PENGGUNAAN AIR DAN PERTUMBUHAN STEK BAMBU KUNING DARI BERBAGAI ASAL PROPAGUL

M. Charomaini

Sari


Bambu banyak dikenal sebagai bahan pengganti kayu untuk bangunan, lantai dan kerajinan tangan. Di daerah pedesaan, bambu sangat berguna dan banyak bermanfaat untuk penahan erosi tanah, rebungnya dapat dimakan dan batang tua digunakan sebagai bahan bangunan, kerajinan tangan dan perkakas rumah tangga. Sekitar 12jenis bambu telah ditentukan sebagai jenis yang harus diteliti dan dikembangkan di Indonesia. Bambu kuning/gading adalah salah satunya  yang berprospek  bagus untuk dikembangkan.  Jenis  ini sangat jarang  ditanam masyarakat karena keterbatasan sumber rumpun di alam. Telah dikumpulkan propagul vegetatif dari beberapa sumber tumbuh rumpun yang terbatas dan tersebar yaitu di Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah dan Kalasan, Sleman, Yogyakarta dan telah ditanam di persemaian. Propagul stek batang ditanam secara mendatar dengan perlakuan tidak dan diisi dengan air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber propagul dari Kalasan menunjukkan pertumbuhan lebih bagus dalam hal jumlah  batang per rumpun, jumlah rumpun, pertumbuhan  tinggi, persentase pertumbuhan rumpun, persenjadi batang dan rumpun. Perlakuanpengisian  air ke dalam buluh stek batang menghasilkan pertumbuhan yang cepat.

 


Kata Kunci


Bambu kuning/gading, penggunaan air; stek batang; somberpropagul

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonymous, 1994. Strategi Penelitian Bambu ed. E. A. Widjaja; Mien A. Rifai; Bambang Subiyanto; Dodi Nandika. Yayasan Bambu Lingkungan Lestari. Bogor.

Charomaini. 1997. Prospek Pemanfaatan Bambu Kuning (Bambusa vulgaris var. striata) sebagai Bahan Baku Pulp ditinjau dari Sudut Kualitas Bibit. Prosiding Ekspose Hasil Penelitian dan Pengembangan Pemuliaan Pohon. Departemen Kehutanan.

Joedodibroto; S. Andoyo, 1995. Can Bamboo Substitute Pinus merkusii in Paper Making, dalam IVth International Bamboo Congress, Ubud, Bali.

Othman, A.Rand N. Haron. 1995. Planting of Bamboos. Dalam Research Pamphlet No. 118. 1995. ed. Othman, A.R.; A.L Mohmod.; W. Liese and N. Haron. Forest Research Institute Malaysia (FRIM). Kepong, Kuala Lumpur.

Sumartono.1977. Rancangan Percobaan. Yayasan Pembina Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Widjaja, E.A. 1994. Sepuluh Tahun Penelitian Bambu di Puslitbang Biologi dalam Strategi Penelitian Bambu Indonesia. Ed. E.A. Widjaja;M.A Rifai; B.Subiyanto dan D. Nandika. Yayasan Bambu Lingkungan Lestari. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2005.2.1.51-59

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.