Visi dan Tujuan Jurnal

Jurnal Penelitian Hutan Tanaman merupakan publikasi ilmiah resmi yang menerbitkan tulisan hasil penelitian berbagai aspek Hutan Tanaman, antara lain:

  1. Perbenihan
  2. Pembibitan
  3. Teknik silvikultur
  4. Pemuliaan pohon
  5. Perlindungan Hutan Tanaman (meliputi nama penyakit, gulma, kebakaran)
  6. Biometrika
  7. Sistem silvikultur
  8. Sosial ekonomi
  9. Pengelolaan Lingkungan Hutan Tanaman

Terbit pertama kali September 1996 dengan judul Buletin Penelitian Pemuliaan Pohon dengan ISSN 1410-1165, sejak April 2003 berganti judul menjadi Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan dengan ISSN 1693-7147, dan sejak April 2004 berganti Judul menjadi Jurnal Penelitian Hutan Tanaman dengan ISSN 1829-6327

Dalam Satu tahun Jurnal Penelitian Hutan Tanaman terbit tiga kali (April, Agustus dan Desember), tetapi sejak terbitan terakhir Jurnal Penelitian Hutan Tanaman Vo. 12 N0. 3, Desember 2015, Jurnal Penelitian Hutan Tanaman dalam satu tahun terbit dua kali (Juni dan Desember).

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal Penelitian Hutan Tanaman adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada Jurnal Penelitian Hutan Tanaman di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan dapat diakses di website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, men-download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link teks lengkap ke Jurnal Penelitian Hutan Tanaman.