VARIASI PERTUMBUHAN CENDANA DARI BERBAGAI PROVENANS PADA UMUR DELAPAN BULAN

Liliek Haryjanto, Tri Pamungkas

Sari


Menurut Nyland (1996) kesehatan dan kondisi fisik (vigour)  bibit tanaman akan menentukan laju awal pertumbuhan dan kemampuan hidup bibit setelah ditanam di Iapangan. Adanya perbedaan genetik antar provenans diduga mempengaruhi perbedaan kemampuan adaptasi tanaman terhadap kondisi tempat tumbuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi pertumbuhan cendana tingkat semai dari berbagai provenans. Keragaman pertumbuhan bibit merupakan informasi penting untuk seleksi di masa mendatang. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan  Acak Lengkap (Completely   Random  Design)  dengan 40 famili dengan 3  ulangan, tiap ulangan terdiri dari 8 bibit sehingga jumlah bibit yang digunakan sebanyak 960 bibit. Hasil pengukuran menunjukkan terdapat variasi pertumbuhan tinggi dan diameter. Variasi terjadi antar provenans dan famili dalam provenans. Provenans yang menunjukkan pertumbuhan terbaik berasal dari Werena (Sumba) dengan tinggi 27,68 cm dan diameter 3,77  mm.

Kata Kunci


Diameter; famili; provenans; Santalum album Linn; tinggi; variasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2000. Hasil Pembangunan Kehutanan di Nusa Tenggara Timur. Dinas Kehutanan Propinsi

Nusa Tenggara Timur.

Darmokusumo, S., Nurgoho. A.A., Botu, E.U., Jehamat, A., Benggu, M. 2000. Upaya memperluas kawasan ekonomis cendana di NTT. Kumpulan makalah Seminar Nasional Kajian Terhadap Tanaman Cendana (Santalum album L) sebagai Komoditi Utama Perekonomian Prop. NTT Menuju Otonomisasi. Pemda Tk. I NTT bekerjasama dengan LIP! di Jakarta.

Doran, J.C., Thomson, L.A.J., Brophy, J.J. 2002. Sandalwood. Regional Workshop On Sandalwood Research, Development and Extension in the Pacific Islands and Asia. Noumea. New Caledonia.

Fox, J.E.D., J.E. Brand, D.R. Barret and Markum Effendi (t.thn) Heartwood and tree size in Santalum album L in Timor, Indonesia.

Zobel, B .J dan Talbert, J. 1984. Applied Forest Tree Improvement. John Willey and Sons. New York.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2005.2.2.88-94

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.