SEBARAN DAN POTENSI POHON TENGKAWANG DI HUTAN PENELITIAN LABANAN,KALIMANTAN TIMUR

Amiril Saridan, Andrian Fernandes, Massofian Noor

Abstract


Tengkawang merupakan jenis pohon yang dilindungi, tumbuh di hutan tropis yang dikenal sebagai penghasil buah dan lemak tengkawang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui potensi dan sebaran jenis pohon penghasil tengkawang. Penelitian dilaksanakan di hutan penelitian Labanan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dalam penelitian ini digunakan plot berukuran 100 m x 100 m (1 ha) yang diletakkan secara purposive sampling pada tegakan yang berbeda yang dibuat sebanyak 3 plot penelitian dengan total areal 3 ha. Hasil penelitian terdapat 5 jenis pohon penghasil tengkawang meliputi Shorea beccariana Burck, S. macrophylla Ashton, S. mecistopteryx Ridl., S. pinanga Scheff dan S. Seminis (de Vriese) Sloot. dengan Kerapatan pohon bervariasi dari satu plot ke plot lainnya dengan rataan 11 pohon/ha dan volume tegakan sebesar 38,32 m3/ha. Umumnya jenis tengkawang yang tumbuh pada kelerengan > 40 % yaitu S. beccariana Burck, S. pinanga Scheff, S. mecistopteryx Ridl dan S. seminis Sloot. Sedangkan yang tumbuh pada kelerengan < 40 % adalah S. macrophylla Ashton.

Keywords


Tengkawang; sebaran; kerapatan; potensi

References


Appanah, S. and J.M. Turnbull. 1998. A Review of Dipterocarps: taxonomy, ecology and silviculture. CIFOR, Bogor.

Ashton, P.S. 1989. Species richness in tropical forest. Tropical forest botanical dynamic, Speciation and diversity. Holm–Nielsen. L. B. Academic Press, London UK.

BFMP. 1999. The Climate and Hydrology of the Labanan Concession. Berau Forest Management Project. Jakarta.

Hakim, L. 2011. Eksplorasi dan Pengumpulan Benih Jenis Shorea Penghasil Tengkawang DI PT. SARI BUMI KUSUMA (SBK) Kalimantan Tengah. Apforgen. Bogor.

Istomo dan T. Hidayati. 2010. Studi Potensi dan Penyebaran Tengkawang (Shorea spp.) di Areal IUPHHK-HA PT. Intracawood Manufacturing Tarakan, Kalimantan Timur. Jurnal Silvikultur Tropika Vol. 1 No. 1 Desember 2010. Hal. 11 – 17.

Yusliansyah; Supartini; S.E.Prasetya. 2007. Rangkuman Hasi-Hasil Penelitian dan Non Kayu Dipterokarpa. Balai Besar Penelitian Dipterokarpa. Samarinda.

Haryanto,1995. Teknik Pengelolaan dan Pemantauan Komunitas Vegetasi. Badan Pelatihan Perencanaan, Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hutan Produksi. Fakultas Kehutanan IPB, Bogor.

Mueller-Dombois, D. dan H. Ellenberg. 1974. Aims and method of vegetation ecology. John Wiley & Sons Inc. Toronto.

Nicholson, D.I. 1938. An Analysis of Logging Damage in Tropical Rain Forest, North Borneo. Malayan Forester 21.

Purwaningsih. 2004. Review: sebaran ekologi jenis-jenis dipterocarpaceae di Indonesia. Jurnal Biodiversitas Vol. 5 No.2.

Sist, P. 1996. Structure and diversity of dipterocarps in a lowland dipterocarps forest in East Kalimantan. In The Fourth Round Table on Dipterocarps. Chang Mai, Thailand.

Susanty, F.S dan S. Siran 2005. Status Riset Penyusuanan Tabel Volume Pohon. Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Kalimantan. Samarinda.

Weidelt,H.J. 1996. Sustainable management of dipterocarp forest opportunities and constraints. In: Schulte, A. and D. Schone (eds.). Dipterocarp forest ecosystems. World Scientific Publishing Co. Singapura.

Winarni, I; E.S.Sumadiwangsa; D.Setyawan. 2005. Beberapa catatan Pohon Penghasil Biji. InfoHasil Hutan Vol.11 No.1. Puslitbang Hasil Hutan. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2013.7.2.101-108

Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.