Petunjuk Penulis

 PETUNJUK PENULIS

I. KETENTUAN UMUM

Jurnal Penelitian Hutan Dan Konservasi Alam  adalah publikasi ilmiah resmi dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan. Jurnal ini menerbitkan naskah hasil penelitian mencakup Silvikultur Hutan Alam, Nilai Hutan, Pengaruh Hutan, Botani dan Ekologi Hutan, Perhutanan Sosial, Mikrobiologi Hutan dan Koservasi Keanekaragaman Hayati.

Penulis yang menyerahkan naskah harus sesuai dengan aturan sebagai berikut:

  • BAHASA: Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah penulisan ilmiah.
  • FORMAT: Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, font ukuran 12 dan jarak 2 (dua) spasi pada kertas ukuran A4 putih (210 mm x 297 mm) pada satu permukaan dan disertai file elektroniknya. Pada semua tipe kertas disisakan ruang kosong minimal 3,5 cm. Jumlah halaman antara 12 sampai 20 halaman.
  • JUDUL: Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris atau 13 kata. Judul hendaknya akurat, singkat dan informatif menggambarkan substansi atau isi dari tulisan karena akan digunakan dalam sistem pencarian informasi, mengandung kata kunci. Hindari pemakaian kata kerja, bahasa tidak resmi, singkatan dan formula. JIka naskah dalam Bahasa Indonesia kemudian diikuti judul dalam Bahasa Inggris, dan berlaku pula sebaiknya. Di bawah judul ditulis terjemahannya dalam bahasa Inggris yang tercetak dengan huruf kecil dan miring. Nama penulis ditulis secara lengkap di bawah  judul tanpa mencantumkan gelar. Dibawahnya dicantumkan nama lembaga dan alamat lengkap tempat penulis bekerja beserta alamat email penulis untuk korespondensi. Jika penulis lebih dari satu orang dan bekerja di lembaga yang sama, maka pencantuman satu alamat telah dianggap cukup mewakili alamat penulis lainnya. 
  • Naskah disusun dalam empat sub judul yaitu: Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan serta kesimpulan. Sub judul ditulis dalam huruf capital yang tebal (bold) dan diberi nomor dengan angka Romawi. Ucapan Terima Kasih. Daftar Pustaka dan Lampiran (jika ada) ditulis berurutan setelah kesimpulan dan tidak diberi penomoran. Setiap paragraf baru harus menjorok. Sub judul untuk naskah Bahasa Inggris sebagai berikut: Introduction, Methods, Results and Discussion, berurutan setelah Conclusion

