PEMBERIAN ZAT PENGATUR TUMBUH UNTUK MENGHAMBAT PERTUMBUHAN SEMAI MIMBA (Azadirachta indica) SELAMA PENYIMPANAN The Use of Growth Regulators for Inhibiting the Growth of Mimba (Azadirachta indica) Seedlings during Storage

Dida Syamsuwida, Aam Aminah, Ateng Rahmat Hidayat

Sari


Mimba (Azadirachta indica) adalah salah satu jenis pohon hutan yang memiliki benih rekalsitran yang sulit disimpan dalam jangka waktu lama, sehingga perlu dilakukan penyimpanan dengan menggunakan bahan semai. Penyimpanan semai sangat bermanfaat ketika menunggu waktu penanaman di lapang yang belum saatnya dilakukan. Oleh karena itu, untuk menghindari pertumbuhan semai yang cepat selama di persemaian dan tetap sesuai dengan kriteria bibit yang dikehendaki untuk ditanam, maka perlu upaya untuk menekan pertumbuhannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh beberapa bahan penghambat pertumbuhan, kondisi tempat simpan dan media simpan terhadap pertumbuhan semai mimba selama penyimpanan. Bahan penghambat pertumbuhan yang digunakan adalah paklobutrazol, NaCl dan akuades sebagai kontrol. Kondisi tempat simpan terdiri dari naungan berat, naungan sedang dan naungan ringan. Sedangkan media simpan semai terdiri dari pasir dan sabut kelapa. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap pola faktorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimum penyimpanan semai mimba yang efektif menahan pertumbuhan selama 6 bulan dengan persentase hidup diatas 95% adalah di bawah kondisi naungan ringan (I= ± 17.593 lux , T= ± 35 O C) dengan pemberian bahan penghambat tumbuh paklobutrazol 250 ppm dan penggunaan media pasir.


Kata Kunci


Penyimpanan; semai; rekalsitran; bahan penghambat pertumbuhan; paklobutrazol; NaCl

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buharman, D. Syamsuwida dan Kusdamayanti. 2002. Pengaruh kondisi simpan dan inhibitor terhadap viabilitas benih dan pertumbuhan semai Shorea selanica. Buletin Teknologi Perbenihan Vol.9 No.2. Balai Teknologi Perbenihan, Bogor. Hal.20-25.

Berova, M; Z. Zlatev and N. Stoeva, S. 2002. Effect of Paklobutrazol on Wheat Seedlings under Low Temperature Stress. Bulg. J. Plant Physiol. 28(1-2):75-84.

Davis, T.D; G. Steffens; N. Sankhla. 1988.

Triazole Plant Growth Regulators. Hort.Rev. 10:63-103.

Hawkes, J.G. 1980. Genetic Conservation of Recalcitrant Species: an Overview. In Whithers, L.A & William, J.T (Eds) Crop Genetic Resources. The Conservation of Difficult Materials. IPGR, Rome

Krishnapillay, B. and Engelmann, F. 1996.Alternative Methods for the Storage of

Recalcitrant and Intermediate Seeds: slow

growth and cryopreservation. In Quodraogo, A.S; K. Poulsen and F.

Stubgaard (Eds). Proc. Intermediate/ Recalcitrant Tropical Forest Tree Seeds. IPGR. Denmark. Pp 34-39.

Lever, B.G. 1986. Cultar Technical Review. Acta Hortic. 179: 459-466.

Roberts, H.F. 1973. Predicting the Viability of Seeds. Seed Science and Technology 1:499-514.

Syamsuwida, D., Fransisca R.E.L. dan E. Handayani. 2003. Aplikasi zat peng-hambat pertumbuhan dalam penyimpanan semai Shorea pinanga Scheff. Buletin Teknologi Perbenihan. Vol.10 No.1. Pusat Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.

Syamsuwida, D., Fransisca R.E.L. dan E. Handayani. 2003. Aplikasi zat peng-hambat pertumbuhan dalam penyimpanan semai Shorea pinanga Scheff. Buletin Teknologi Perbenihan. Vol.10 No.1. Pusat Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.

SsSyamsuwida, D., A. Aminah, M. Sanusi dan A.R. Hidayat. 2006. Penyimpanan benih rekalsitran dalam bentuk semai. Laporan Hasil Penelitian No. 526. Balai Litbang Teknologi Perbenihan. Bogor.

Sumanta, I. 2004. Pengaruh paklobutrazol dan NaCl terhadap pertumbuhan semai Shorea selanica Blume pada beberapa periode dan kondisi simpan. Skripsi Sarjana. Jurusan Biologi, Universitas Pakuan. Bogor.

Tewari, D.N. 1992. Monograph on Neem (Azadirachta indica A Juss). International Book Distributors. Dehradun. India.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2010.7.1.23-31

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.