EFISIENSI PENGGUNAAN CHAINSAW PADA KEGIATAN PENEBANGAN: STUDI KASUS DI PT SURYA HUTANI JAYA, KALIMANTAN TIMUR

Sona Suhartana, Yuniawati Yuniawati

Abstract


Dewasa ini, untuk kegiatan penebangan di hutan tanaman industri (HTI) telah menggunakan chainsaw, tetapi belum diketahui secara pasti jumlah chainsaw yang sebaiknya digunakan agar hasilnya efisien. Oleh karena itu informasi mengenai penggunaan chainsaw ditinjau dari jumlah kebutuhannya perlu disampaikan. Dalam tulisan ini disajikan hasil penelitian penggunaan chainsaw untuk menebang tanaman mangium dan gmelina dan hasil tersebut selanjutnya digunakan untuk mengetahui jumlah kebutuhan penggunaan chainsaw yang tepat dan efisien dalam penebangan pohon mangium dan gmelina.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan jumlah kebutuhan chainsaw yang efisien adalah berdasarkan rencana produksi perusahaan, yaitu 21 unit untuk penebangan mangium dan 5 unit untuk penebangan gmelina. Penggunaan chainsaw sesuai jumlah yang ada di lapangan akan mempersingkat waktu pekerjaan. Cepatnya waktu ini mengakibatkan alat tersebut tidak beroperasi lagi pada bulan berikutnya sehingga mengakibatkan tingginya biaya untuk menutupi semua biaya tetap.


Keywords


Jumlah chainsaw; efisiensi; target produksi; biaya

References


Anonim. 1992. Cost control in forest harvesting and road construction. FAO Forestry PaperNo. 99. FAO of the UN. Rome.

Haryanto. 1984. Pemungutan Hasil Hutan. Proyek Pendidikan dan Latihan dalam Rangka Peng-Indonesiaan Tenaga Kerja. Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

----------. 1996. Pemanenan Hasil Hutan. Buku 2: Penebangan. Yayasan Pembina Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Heinrich, R. 1995. Reduced impact timber harvesting in the tropical natural forest in Indonesia. Website http://www.fao.org/documents. Diakses tanggal 7 April 2006. Huggard, E.R. and T. H. Owen. 1959. Forest Machinery. Adam and Charles Black. London.

Schmincke, K.H. 1997. Environmentally sound forest harvesting. Testing the applicability of the FAO model codein the Amazone in Brasil. Website http://www.fao.org/documents. diakses tanggal 7 April 2006.

Staaf, K.A.G. & N.A. Wiksten. 1984. Tree Harvesting Techniques. Martinus Nijhoff/Dr.W. Junk Publishers. Dordrecht. The Netherlands.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2006.24.1.63-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.