UJI COBA MUTU BIBIT MERANTI MERAH DI HPH PT ERNA JULIAWATI KALIMANTAN TENGAH

R. Mulyana Omon

Sari


Penelitian uji coba mutu bibit dua jenis meranti merah telah dilakukan di areal IUPHHK PT Erna Juliawati, Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan informasi mutu bibit dua jenis meranti merah setelah satu tahun ditanam di lapangan. Bibit yang telah dipelihara selama tujuh bulan di persemaian, sebelum ditanam di lapangan diseleksi terlebih dahulu berdasarkan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI 01-5005.1-1999) yaitu berdasarkan kriteria tinggi dan diameter bibit serta nilai kekokohan bibit. Perlakuan terdiri dari dua jenis meranti merah dan tiga mutu bibit asal cabutan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah faktorial dalam pola acak lengkap berblok yang diulang sebanyak 4 kali. Setiap perlakuan ditanam sebanyak 100 tanaman dengan jarak tanam 20 x 2,5 m. Jumlah tanaman yang diamati sebanyak 2.400 bibit. Parameter bibit yang diuji adalah persen hidup dan pertumbuhan (tinggi dan diameter). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jenis, mutu bibit, interaksi antara jenis dan mutu bibit tidak berpengaruh nyata terhadap persen hidup, namun block dan mutu bibit berpengaruh nyata terhadap persen hidup, sedangkan. untuk pertumbuhan (tinggi dan diameter) hanya blok yang berpengaruh nyata. Berdasarkan uji beda nyata Tukey menujukkan bahwa persen hidup bibit untuk ke dua jenis meranti pada blok II antara mutu bibit satu dengan mutu bibit yang lainnya berpengaruh nyata yaitu 88,8 % and 84,3 %. Pertumbuhan tinggi dan diameter bibit pada blok III untuk kedua jenis meranti lebih tinggi dibandingkan pada blok lainnya, sementara untuk S. parvifolia. yang berasal dari mutu bibit satu lebih tinggi dibandingkan dengan interaksi antara jenis dan mutu bibit lainnya, yaitu sebesar 184,6 cm. Dengan demikian jenis S. parvifoliadari cabutan dengan mutu bibit satu, yaitu tinggi antara (50 - 65 cm ) atau rata-rata sebesar 59,3cm dengan diameter antara (5 - 8 mm) atau rata-rata sebesar 5,8 mm dapat dijadikan standard mutu bibit untuk ditanam dalam program silin dengan sistem TPTI Intensif.

 


Kata Kunci


cabutan; kelas mutu bibit; meranti merah; pertumbuhan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daniel, T.W., J.A. Helms. dan F.S. Baker. 1979. Prinsip-prinsip silvikultur. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Haeruman, H. 1975. Prosedur analisa rancangan percobaan. bagian pertama. Bagian P erentjanaan Hutan. Departemen Mangemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB, Bogor. 78 h.

Hendromomo, 2007. Bibit berkualitas`sebagai kunci pembuka keberhasilan hutan tanaman dan rehabilitasi. Orasi Pengukuhan Profesor Riset Bidang Pengembangan Silvikultur. Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan. Tidak diterbitkan.

Priadjati, A. 2003. Dipterocarpaceae : Forest fire andforestrecovery. Tropenbos International. The Tropenbos Foundation. Wageningen. The Netherlands.

Schmidt, F.H dan J.H. Ferguson. 1951. Rainfall types based on dry and wet period ratios for Indonesia with Western New Guinea. Verhandelingen No. 42 .Jawatan Meteorologi dan Geofisika, Jakarta.

Standard Nasional Indonesia (SNI) 01-5005.1-1999. Standardisasi mutubibit jenis meranti. Badan Standardisasi National, Jakarta

Schmidt, L. 2000. Pedoman penanganan benih tanaman hutan tropis dan sub tropis. Terjemahan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial, Departemen Kehutanan. Jakarta.

Soekotjo. 2007. Pengalaman dari uji jenis dipterokarpa umur 4,5 tahun di PT Sari Bumi Kusuma Kalimantan Tengah. Prosiding Seminar Pengembangan Hutan Tanaman Dipterokarpa dan Ekspose TPTII/Silin. Balai Besar Penelitian Dipterokarpa. Samarinda.

Yassir, I. dan Y. Mitikauji. 2007. Pengaruh penyiapan lahan terhadap pertumbuhan Shorea leprosula Miq. dan Shorea balangeran (Korth.) Burck pada lahan alang-alang di Samboja, Kalimantan Timur. Jurnal Penelitian Dipterokarpa. Vol. 1 No. 1, September 2007. Balai Besar Penelitian Dipterocarpaceae. Samarinda.

Zobel, B. and J. Talbert. 1984. Applied forest tree improvement. John Wiley and Sons.Inc. New York.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2010.7.4.191-199

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.