KAJIAN EKOLOGI Parashorea malaanonan MERR DI HUTAN PENELITIAN LABANAN KABUPATEN BERAU, KALIMANTAN TIMUR

Muhammad Fajri, Amiril Saridan

Abstract


Parashorea malaanonan (Blco) Merr. merupakan salah satu spesies dari famili dipterokarpa dari marga Parashorea yang sudah terancam punah. Parashorea malaanonan (Blco) Merr. sudah masuk dalam daftar IUCN dengan status critically endangered, sehingga perlu dilakukan suatu penelitian mengenai kondisi ekologinya di hutan alam agar ke depannya jenis ini memiliki data yang lengkap tidak hanya data taksonomi dan penyebarannya, tapi juga informasi mengenai kondisi ekologi habitatnya, sehingga informasi mengenai jenis ini cukup lengkap. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data dan informasi mengenai kondisi ekologi Parashorea malaanonan (Blco) Merr. di hutan Penelitian Labanan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pembuatan Plot dengan menggunakan rancangan purposive sampling dengan luas 1 hektar (100 m x 100 m) yang dibagi dalam 25 petak ukur dengan ukuran 20 m x 20 m. Pengambilan data ekologi berupa : a. Data sifat fisik tanah; b. Data sifat kimia tanah; c. Data iklim mikro; d. Data topografi. Analisis data menggunakan analisis vegetasi, berupa asosiasi jenis dan koefisien asosiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Parashorea malaanonan (Blco) Merr. memiliki nilai penting jenis yang kecil, sifat fisik tanah yang relatif bagus baik bulk density, porositas tanah, kadar air tanah dan tekstur tanahnya, sifat kimia yang tidak terlalu bagus (pH asam,unsur makro dan mikro cukup rendah), iklim mikro dengan suhu sedang, kelembaban udara tinggi dan intensitas cahaya rendah. 


Keywords


Parashorea malaanonan (Blco) Merr.; kajian ekologi

References


Barchia, MF. 2009. Agroekosistem Tanah Mineral Masam. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Barbour, B.M.;J.K. Burk and W.D. P.tts. 1999. Teresterial Plant Ecology. New York.The Benjamin/Cummings.

Djufri. 2002. Penentuan pola distribusi, asosiasi dan interaksi spesies tumbuhan khususnya Padang Rumput di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Biodiversitas 3 (1):181-188.

Hardjowigeno, S .2003. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Akademika Pressindo, Jakarta

Hardjowigeno, S .2007.Ilmu Tanah. Akademika Pressindo, Jakarta.

Kartasapoetra, A.G. 2008. Klimatologi Pengaruh Iklim Terhadap Tanah dan Tanaman. Bina Aksara. Jakarta.

Mueller-Dombois, D and Ellenberg. 1974. Aims And Methods of Vegetation Ecology. Wiley International Edition. John Wiley & Sons Chichester New York.

Pratiwi dan R. Garsetiasih. 2007. Sifat fisik dan Kimia Tanah Tanah Serta Komposisi Vegetasi Di Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam, Bogor.

Saridan,A., K. Sidiyasa, A.Wahyudi dan R. Rombe. 2009. Eksplorasi dan Identifikasi Jenis-Jenis Dipterocarpaceae. Laporan Hasil Penelitian. Balai Besar Penelitian Dipterokarpa. Samarinda. Tidak diterbitkan.

Schmidt, F.H. dan J. H. A. Ferguson. 1951. Rainfall type based on wet and dry period ratios for Indonesia With Western New Guenia. Verhan 42. Jawatan Meteorologi Dan Geofisika. Jakarta.

Sist, P and A. Saridan. 1998. Description of the primary low land forest of Berau. Sivicultural Research in a Lowland Mixed Dipterocarp Forest of East Kalimantan. Cirad Forêt. France

Soegianto, A. 1994. Ekologi Kuantitatif : Metode Analisis Populasi dan Komunitas. Jakarta : Penerbit Usaha Nasional.

Soerianegara, I dan A. Indrawan. 1983. Ekologi Hutan Indonesia. Bogor: Departemen Kehutanan-Intitute Pertanian Bogor.Bogor.

Sulaiman, Suparto, Eviati . 2005. Petunjuk Teknis Analisis Kimia Tanah, Tanaman, Air dan Pupuk. Balai Penelitian Tanah, Badan Litbang Pertanian. Bogor.

Sutedjo & Kartasapoetra. 2005. Pengantar Ilmu Tanah. PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.

Whittaker, R. H. And G. E. Likens. 1975. The Biosphere of Man, In Primary Productivity of The Biosphere. Edit by : Lieth and Whittaker. Springler-Verlag, New York.

Whitmore, T.C. 1975. Tropical Rain Forest of the Far East. Oxford. University, U.K. Clarendon Press.

Winarso, S. 2005. Kesuburan Tanah. Dasar Kesehatan dan Kualitas Tanah. Penerbit Gava Media, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2012.6.2.141-154

Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.