  • ABSTRAK: Abstrak dibuat dalam Bahasa Indonesia sebaiknya tidak lebih dari 200 kata dan Inggris sebaiknya tidak lebih dari 200 kata dalam satu paragraf. Abstrak merupakan ringkasan yang utuh dan lengkap yang menggambarkan isi tulisan, yang meliputi tujuan dan ruang lingkup penelitian, metodologi yang digunakan serta hasil dan kesimpulan atau rekomendasi dari hasil penelitian.  Bahasa Inggris ditulis dengan huruf kecil miring dan bahasa Indonesia ditulis tegak, jarak 1 (satu) spasi. Keywords dan kata kunci masing-masing tidak lebih dari 5 kata kunci. Kata kunci disusun berdasarkan abjad. Kata kunci hendaknya mengandung cukup informasi untuk indeks dan membantu dalam penelusuran.
  • PENDAHULUAN mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, landasan teori dan hipotesis (jika ada). Literature review atau tinjauan pustaka merupakan bagian dari pendahuluan dengan penerapan kaidah sitasi yang ditetapkan untuk mengetahui perkembangan subjek yang sama yang dilakukan oleh penulis dalam khazanah ilmu pengetahuan yang sudah ada.
  • METODOLOGI : Metode penelitian yang digunakan (rencana penelitian dan analisis data) harus ditulis sesuai dengan cara ilmiah, yaitu rasional, empiris dan sistematis. Penyajian metode memerlukan acuan pustaka, apabila sudah pernah dipublikasi sebelumnya dan hal ini mencerminkan seberapa valid metode yang digunakan. Untuk rumus dan bahan yang telah baku tidak perlu dijelaskan ulang, hanya disebutkan sumbernya, kecuali apabila ada modifikasi sehingga perlu ada penjelasan. 
  • Waktu dan tempat penelitian agar dapat disebutkan secara jelas, berikut data yang diperlukan maupun bahan yang dipakai dalam penelitian. Prosedur pengumpulan data hendaknya dibuat ringkas tetapi cukup informatif bagi pembaca yang ingin mengulangi penelitian yang dilaporkan.  
  • HASIL DAN PEMBAHASAN : Hasil dan Pembahasan yang disajikan secara mendalam dalam satu bab. Hasil yang disajikan harus menjawab permasalahan dan tujuan penelitian. Hasil tersebut dibahas dengan analisis fenomena di wilayah penelitian yang relevan dengan tema kajian. Hasil penelitian juga hendaknya dibandingkan dengan teori maupun temuan penelitian yang relevan. 
  • Penggunaan catatan kaki tidak diperkenankan. Simbol/lambang ditulis dengan jelas dan konsisten. Istilah asing ditulis dengan huruf italic. Singkatan harus dituliskan secara lengkap pada saat disebutkan pertama kali, setelah itu bisa ditulis kata singkatnya.
  • Hasil yang diperoleh dapat berupa deskriptif naratif, angka-angka, gambar/tabel dan suatu alat. Hindari penyajian deskriptif naratif yang panjang lebar, gantikan dengan ilustrasi (gambar, grafik foto, diagram atau peta dan lain-lain), tetapi dengan penjelasan serta legenda yang mudah dipahami.
  • Pembahasan ditulis dengan ringkas dan fokus pada interpretasi dari hasil yang diperoleh dan bukan merupakan pengulangan dari bagian hasil. Pembahasan tidak perlu membaca ulang dari grafik, tapi bisa dikelompokkan hasilnya untuk menginterpretasikan hasil dan dibahas berdasarkan teori dan hasil penelitian terdahulu. Apa yang menarik dari hasil penelitian ini dibandingkan sebelumnya atau apa yang menonjol dari hasil pengamatan ini.

  • TABEL : Tabel ditulis dengan font Times New Roman ukuran 8-10 pt (sesuai proporsi tabel), satu spasi di bawah judul tabel. Judul tabel ditulis ukuran 10 pt dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (italic) dan ditempatkan di atas tabel. Penomoran tabel menggunakan angka Arab (1, 2,...). Tabel diletakkan segera setelah disebutkan dalam naskah. Apabila tabel mempunyai lajur dan kolom yang cukup banyak, tabel dapat dibuat dalam format satu halaman penuh. Apabila judul pada lajur label terlalu panjang, maka lajur diberi nomor dan keterangannya di bawah tabel. 
  • GAMBAR : Gambar diletakkan segera setelah disebutkan dalam naskah. Gambar diletakkan pada posisi paling atas atau paling bawah dari setiap halaman dan tidak boleh diapit kalimat. Gambar diletakkan simetris dalam kolom. Apabila gambar cukup besar, bisa digunakan format satu kolom. Penomoran gambar menggunakan angka arab. Penulisan keterangan gambar menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt, bold dan diletakkan di bagian bawah. Gambar yang telah dipublikasikan penulis lainnya harus disebutkan sumbernya dalam keterangan gambar.   
  • Apabila terdapat persamaan reaksi atau matematis, diletakkan simetris pada kolom. Nomor persamaan diletakkan di ujung kanan dalam tanda kurung, dan penomoran dilakukan secara berurutan. Apabila terdapat rangkaian persamaan yang lebih dari satu baris, maka penulisan nomor diletakkan pada baris terakhir. Penunjukkan persamaan dalam naskah dalam bentuk singkatan, seperti Pers. (1).

  • Penurunan persamaan matematis tidak perlu ditulis semuanya secara detail, hanya dituliskan bagian yang terpenting, metode yang digunakan dan hasil akhirnya.

