EFIKASI Bacillus thuringiensis TERHADAP HAMA ULAT DAUN GAHARU Heortia vitessoides

Fajar Lestari, Edi Suryanto

Sari


Ulat Heortia vitessoides menyerang tanaman gaharu di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan. Serangan hama ini menyebabkan terjadinya gangguan pertumbuhan pada tanaman gaharu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efikasi Bacillus thuringiensis terhadap hama ulat H. vitessoides. Penelitian dilakukan di laboratorium perlindungan hutan Balai Penelitian Kehutanan Banjarbaru dan areal tegakan gaharu di Kandangan dan Barabai, Kalimantan Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insektisida berbahan aktif B. thuringiensis pada konsentrasi 0,5 gr/l dan 1,5gr/l efektif menyebabkan mortalitas larva sebesar 100% pada hari ke-3, perlakuan dan konsentrasi 1 gr/l dan 2 gr/l efektif menyebabkan mortalitas larva sebesar 100% pada hari ke-2 pada skala laboratorium. Skala lapangan menunjukkan bahwa semua konsentrasi menyebabkan mortalitas larva 100% pada hari ke-3, sementara variasi konsentrasi yang digunakan tidak berpengaruh nyata terhadap mortalitas larva pada skala laboratorium dan skala lapangan.

Kata Kunci


Gaharu, Heortia vitessoides, Bacillus thuringiensis, efficacy, larvae, Gaharu, Heortia vitessoides, Bacillus thuringiensis, efikasi, larva

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmaliyah, S. Utami dan Yudhistira. 2006. Efikasi Beberapa Jenis Insektisida Terhadap Hama Pemakan Daun Pada Tanaman Pulai Darat. Jurnal Hutan Tanaman. Vol. 3 No. 2.

Djojosumarto, P. 2000. Teknik Aplikasi Pestisida Pertanian. Penerbit Kanisius. Cetakan I. Yogyakarta.

Ismail, B., A. Fiani dan H. Moko. 2003. Uji Pengendalian Hama Pada Tanaman Mahoni (Swietenia macrophylla King) dengan Beberapa Insektisida Microba dendotoksin. Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan. Vol. 1 No. 3.

Lestari, F. dan E. Suryanto. 2010. Identifikasi Jenis-jenis Hama dan Penyakit Gaharu. Laporan Hasil Penelitian. Balai Penelitian Kehutanan Banjarbaru. Tidak dipublikasikan.

Lovgren, A., M.Y. Zhang, A. Engstrom, G. Dalhammar and R. Landen. 1990. Moleculer Characterization of Immune Inhibitor A, a Secreted Virulence Protease from Bacillus thuringiensis. Mol. Microbiol. 4: 2137-2146.

Ngatiman, I. Anggraini dan N. E. Lelana. 2010. Serangan Hama Heortia vitessoides Moore. pada Tanaman Penghasil Gaharu (Aquilaria microcarpa) dan Teknik Pengendaliannya. Prosisding Seminar Nasional “Kontribusi Litbang dalam Peningkatan Produktifitas dan Kelestarian Hutan”. Bogor 29 November 2010.

Schnepf E., N. Crickmore, J. Van Rie, D. Lereclus, J. Baum, J. Feitelson, D.R. Zeigler. and D. Dean. 1998. Bacillus thuringiensis and Its Pesticidal Crystal Protein. Microbiol Mol Biol Rev. 62:775-806




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2012.9.4.227-232

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.