METODE PENGUJIAN MUTU FISIK DAN FISIOLOGIS BENIH PULAI (Alstonia scholaris)

Eliya Suita, Nurhasybi Nurhasybi

Sari


Metode pengujian mutu benih di laboratorium dilakukan untuk mengetahui mutu benih, baik mutu fisik maupun fisiologis. Metode pengujian yang digunakan untuk kegiatan sertifikasi mengacu pada metode pengujian yang tercantum dalam ISTA (1999). Mutu fisik yang diteliti adalah berat 1000 butir dan kadar air benih, sedangkan mutu fisiologis dilihat dari hasil uji perkecambahan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan metode pengujian mutu fisik dan fisiologis benih tanaman hutan yang dapat diaplikasikan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis benih tanaman pulai (Alstonia scholaris). Media perkecambahan di laboratorium berupa kertas merang dan media di rumah kaca berupa pasir dan tanah (v/v) 1:1. Rata-rata kadar air pulai adalah 9,94%. Berat 1000 butir adalah 1,98 g dan jumlah benih/kg adalah sekitar 535.308 butir. Pengujian perkecambahan benih pulai yang terbaik adalah di rumah kaca.


Kata Kunci


Alstonia scholaris; mutu fisik; mutu fisiologis; pengujian benih

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonimous. 2002. Petunjuk Teknis Pengujian Mutu Fisik dan Fisiologi Benih. Departernen Kehutanan. Direktorat Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial, Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan, Jakarta.

Bonner, F.T., J.A. Vozzo, W.W. Elam, and S.B Land, Jr. 1994. Tree Seed Technology Training Course. Instructor's Manual. General Technical Report. United States Departement of Agriculture. New Orleans, Louisiana.

Heyne, K. 1997. Tumbuhan Berguna Indonesia II L Departemen Kehutanan, Jakarta.

ISTA. 1999. International Rules for Seed Testing 1985. Seed Sci. &Technol., 27, Supplement.

Martawijaya, A., L. Kartasujana, S.A. Prawira, dan K. Kadir. 1981. Atlas Kayu Indonesia. Jilid I. Departemen Kehutanan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Bogor, Indonesia.

Schmidt, L. 2000. Pedoman Penanganan Benih Tanaman Hutan Tropis dan Sub Tropis. Direktorat Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial. Departemen Kehutanan, Jakarta.

Zanzibar, M. 2002. Pulai (Alstonia scholaris (L.) R Br). Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid IV. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Balai Teknologi Perbenihan, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2009.6.2.55-62

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.