  • STRUKTUR PENULISAN
  • JUDUL (letak tengah dan huruf KAPITAL)
  • Title ( letak tengah dan cetak miring)

   I,II,III,dst. untuk Bab
   A,B,C,dst. untuk Sub Bab
   1,2,3,dst. untuk Sub sub bab
   1) untuk Sub sub sub sub bab

  • SISTEMATIKA PENULISAN sebagai berikut :

        Judul: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (dalam kurung, miring)
        Penulis dan instansi penulis (alamat lengkap (Provinsi, Negara) No. telp dan kode pos), email penulis
        Abstrak: Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
        I.   PENDAHULUAN
        II.  METODOLOGI
        III. HASIL DAN PEMBAHASAN 
        IV. KESIMPULAN DAN SARAN
       UCAPAN TERIMA KASIH dan DAFTAR PUSTAKA serta                        LAMPIRAN (jika ada).

  • KESIMPULAN DAN SARAN :
  • Kesimpulan adalah hasil dari pembahasan yang menjawab permasalahan penelitian. Kesimpulan bukan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan, melainkan penyampaian singkat dalam bentuk kalimat utuh. Isi kesimpulan menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya. Penulisan kesimpulan tidak dalam bentuk pointer.

  • Saran dapat berisi rekomendasi akademik, tindak lanjut nyata atau implikasi kebijakan atas kesimpulan yang diperoleh. Penulisan saran tidak dalam bentuk pointer.

  • UCAPAN TERIMA KASIH berisi ucapan terima kasih kepada orang/instansi/organisasi yang telah membantu baik berperan secara finasial, teknis maupun substantif. Jika pihak tersebut sudah tercantum sebagai penulis, maka tidak perlu disebutkan lagi.
  • DAFTAR PUSTAKA yang dibuat berdasarkan sistem pengacuan pustaka tertentu seperti APA Style edisi 6. Hanya pustaka yang dikutip dalam tubuh tulisan saja yang dimuat dalam daftar pustaka. Kepustakaan harus dinyatakan dengan lengkap agar memudahkan pembaca menelusuri kembali pustaka aslinya. Informasi tentang kepustakaan harus sesuai dengan pustaka aslinya. Informasi tentang kepustakaan harus sesuai dengan pustaka aslinya dan penulisan nama penulis yang diacu harus cermat, sama dengan yang tertera pada artikel aslinya. 
  • Daftar pustaka minimal 10 pustaka, dengan referensi yang berkualitas. 80% sumber acuan dianjurkan 5 tahun terakhir kecuali pustaka 5 tahun terakhir tidak ditemukan dan 80% merupakan sumber acuan primer. Sumber dituliskan dengan mengikuti tata cara (style) yang dikeluarkan oleh APA (American Psychological Association) edisi keenam, Daftar pustaka yang dirujuk harus disusun menurut abjad berdasarkan nama belakang penulis buku/sumber dengan mencamtunkan nama penulis, tahun terbit, judul pustaka, terbitan (Vol., No., Hlm.), kota penerbit dan penerbit, spasi 1 dan 6 pt setelahnya. Untuk menghindari kesalahan dalam penulisan format daftar pustaka kami sarankan menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley.

Beberapa contoh penulisan daftar pustaka berdasarkan APA 6:

  • Pustaka dengan jumlah penulis kurang dari delapan orang (1-7), nama penulis ditulis semua. Jika kelompok penulis lebih dari delapan (>8), nama penulis ditulis sampai dengan nama penulis ke-enam, dipisahkan koma dan spasi kemudian dituliskan titik tiga (…) sebelum dituliskan penulis terakhir.

Turjaman, M., Santoso, E., Susanto, A., Gaman, S., Limin, S.H., Tamai, Y., ... Tawaraya, K. (2011). Ectomycorrhizal fungi promote growth of Shorea balangeran in degraded peat swamp forests. Wetlands Ecology and Management, 19(4), 331-339. doi:10.1007/s11273-0011-9219-1.

  • Penulisan Daftar Pustaka diurutkan sesuai dengan urutan alfabet penulis. Jika terdapat penulis yang sama, maka pustaka disusun berdasarkan waktu terbit terlebih dahulu.

Contoh:

Bismark, M. (2003)

Bismark, M. (2005)

  • Penulis yang sama tunggal ditulis lebih dahulu dari penulis lebih dari satu.

