PENGARUH FAKTOR UTAMA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PERSUTERAAN ALAM DI KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT

Eva Fauziyah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh faktor utama terhadap perkembangan usaha persuteraan alam dan merumuskan berbagai strategi untuk mempertahankan usaha tersebut.  Metode yang digunakan yaitu dengan cara mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh kuat terhadap usaha tersebut dengan menggunakan analisis SWOT (strenghts, weaknesses, opportunities, dan threats) berdasarkan pendapat dari para pakar yang mengetahui dengan baik mengenai usaha persuteraan alam.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama dari unsur kekuatan yang mempengaruhi usaha persuteraan alam adalah kondisi alam (iklim, topografi, dan lahan) dan faktor utama dari unsur kelemahan adalah keterbatasan modal dan aksesnya.  Faktor utama unsur-unsur peluang dan ancaman masing-masing adalah kebutuhan kokon yang masih sangat tinggi, dan hama penyakit tanaman murbei maupun ulat sutera. Strategi yang dapat dilakukan bagi usaha persuteraan alam di Kabupaten Sukabumi adalah dengan: 1) mempertahankan kondisi alam  yang  sudah sesuai  dengan pertumbuhan murbei maupun ulat  sutera, 2) diversifikasi produk dari murbei maupun ulat sutera, dan 3) meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi kokon.

Kata Kunci


Usaha persuteraan alam, analisis SWOT, strategi, faktor utama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmosoedarjo, Y. Kartasubrata, M. Kao- mini, W. Saleh, dan W. Moerdoko. 2000. Sutera Alam Indonesia. Ya- yasan Sarana Wanajaya. Jakarta.

BPS dan BAPPEDA. 2002. Kabupaten Sukabumi Dalam Angka. BPS dan BAPPEDA Sukabumi. Sukabumi.

David, F.R. 1997. Strategic Management. Prentice Hall International, Inc. Ottawa.

Departemen Kehutanan. 2001. Pengkajian Perkembangan Kelembagaan Usaha Persuteraan Alam. PT Aditya Ridho Gumilang. Jakarta.

Departemen Kehutanan. 2002. Perkembangan Usaha Persuteraan Alam Melalui Pemberdayaan Kelompok Tani. Makalah pada Seminar Musyawarah Nasional III Masyarakat Persuteraan Alam Indonesia. Departemen Kehutanan, Jakarta, 27-28 Agustus.

Dinas Kehutanan Sukabumi. 2002. Rencana Strategis Pembangunan Kehu- tanan Kabupaten Sukabumi Tahun 2003-2007. Dinas Kehutanan Sukabumi. Sukabumi.

Kompas. 2003. Sutera Kurang Dikembangkan untuk Industri. http:// www.kompas.com/kompas-cetak/0309/19/ekonomi/570579.htm. Diakses tanggal 27 Desember 2007.

Pearce, John A. dan R.B. Robinson. 1997. Manajemen Strategis. Bina rupa Aksara. Jakarta.

Rangkuti, F. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphka.2007.4.6.603-614

##submission.copyrightStatement##



JURNAL PENELITIAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA)

eISSN : 2540-9689, pISSN : 0216-0439 

JPHKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.