Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Penelitian Hasil Hutan adalah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan tulisan yang telah dicermati oleh Dewan Redaksi dan Mitra Bestari di bidang hasil hutan. Tulisan dalam Jurnal Penelitian Hasil Hutan mencerminkan inovasi dan hasil penelitian dasar dan terapan yang berkualitas di bidang hasil hutan. Topik tulisan penelitian hasil hutan meliputi:

  1. Anatomi bahan berlignoselulosa
  2. Sifat fisik dan mekanik bahan berlignoselulosa
  3. Teknologi serat bahan berlignoselulosa
  4. Papan komposit bahan berlignoselulosa
  5. Biodeteriorasi dan pengawetan bahan berlignoselulosa
  6. Teknologi pengeringan hasil hutan
  7. Penggergajian dan pemesinan kayu
  8. Pengolahan hasil hutan kayu dan bukan kayu
  9. Pengolahan kimia dan energi hasil hutan
  10. Ilmu kayu dan teknologi hasil hutan
  11. Keteknikan hutan
  12. Pemanenan hasil hutan kayu dan bukan kayu

 

Kebijakan Bagian

Article

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Thesis

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Dissertation

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Ketetapan tahapan proses pemeriksaan manuskrip Jurnal Penelitian Hasil Hutan:

  1. Manuskrip yang diajukan secara daring dalam sistem Open Journal System (OJS) JPHH dan harus sudah sesuai dengan format yang telah ditetapkan oleh JPHH.
  2. Pustaka dalam teks dan daftar pustaka harus disusun sesuai dengan format American Phsycological Association (APA) edisi ke-6 dengan menggunakan perangkat lunak pengelola referensi Mendeley atau Endnote®.
  3. Setiap manuskrip akan diperiksa/dicermati oleh dua Dewan Redaksi.
  4. Manuskrip akan diperiksa dengan sistem tertutup (blind review).
  5. Proses pemeriksaan manuskrip mempertimbangkan kebaruan (novelties), obyektivitas, akurasi metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan kebaruan pustaka.

 

Frekuensi Penerbitan

JPHH terbit empat kali dalam satu volume setiap tahun (Maret, Juni, September dan Desember). Setiap nomor terdiri dari 7-8 artikel, rata-rata jumlah artikel dalam satu volume terdiri dari 30-32 artikel.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke kontennya berdasarkan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengarsipan

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS, berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini, dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut... 

 

Biaya Penerbitan Artikel

Setiap artikel yang diajukan untuk dipublikasikan dalam Jurnal Penelitian Hasil Hutan tidak dikenakan biaya. Manuskrip yang diajukan kepada Jurnal Penelitian Hasil Hutan secara daring akan diproses mulai dari pemeriksaan awal, pencermatan oleh Dewan Redaksi, draf akhir, hingga publikasi cetak dan secara daring dalam laman OJS JPHH tanpa dikenakan biaya.

 

Pemeriksaan Plagiat

Setiap manuskrip yang diajukan untuk publikasi dalam Jurnal Peneliltian Hasil Hutan akan diperiksa adanya indikasi plagiat.

 

Pengelolaan Pustaka dalam Manuskrip

Pustaka dalam teks dan daftar pustaka harus disusun sesuai dengan format American Phsycological Association (APA) edisi ke-6 dengan menggunakan perangkat lunak pengelola referensi Mendeley atau Endnote®.

 

Akreditasi

Jurnal ini terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) dengan peringkat dua (Sinta 2) sejak tahun 2016 - 2020 sebagai Jurnal Ilmiah (Akreditasi No. 21/E/KPT/2018).

 

Kebijakan Akses Terbuka

JPHH adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada JPHH di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan dapat diakses di website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, men-download, menyalin, mendistribusikan, mencetak, dan mencari teks lengkap. 

 

Panduan Pemeriksaan

Mohon dewan redaksi melengkapi formulir pemeriksaan naskah yang akan digunakan secara langsung untuk berkomunikasi dengan penulis dalam proses revisi manuskrip.

Dalam membuat laporan hasil pemeriksaan, diharapkan dewan redaksi membuat keputusan yang jelas terkait manuskrip sebagai berikut:

  • Diterima
  • Diterima dengan sedikit perbaikan (manuskrip yang telah diperbaiki tidak perlu diperiksa lagi oleh dewan redaksi)
  • Perbaikan besar diperlukan (manuskrip yang telah diperbaiki akan diperiksa kembali oleh dewan redaksi)
  • Ditolak

Dewan redaksi diharapkan memberikan penilaian yang berkualitas dan memberikan saran perbaikan untuk memenuhi standar kualitas naskah yang dipublikasikan dalam Jurnal Penelitian Hasil Hutan. Proses review manuskrip berupa evaluasi, koreksi, dan saran perbaikan diharapkan dapat diterima pihak sekretariat dalam waktu 14 hari dan harap memberitahukan perpanjangan waktu yang dibutuhkan.

Dalam lembar pemeriksaan manuskrip dewan redaksi diharapkan memberikan perhatian secara khusus pada beberapa hal sebagai berikut:

  • Keaslian subyek penelitian dan daya tarik manuskrip bagi pembaca dari akademisi dan praktisi nasional dan internasional,
  • Topik penelitian sesuai dengan topik yang telah ditetapkan dalam JPHH,
  • Manuskrip secara nyata berkontribusi pada teori ilmiah dan ilmu pengetahuan,
  • Manuskrip menarik pada kisaran dan kedalaman literatur yang sesuai dari sumber primer,
  • Metode yang digunakan logis, etis, dan sesuai dengan topik yang dipelajari, serta dapat diulang kembali oleh peneliti lain,
  • Temuan baru dan kebaruan hasil dinyatakan dalam kesimpulan dari analisis logis interpretasi data,

Sekretariat redaksi Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH) menggunakan sistem pemeriksaan tertutup dimana dewan redaksi tidak mengetahui identitas penulis dan sebaliknya penulis tidak mengetahui identitas pemeriksa agar tidak terjadi konflik kepentingan.

 

Proses Penerbitan JPHH