Panduan Penulis

Petunjuk Penulis

I. KETENTUAN UMUM

Makalah adalah Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang berasal dari penelitian bidang penelitian, pengembangan, dan  kajian bidang agroforestri, maupun bidang kehutanan - pertanian yang terkait.

Penulis yang menyerahkan artikelnya harus menjamin bahwa naskah yang diajukan tidak melanggar hak cipta, belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diajukan ke media lain untuk dipublikasikan, dengan aturan sebagai berikut:

  • BAHASA: Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah penulisan ilmiah.
  • FORMAT: Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm). Pada semua tepi kertas dikosongkan 3 cm. Jumlah halaman antara 12 sampai 20 halaman. Isi tulisan diketik dengan Font Times New Roman, 12 pt, spasi 2.
  • JUDUL: Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris (berkisar antara 10-15 kata) dan harus mencerminkan inti dari isi tulisan. Nama penulis dicantumkan di bawah judul tanpa mencantumkan gelar dan jabatan. Judul diketik dengan font Times New Roman, 14 pt, dicetak tebal, di bawah nama penulis diikuti nama lembaga tempat penulis bekerja, alamat instansi, no telp/faks serta alamat email penulis.
  • ABSTRAK: Abstrak ditulis dalam satu paragraf, satu spasi, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris masing-masing tidak lebih dari 250 kata. dilengkapi kata kunci (keywords) empat sampai enam kata atau frasa.
  • KATA KUNCI: Di bawah abstrak dicantumkan empat sampai enam kata atau frase dalam Bahasa Inggris di bawah abstrak Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di bawah abstrak Bahasa Indonesia.
  • TABEL: Judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan jelas dan singkat. Tabel harus diberi nomor sesuai urutannya. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan desimal dan kebulatan seribu disesuaikan dengan format bahasa yang digunakan. Tabel dibuat tanpa garis vertikal. Contoh penulisan tabel adalah sebagai berikut:
  • GAMBAR: Gambar grafik dan ilustrasi lain yang berupa gambar harus kontras dan dibuat dengan warna hitam/berwarna. Setiap gambar diberi nomor, judul dan keterangan yang jelas (font yang proporsional) dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • FOTO: Foto harus mempunyai ketajaman (resolusi) yang baik, diberi judul dan keterangan yang jelas dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • TUBUH NASKAH: Diatur dalam Bab dan Sub Bab secara konsisten sesuai dengan kebutuhan. Semua nomor ditulis rata di batas kiri tulisan, seperti:

 I, II, III, dan seterusnya untuk Bab
 A, B, C, dan seterusnya untuk Sub Bab
 1, 2, 3, dan seterusnya untuk Sub subbab
 a, b, c, dan seterusnya untuk Sub sub subbab

  • SISTEMATIKA PENULISAN sebagai berikut :

 Judul: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (untuk judul dalam Bahasa Inggris ditulis miring, dalam kurung)
 Penulis dan instansi penulis (alamat lengkap, no. telp dan kode pos), email penulis
 Abstrak: Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
 I. Pendahuluan
 II. Bahan dan Metode
 III. Hasil dan Pembahasan
 IV. Kesimpulan (ditambahkan Saran bila perlu)
 Ucapan Terima Kasih, Daftar Pustaka dan Lampiran (jika ada).

  • UCAPAN TERIMA KASIH: Berisi ucapan terima kasih kepada instansi atau lembaga pemberi dana dan perorangan yang telah mendukung pendanaan dan/atau tenaga yang secara signifikan membantu kelangsungan penelitian atau penulisan manuskrip. Jika individu sudah tercantum sebagai penulis, maka tidak perlu disebutkan lagi.
  • KESIMPULAN: Merupakan hasil dari pembahasan yang menjawab permasalahan penelitian. Isi kesimpulan menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya dalam bentuk uraian dan tidak dalam bentuk penomoran atau pointer.
  • DAFTAR PUSTAKA: Pustaka yang dirujuk diusahakan terbitan paling lama sepuluh tahun terakhir dengan jumlah paling sedikit sepuluh pustaka yang bersumber dari acuan primer. Sumber dituliskan dengan mengikuti tatacara yang dikeluarkan oleh APA (American Psychological Association) edisi ke-6. Untuk menghindari kesalahan dalam penulisan format daftar pustaka disarankan untuk menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley seperti contoh berikut ini:

Contoh penyitiran dalam teks

Indrajaya dan Yuwati (2016) melaporkan bahwa tingkat harga kayu hasil penjarangan jenis sengon dapat mempengaruhi daur optimal finansial tegakan sengon.

atau

Tingkat harga kayu hasil penjarangan jenis sengon dapat mempengaruhi daur optimal finansial tegakan sengon (Indrajaya & Yuwati, 2016).

 

Artikel yang ditulis oleh  3 - 5 orang penulis

 

Dalam kutipan pertama di dalam teks, nama semua penulis ditulis, dan untuk kutipan kedua dan selanjutnya cukup ditulis ‘et al.’ Contoh:

Interaksi ekologis antar komponen dalam sistem agroforestri terjadi ketika satu komponen mempengaruhi performa komponen lain dan atau seluruh sistem (Atangana, Khasa, Chang, & Degrande, 2014)

Interaksi antar komponen dalam sistem agroforestri dapat positif, negatif, atau netral (Atangana et al., 2014).

Artikel yang ditulis oleh  6 orang atau lebih penulis:

Di dalam teks ditulis nama penulis pertama diikuti ‘et al.’ pada kutipan pertama dan selanjutnya contoh:

Sistem agroforestri coklat dengan penutupan tajuk kurang lebih 50% merupakan kondisi yang optimal dalam penanganan penyakit pohon coklat dengan tetap memperhatikan hasil buahnya (Andres et al., 2018)

 

 Contoh Penulisan Daftar Pustaka

1. Artikel dalam jurnal ilmiah (1 penulis)

Nair, P. K. R. (1991). State-of-the-art of agroforestry systems. Forest Ecology and Management, 45(1), 5-29. doi:https://doi.org/10.1016/0378-1127(91)90203-8

2. Artikel dalam jurnal ilmiah (2 - 5 penulis)

van Noordwijk, M., & Leimona, B. (2010). Principles for fairness and efficiency in enhancing environmental services in Asia: payments, compensation, or co-investment? Ecology and Society, 15(4).

Blanco Sepúlveda, R., & Aguilar Carrillo, A. (2015). Soil erosion and erosion thresholds in an agroforestry system of coffee (Coffea arabica) and mixed shade trees (Inga spp and Musa spp) in Northern Nicaragua. Agriculture, Ecosystems & Environment, 210, 25-35. doi:https://doi.org/10.1016/j.agee.2015.04.032

J., H. N., Laura, B., Olivier, R., Anders, M., & Ulrik, I. (2018). Canopy cover effects on local soil water dynamics in a tropical agroforestry system: Evaporation drives soil water isotopic enrichment. Hydrological Processes, 32(8), 994-1004. doi:doi:10.1002/hyp.11482

3. Artikel dalam jurnal ilmiah (6 orang atau lebih penulis)

Andres, C., Blaser, W. J., Dzahini-Obiatey, H. K., Ameyaw, G. A., Domfeh, O. K., Awiagah, M. A., . . . Six, J. (2018). Agroforestry systems can mitigate the severity of cocoa swollen shoot virus disease. Agriculture, Ecosystems & Environment, 252, 83-92. doi:https://doi.org/10.1016/j.agee.2017.09.031

4. Buku teks (1-5 penulis)

Young, A. (1997). Agroforestry for soil management. Wallingford: CAB INTERNATIONAL.

 

 

 

5. Prosiding

Indrajaya, Y., & Yuwati, T. W. (2016). Pengaruh harga kayu penjarangan terhadap daur finansial hutan tanaman sengon (Paraserianthes falcataria (L.) Nielsen). Makalah dipresentasikan pada Seminar Silvikultur 4, Balikpapan.

