ANALISIS FINANSIAL HUTAN TANAMAN CAMPURAN MERANTI MERAH (Shorea spp.) DAN KARET RAKYAT (Hevea brasiliensis) DI HINAS KIRI KALIMANTAN SELATAN

Kushartati Budiningsih, Rachman Effendi

Sari


Sampai saat ini pembangunan hutan tanaman penghasil kayu pertukangan belum optimal. Usaha hutan tanaman penghasil kayu pertukangan memang membutuhkan waktu yang relatif lama. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kelayakan finansial usaha budidaya hutan tanaman penghasil kayu pertukangan jenis pola campuran dengan karet (Hevea brasiliensis ) pada skala rumah tangga. Objek penelitian yang dipilih adalah tanaman meranti merah yang dikembangkan masyarakat di Desa Hinas Kiri Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis biaya manfaat usaha budidaya meranti campuran karet yang dilakukan pada tingkat suku bunga 12% diperoleh nilai NPV sebesar Rp14.359.207 dengan nilai BCR 2,70 dan IRR 18%. Usaha budidaya ini sangat sensitif terhadap penurunan baik jumlah produksi getah karet maupun harga getah. Hal tersebut menunjukkan bahwa dari aspek finansial usaha budidaya meranti merah campuran karet layak untuk dikembangkan.






Kata Kunci


Hutan tanaman; meranti merah; kelayakan finansial; analisis biaya manfaat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akiefnawati, R., G.Wibawa, L. Joshi dan Mv. Noordwijk. Meningkatkan Produktivitas Karet Rakyat melalui Sistem Wanatani. (eds). 2008. dalam Belajar Dari Bungo : Mengelola Sumberdaya Alam di Era Desentralisasi. Cifor. Bogor.

Istomo, C.Wibowo dan N. Hidayati. 1999. Evaluasi Pertumbuhan Tanaman Meranti (Shorea spp) di Haurbentes BKPH Jasinga KPH Bogor Perum Perhutani Unit III Jawa Barat. Jurnal Manajemen Hutan Tropika Vol.V .No. 2 :13-22.

Sumardjani. L. dan S.D. Waluyo. 2007. Analisa Konsumsi Kayu Nasional. Akses tanggal 11 September 2011. http:// www. rimbawan.com.

Tata, L., Mv. Noordwijk. S. Rasnovi dan L. Joshi. Pengayaan Jenis Wanatani Karet dengan Meranti. (eds). 2008. dalam Belajar Dari Bungo : Mengelola Sumberdaya Alam di Era Desentralisasi. Cifor. Bogor.

Yuniati, D. dan L. Suastati. 2008. Analisis Finansial Pembangunan Hutan Tanaman Dipterocarpaceae Studi Kasus di PT. Inhutani II Pulau Laut Propinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Dipterocarpaceae Vol. 2 No.1.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2012.9.4.233-240

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.