Contoh:

Bismark, M. (2005)

Bismark, M., & Gunawan, H. (2000)

  • Penulis yang sama dengan penulis pembantu lebih dari satu, ditulis sesuai urutan alfabet penulis pembantu.

Contoh:

Bismark, M., & Gunawan, H. (2007)

Bismark, M., Mindawati, N., & Widyati (2004)

  • Penulisan pustaka dari jurnal dengan DOI

Turjaman, M., Tamai, Y., Santoso, E., Osaki, M., & Tawaraya, K. (2006). Arbuscular mycorrhizal fungi increased early growth of two nontimber forest product species Dyera polyphylla and Aquilaria filaria under greenhouse conditions. Mycorrhiza, 16 (7), 459-64. doi:10.1007/s00572-006-0059-4.

  • Penulisan pustaka dari jurnal tanpa DOI

Hendra, D., Gusti, R.E.P., & Komarayati, S. (2014). Pemanfaatan limbah tempurung kemiri sunan (Aleurites trisperma) sebagai bahan baku pada pembuatan arang aktif [Utilization of kemiri sunan shell waste as raw material in manufacturing of activated charcoal]. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, 32(4), 271-282.

  • Penulisan pustaka dari majalah online

Wong, J. (2015, November). Are Asian furniture manufacturers ready for industry 4.0? FDM Asia, 27 (6). Diakses dari http://www.fdmasia.com/ebook/2015 /NovDec/index.html#p=2

  • Penulisan pustaka dari surat kabar online

Sasongko, A. (2016, Januari 28). Kesadaran masyarakat selamatkan satwa dilindungi meningkat. Republika. Diakses dari http://www.republika.co.id

  • Penulisan pustaka dari surat kabar cetakan

Laksmi, B.I., & Susanto, I. (2015, Agustus 10). Spesies dan kesejahteraan. Kompas, hal. 14. Satwa dilindungi dijual secara daring. (2015, Agustus 2). Kompas, hal. 14.

  • Penulisan pustaka dari desertasi Doktor

Siswiyanti, Y. (2015). Konstelasi politik kebijakan internasional perubahan iklim dalam pengelolaan hutan Indonesia secara lestari (Desertasi Doktor). Institut Pertanian Bogor, Bogor.

  • Penulisan pustaka dari tesis Master

Balfas, J. (1993). Improving the weathering resistance of glue laminated regrowth karri and jarrah (Thesis Master). Australia National University, Canberra.

  • Penulisan pustaka dari skripsi Sarjana

Karno, A.R. (1996). Pengaruh penambahan ekstender dalam perekat fenol formaldehida terhadap keteguhan rekat kayu lapis tusam (Pinus merkusii Jungh et de Vriese) (Skripsi Sarjana). Universitas Winaya Mukti, Jatinangor.

  • Penulisan pustaka dari buku

Puspitojati, T., Rachman, E., & Ginoga, K.L. (2014). Hutan tanaman pangan: Realitas, konsep dan pengembangan. Yogyakarta: PT. Kanisius.

  • Penulisan pustaka dari bagian buku

Djaenudin, D. (2014). Kelayakan ekonomi usaha jasa lingkungan di KPHL Pohuwatu, Provinsi Gorontalo. Dalam B. Hernowo, & S. Ekawati (Eds.) Operasionalisasi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH): Langkah awal menuju kemandirian. Yogyakarta: PT. Kanisius.

  • Penulisan pustaka dari prosiding yang sudah terbit

Santoso, A., & Malik, J. (2012). Perekat berbasis resorsinol dari ekstrak limbah kayu merbau. Dalam G. Pari, A. Santoso, Dulsalam, J. Balfas, & Krisdianto (Eds.) Prosiding Seminar Nasional Teknologi Mendukung Industri Hijau Kehutanan (hal.91-101).

  • Penulisan pustaka dari perangkat lunak komputer

Comprehensive Meta-Analysis (Versi 2) [Perangkat lunak]. Eaglewood, NJ: Biostat.