6. Skripsi, Tesis, atau Disertasi

Basuki, T. M. (2012). Quantifying tropical forest biomass. (Disertasi), ITC-University of Twente, The Netherlands.  

7. Laporan penelitian

Siarudin, M., Indrajaya, Y., Handayani, W., Badrunasar, A., & Nurochmah, Y. (2012). Pemanfaatan Lahan Agroforestry untuk Mendukung Mekanisme REDD+. Laporan Hasil Penelitian. Balai Penelitian Teknologi Agroforestry. Ciamis.

 

8. Artikel dari situs internet

Massijaya, M.Y. (2008). Upaya penyelamatan industri pengolahan kayu Indonesia ditinjau dari sudut ketersediaan bahan baku, http://www.fahutan.s5.com/sept/sept006.html, diakses 17 Februari 2010.

9. Artikel dari situs internet (tanpa nama penulis)

Departemen Kehutanan. (2008). Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan telah melaksanakan penelitian pembuatan biodiesel dari biji nyamplung (Calophylum inophylum L.) tahun 2005-2008. Diakses dari http://www.dephut.go.id/files/ nyamplung_Ind.pdf, pada 7 Oktober 2011.

II. KETENTUAN LAIN 

  1. Artikel dikirim ke ejurnal Jurnal Agroforestri Indonesia (http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JAI). Pada halaman login, buat user baru dengan mengklik register/daftar dan selanjutnya silahkan form yang ada diisi.
  1. Penulis dari luar Instansi Badan Penelitian dan Inovasi diharapkan menyertakan Curriculum Vitae singkat dan alamat yang jelas serta mengisi Surat Pernyataan Klirens Etik (Perka LIPI 08/E/2013)
  2. Kepastian naskah dimuat atau tidak, akan diberitahukan secara tertulis.
  3. Dewan redaksi tidak bertanggungjawab terhadap setiap pernyataan dan pendapat ilmiah yang dikemukakan penulis.
  4. Dewan redaksi berhak mengubah naskah tanpa mengurangi isi yang terkandung di dalamnya, dan juga berhak menolak naskah yang dianggap tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan.

Untuk selengkapnya penulis bisa menggunakan template yang sudah disediakan pada header dalam sistem OJS ini atau dapat didownload di sini.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah saya belum pernah diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam proses pada media publikasi yang lain.
  2. Tulisan tersebut adalah benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme)
  3. Tulisan yang disusun telah memperhatikan peraturan, pedoman, kaidah penulisan dan kode etik peneliti yang berlaku serta melampirkan Surat Pernyataan Klirens Etik (Perka LIPI 08/E/2013)
  4. Naskah yang diajukan telah ditulis menggunakan Aplikasi Pengolah Kata (Word: .doc /.docx). (Format menyesuaikan template yang telah disiapkan)
  5. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris (berkisar antara 10-15 kata)
  6. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, tidak lebih dari 200 kata dalam Bahasa Inggris dan 250 kata dalam Bahasa Indonesia
  7. Struktur naskah sudah terdiri: Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka.
  8. Daftar Pustaka ditulis sesuai gaya penulisan Jurnal Penelitian Hasil Hutan. dengan mengikuti tatacara (style) yang dikeluarkan oleh APA (American Psychological Association). Disarankan untuk memakai aplikasi Mendeley.
  9. Penulis tidak menyalin daftar pustaka suatu terbitan jika memang tidak membaca sendiri karya tulis yang disitasi.
    (Gaya pengacuan si A dalam si B, tidaklah merupakan cara pengacuan yang baku karena meminjam mata orang lain).
  10. Kemutakhiran Daftar Pustaka >80%; dapat dihitung dengan rumus: 

Jumlah daftar pustaka 5-10 tahun terakhir x 100%
     Jumlah keseluruhan daftar pustaka

  1. Komposisi acuan primer pada Daftar Pustaka min. 10 buah dan akan lebih baik jika persentasenya di atas 80% (jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, skripsi, tesis, disertasi dll.)