KANDUNGAN NITROGEN PER SATUAN LUAS DAUN SEBAGAI INDIKATOR PENINGKATAN SERANGAN HAMA DAUN OLEH Clouges glauculalis (Lepidoptera : Pyralidae) PADA PULAI (Alstonia scholaris)

Tati Rostiwati, Wida Darwiati

Sari


Pulai (Alstonia spp) merupakan jenis pohon cepat tumbuh (fast growing species) serta tumbuh pada intensitas cahaya tinggi. Penelitian telah dilakukan dengan tujuan mendapatkan indikator peningkatan serangan hama daun A. scholaris pada tingkat semai di pesemaian, dan pancang serta tiang pada hutan tanaman. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengamati peningkatan serangan hama daun pulai gading (A. scholaris) di pesemaian, sedang pengukuran dilakukan untuk mengetahui kepekatan Nitrogen per satuan luas daun dengan mengambil contoh 20 daun anakan di pesemaian, dan pancang serta tiang di hutan tanaman. Pengamatan dilakukan dalam tiga ulangan. Hasilnya menunjukkan bahwa intensitas serangan hama terjadi sejak bibit berumur 5 bulan di persemaian dengan intensitas serangan dapat mencapai 90% dan pada umur tanaman 1-3 tahun setelah tanam di lapangan dengan intensitas serangan sebesar ± 33%. Serangan hama tersebut dimulai dengan merekatkan daun terlebih dahulu sebelum serangga memakan daun tersebut. Terjadinya peningkatan kandungan Nitrogen per luasan daun yang cukup tinggi dimulai dari tingkat anakan sampai ke tingkat pancang sebesar 192,31% sedang dari tingkat pancang ke tingkat tiang peningkatannya hanya sebesar 31,58%.


Kata Kunci


Kandungan N; anakan; pancang; tiang; Clouges glauculalis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandi, H, A. Nuryadin, S.B. Prayogo dan Supriyatno. 1994. Produksi dan Komposisi Kimia Getah dan Kulit kayu Alstonia pneumatophora. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pengembangan Biologi Tropika lndonesia. Jakarta.

Anggraeni, I., Asmaliyah. dan M. Suharti. 1998. Teknik Pengenalan Beberapa Hama dan Penyakit Tanaman Acacia mangium. Info Hutan No.100.Puslitbang Hutan dan Konservasi Alam, Bogor.

Asmaliyah dan B. Ismail. 1998. Uji Pengendalian Hama Pemakan Daun (Clouges glauculalis) pada tanaman pulai (Alstonia scholaris) dengan lnsektisida Biologi secara In-vitro. Buletin Teknologi Reboisasi. Balai Teknologi Reboisasi (BTR) Palembang No. 08: 1 10.

Asmaliyah, I. Anggraeni, dan M. Suharti. 1997. Teknik Pengenalan Beberapa Hama dan Penyakit Tanaman Tusam (Pinus merkusii). Info Hutan No. 75. Puslitbang Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Chapman, R. F. 1982. The Insects. Structure and Function. Third Edition. Harvard University Press, Cambridge, Massachusetts.

Hesse,O. 1965. Ann. 203, 170 in Manske, R.H.F ed. The Alkaloids Chemistry and Physiology, Vol.VIII, Academic Press, New York.

Kalshoven, L.G.E. 1981. Pests of Crop in Indonesia. PT. Ichtiar Baru Van-Hoeve. Jakarta.

Larcher, W. 1980. Physiological Plant Ecology. Edisi ke-2. Springer-VerlagBerlin-Heidelberg, Berlin.

Lusk,C.H. dan 0.Contreras. 1999. Foliage Area and Crown Nitrogen Turnover in Temperate Rain Forest Juvenile Trees of Differing Shade Tolerance. Journal of Ecology 87: 973 983.

Malkin, S. dan D.C. Fork. 1981. Photosynthetic Units of Sun and Shade Plants. Plant Physiol 67: 580-583.

Natawiria, D. 1986.Ancaman Hama dan Penyakit terhadap Hutan Tanaman. Prosiding Seminar Nasional Ancaman terhadap Hutan Tanaman Industri Jakarta 30 Desember 1986.

Rostiwati, T. 2005. Mekanisme Adaptasi Lithocarpus celebicus (Miq.) Rehd. terhadap Naungan pada Tegakan Hutan Alam di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Rostiwati, T. 2006. Teknik Silvikultur Jenis Pulai (Alstonia spp). Makalah. Gelar Teknologi Pusat Litbang Hutan Tanaman. 5 Desember 2006 di Kabupaten Muaraenim. Sumatera Selatan.

Rostiwati, T. dan I. Winarni. 2005. Peluang pengembangan hutan tanaman pulai (Alstonia spp) sebagai jenis dengan penampilan fotosintetik terbaik dan sebagai tanaman obat. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Hutan Tanaman, 18 Nopember 2005, Yogyakarta.

Turner, I. M. 2001.The Ecology of Trees in the Tropical Rain Forest. Cambridge University Press, United Kingdom.

Widyastuti, S.M. 2006. Forest Health Monitoring di Hutan Tanaman. Dalam Prosiding Pengendalian Hama dan Penyakit pada Hutan Tanaman, Jakarta, 23 Nopember 2006. Puslitbang Hutan Tanaman: 33-39.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2008.5.3.165-174

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.