Natural Resources in Developing Countries: The Importance of Context. Economic International. 4 (120):53-76.

Desmiwati. (2016). Studi tentang Persepsi dan Tingkat Partisipasi Petani Penggarap di Hutan Penelitian Parungpanjang. Jurnal Perbenihan Tanaman Hutan. 4 (2):109-124.

Downs A. (1964). Inside Bureaucracy. Paper presented on Real Estate Research Corporation. Chicago. August 1964.

Gamin, Nugroho B, Kartodiharjo H, Kolopaking L, Boer R. (2014). Menyelesaikan konflik penguasaan hutan melalui pendektan gaya sengketa para pihak di Kesatuan Pengelolaan Hutan Lakitan. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan. 11 (1):71-90.

Nugroho B. (2016). Kelembagaan, Karakteristik Sumberdaya dan Perilaku Aktor: Analisis Kritis Kebijakan Pengelolaan Hutan Indonesia. Disampaikan Prof. Dr. Ir. Bramasto Nugroho saat Orasi Ilmiah sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Ostrom E. (2005). Understanding Institutional Diversity. New Jersey: Princeton University Press.

Schmid AA. (1987). Property, Power and Public Choice. An Inquiry into Law and Economics. USA: Praeger Publisher.

Schlager E, Ostrom E. (1992). Property-Rights Regime and Natural Resources: A Conceptual Analysis. Land Economics. 68 (3):249-262.

Solihati E. (2007). Keragaman jenis Burung di Hutan Penelitian Dramaga. Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam, Bogor. Skripsi. Departemen Biologi, Institut Pertanian Bogor. Tidak dipublikasikan.

Wakka AK. (2014). Analisis Stakeholders Pengelolaan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea. 3 (1): 47-55

Regulasi

Undang-Undang RI No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan.

Perda Kota Bogor No 08 Tahun 2011 tentang RTRW Kota Bogor Tahun 2011-2031.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2019.5.1.31-46

Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.