  • Penulisan pustaka dari keputusan Menteri

Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (2015). Pembangunan hutan tanaman industri (SK KLHK No. P.12/Menlhk-II/2015)

Kutipan dalam teks

SK KLHK No. P.12 (2015)

(SK KLHK No. P.12, 2015)

  • Penulisan pustaka dari Standar

Standar Nasional Indonesia (SNI). (2013). Spesifikasi desain untuk konstruksi kayu (SNI 7973-2013). Badan Standarisasi Nasional.

Kutipan dalam teks:

SNI 7973 (2013)

(SNI 7973, 2013)

  • Penulisan pustaka dari Undang Undang

Undang Undang No. 23 (2014). Pemerintahan daerah.

Kutipan dalam teks:

UU No. 23 (2014)

(UU No. 23, 2014)

II. KETENTUAN LAIN

  1. Artikel dikirim ke portal ejurnal JPHKA (http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPHKA/). Pada halaman login, buat user baru dengan mengklik register/daftar dan selanjutnya silahkan form yang ada diisi.
  2. Penulis dari luar Instansi Badan Litbang Kehutanan diharapkan menyertakan Curriculum Vitae singkat dan alamat yang jelas.
  3. Kepastian naskah dimuat atau tidak, akan diberitahukan secara tertulis.
  4. Reviewer tidak bertanggungjawab terhadap setiap pernyataan dan pendapat ilmiah yang dikemukakan penulis.
  5. Reviewer berhak mengubah naskah tanpa mengurangi isi yang terkandung di dalamnya, dan juga berhak menolak naskah yang dianggap tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan.

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah saya belum pernah diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam proses pada media publikasi yang lain.
  2. Tulisan tersebut adalah benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme)
  3. Tulisan yang saya susun ini telah memperhatikan peraturan pedoman, kaidah penulisan dan kode etik peneliti yang berlaku serta melampirkanSurat Pernyataan Klirens Etik (Perka LIPI 08/E/2013)
  4. Naskah yang diajukan telah ditulis menggunakan Aplikasi Pengolah Kata (Word: .doc /.docx). (Format menyesuaikan template yang telah disiapkan)
  5. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris (berkisar antara 12 kata)
  6. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 200 kata dalam bahasa Inggris dan  bahasa Indonesia.
  7. Struktur naskah sudah terdiri : Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Ucapan Terima Kasih, Daftar Pustaka dan Lampiran (Jika ada).
  8. Daftar Pustaka ditulis sesuai gaya penulisan Jurnal Penelitian Hutan Dan Konservasi Alam  dengan mengikuti tata cara (style) yang dikeluarkan oleh  American Psychological Association (APA). Disarankan untuk memakai aplikasi mendeley.
  9. Penulis tidak menyalin daftar pustaka suatu terbitan jika memang tidak membaca sendiri karya tulis yang disitasi
  10. Pustaka sudah ditulis dengan mengacu pada sumber pertama, 
    (Gaya pengacuan si A dalam si B, tidaklah merupakan cara pengacuan yang baku karena meminjam mata orang lain)
  11. Kemutakhiran Daftar Pustaka >80%, dapat dihitung dengan rumus:
    Jumlah daftar pustaka 10 tahun terakhir  x 100%
    Jumlah keseluruhan daftar pustaka
  12. Komposisi Acuan Primer pada Daftar Pustaka min. 10 buah dan akan lebih baik jika persentasenya di atas 80% (jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, skripsi, tesis, disertasi dll.)

Pemberitahuan Hak Cipta

Naskah yang dikirim penulis ke Jurnal Penelitian Hutan Dan Konservasi Alam, bila diterima dan layak terbit maka hak cipta harus diberikan kepada Jurnal Penelitian Hutan Dan Konservasi Alam dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan selaku penerbit jurnal.

Copyright meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel di semua bentuk dan media, termasuk cetak, foto, mikro film dan setiap reproduksi lain yang sejenis serta terjemahan. Reproduksi setiap bagian dari jurnal ini, penyimpanan dalam data base dan transmisi oleh media, seperti elektronik, elektrostatik dan mekanik salinan, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari Jurnal Penelitian Hutan Dan Konservasi Alam dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan.

Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan menjamin para editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data yang salah atau menyesatkan, pendapat atau pernyataan dipublikasikan dalam jurnal. 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.