PEMANFAATAN BEBERAPA BIOAKTIVATOR TERHADAP PENINGKATAN LAJU DEKOMPOSISI TANAH GAMBUT DAN PERTUMBUHAN Gmelina arborea Roxb The Use of Bioactivators to Increase the Decomposition Rate of Peat Soil and the Growth of Gmelina arborea Roxb

Budi Utomo

Sari


Potensi tanah gambut di Indonesia sangat tinggi sebagai media tanam maupun pupuk organik, namun tingginya kemasaman tanah mengakibatkan dekomposisi berlangsung lambat sehingga kandungan unsur hara tanah ini juga rendah. Penelitian bertujuan untuk mendeteksi pengaruh bioaktivator dalam meningkatkan pertumbuhan Gmelina arborea di tanah gambut serta mendeteksi perubahan sifat kimia tanah gambut akibat perlakuan bioaktivator tersebut. Bioaktivator yang digunakan adalah Trichoderma sp., Orgadec, EM4, MOD-71, Supernasa dan Puja-168. Bahan tanah gambut berasal dari Desa Sei Siarti, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara. Dosis yang digunakan pada masing-masing bioaktivator diberikan sesuai anjuran pada kemasan produk. Penelitian dilakukan di rumah kaca Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara selama dua bulan yang dimulai dari bulan Februari 2008 sampai Maret 2008. Pemberian bioaktivator Trichoderma sp. pada tanah gambut dapat menghasilkan peningkatan tinggi tanaman sebesar 39,44%, diameter batang 3,12%, dan luas daun 852,63% dibandingkan dengan kontrol, sementara pemberian bioactivator EM4, MOD-71, Supernasa dan Puja-168 belum berpengaruh.


Kata Kunci


bioaktivator, dekomposisi, gambut, peningkatan pertumbuhan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nasution, S. A. 2008. Pertumbuhan Tanaman

Jarak Pagar (Jathropa curcas L.) Menggunakan Beberapa Jenis Bahan Organik

dan Taraf Mikoriza di Lahan Kritis Padang Bolak Kabupaten Tapanuli Selatan. [Skripsi]: Departemen Kehutanan Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Sianturi, S. 2007. Penggunaan Bahan Organik untuk Meningkatkan Pertumbuhan Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) di Lahan Marginal Padang Bolak Tapanuli Selatan. [Skripsi]: Departemen Kehutanan

Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Supriadi. 1998. Manual Persemaian ATA 267.

Balai Teknolologi Reboisasi. Departemen Kehutanan.

Syahnen. 2006. Pedoman Eksplorasi, Perbanyakan dan Penggunaan Jamur Trichoderma. Balai Pengembangan Proteksi Tanaman Perkebunan Sumatera Utara. Medan.

Utomo, B. 2008. Potensi Bahan Organik dalam Meningkatkan Produktivitas Lahan Mar-ginal. Jurnal Vegetasi 4(2):11-15.

Wahyunto., S. R. Suparto. dan H. Subagyo. 2005. Sebaran Gambut dan Kandungan Karbon di Sumatera dan Kalimantan 2004. Wet-lands International-Indonesia Programme. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2010.7.1.33-38

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.