EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN KEBAKARAN PADA RUTAN ALAM DATARAN RENDAH DI PT ASIALOG, JAMBI

Ari Wibowo

Sari


Penelitian yang dilakukan di hutan hujan dataran rendah PT Asialog, Jambi bertujuan untuk mengidentifikasi upaya pengedalian kebakaran hutan dan efektifitasnya, Penelitian dilaksanakan memlalui pengamatan untuk mengetahui kondisi kawasan hutan, cara pengelolaan, kerawanan terhadap kebakaran dan efektifitasnya sistem pengendalian kebakaran yang telah diterapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kondisi kawasan hutan di PT. Asialog cukup aman dari bahaya kebekaran karena curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, dan vegetasi yang selalu hujau. Akan tetapi kecenderungan iklim dengan musim kemarau berkempanjangan dapat mengeringkan seluruh vegetasi terutama tumbuhan bawah sebagai bahan bakar potensial. Tingkat bahaya kebekaran relatigf tinggi di sepanjang jalan hutan, kawasn yang berbatasan dengan huta tanaman dan tempat-tempat kegiatan masyarakat. Untuk mengantisipasi dan mencegah kebakaran hutan, HPH telah membentuk organisasi guna kegiatan perlindungan hutan termasuk kebekaran hutan, HPH telah membentuk organisasi guna kegiatan perlindungan hutan termasuk kebakaran hutan, yang disebut dengan "Tim Siap Tanggap Darurat". Selain itu telah disediakan peralatan seperti truk tangki, tangki air yang diletakan sepanjang jalan utama, peralatan transportasi dan komunikasi, peralatan tangan dan meletakan tanda-tanda peringatan bahaya kebekaran hutan. Meskipun sistem yang diterapkan masih kurang memadai untuk mengamankan seluruh kawasan hutan, tetapi secara umum sistem yang diterapkan telah memadai untuk deteksi awal dan menvegah penyebaran api, serta pemedam kebakaran kecil yang mulai terjadi di kawasan hutan.

Kata Kunci


Kebakaran hutan; pengedalian kebakaran hutan; hutan hujan dataran rendah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonimous. 1985 No 28 tahun1985 Peraturan Pemerintah Hutan tahun 1985 tentang Perlindungan.

______. 1994. Keputusan Direktur Jendral Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam No. 243/1994 Tentang Pertunjukan Teknis Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan di Areal pengusahaan Hutan dan Aral penggunaan lainnya.

______. 1994. Keputusan Direktur Jendral Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam No. 244/1994 Tentang Pertunjukan Teknis Pemadaman Kebakaran Hutan.

______. 1994. Keputusan Direktur Jendral Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam No. 245/1994 Tentang Pertunjukan Teknis Prosedur tetap Pemakaian Peralatan Pemadaman Kebakaran Hutan.

______. 1994. Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam No. 24611994 Tentang Petunjuk Pembuatan dan Pemasangan Rambu-Rambu Kebakaran Rutan.

_______. 1994. Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam No. 247 /1994 Tentang Petunjuk Standarisasi Sarana Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan

________. 1994. Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam No. 248/1994 Tentang Prosedur Tetap Pencegahan dan Penanggulangan. Kebakaran Hutan.

________. 1995. Keputusan Menteri Kehutanan No. 260 tahun 1995 tentang Petunjuk Usaha dan Pencegahan Kebakaran Hutan

________. 2001. Peraturan Pemerintah No. 4 tahun 2001 tentang Pengendalian Kerusakan dan atau Pencemaran Lingkungan Hidup yang Berkaitan dengan Kebakaran Hutan dan atau Lahan

Hadisaputro, R. 2003. Leaming Processess for Human Resource Development Program for Forest Fire Prevention and Control. Makalah pada Workshop on Human Resource Development for Forest Fire Prevention and Management. 17-20 Pebruari 2003, Palembang.

Lembaga Penelitian Tanah. 1968. Peta Tanah Sumatera. Lembaga Penelitian Tanah. Bogor.

Badan Meteorologi dan Geofisika. 2000. Prakiraan Musim Kemarau Tahun 2000 di Indonesia. Departemen Perhubungan. Jakarta.

PT. Asialog. 1994. Studi Evaluasi Lingkungan PT. Asialog, Propinsi Jambi. Jakarta.

Sagala, Porkas. 1994. Mengelola Laban Kehutanan Indonesia. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Schmidt, F. R. dan J. R. A. Ferguson. 1951. Rainfall types based on wet and dry period ratios for Indonesia with Western New Guinea. Verb. No. 42. Direktorat Meteorologi dan Geofisika. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphka.2004.1.1.14-25

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

JURNAL PENELITIAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA)

eISSN : 2540-9689, pISSN : 0216-0439 

JPHKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.