PENYAKIT BERCAK DAUN PADA SEMAI NYATOH (Palaquium sp.) DI PERSEMAIAN BALAI PENELITIAN KEHUTANAN CIAMIS

Illa Anggraeni, Benyamin Dendang

Sari


Bibit nyatoh (Palaquium sp.) di persemaian Desa Pamalayan, Ciamis terserang penyakit bercak daun. Ciri dan gejala penyakit bercak daun pada umumnya sama pada setiap tanaman yaitu terbentuknya daerah yang mati pada daun (nekrosis). Bercak berwarna coklat dengan tepi agak kekuning-kuningan dan kemudian berubah menjadi merah kehitam-hitaman. Letak bercak pada permukaan daun dimulai dari tepi menuju ke bagian tengah daun. Apabila daun yang terserang disentuh, maka daun tersebut gugur, apabila dibiarkan lama kelamaan daun menjadi kering dan rontok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis patogen penyebab penyakit, informasi yang diperoleh merupakan proses awal untuk mengambil tindakan pengendalian penyakit. Dari hasil uji "Postulat Koch" dan identifikasi, ternyata penyebab penyakit bercak daun bibit nyatoh adalah fungi Colletotrichum sp. Persentase rata-rata kejadian penyakit bercak daun pada bibit nyatoh pada plot pengarnatan I sebesar 96%, plot I I sebesar 96% dan plot III mencapai 100%. Sedangkan rata-rata intensitas serangan penyakit pada plot pengamatan I sebesar 24,60%, plot II sebesar 28,87% dan plot III sebesar 31,45%.


Kata Kunci


Colletotrichum sp.; Nyatoh (Palaquium sp.); penyakit bercak daun

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agrios, G.N. 2005. Plant Pathology. 5 Edition. Elsevier Academic Press, USA.

Anggraeni, 1. 2008. Identifikasi Mikroskopis Penyakit Bercak Daun Jabon, Pulai, Tembesu, Jati, Cendana dan Tanjung. Tidak dipublikasikan.

Anonim. 1991. Uji Coba Pengembangan Tanaman Nyatoh (Palaquium sp.) di Benakat. Balai Teknologi Reboisasi Benakat.

Baker, F.E. 1950. Principles of Silviculture. McGraw-Hill Book Company, Inc, New York.

Dwidjoseputro. D. 1978. Pengantar Mikologi. Penerbit Alumni, Bandung.

Garrett, S.D. 1970. Pathogenic Root-Infecting Fungi. Cambridge at University Press, Cambridge.

Martawijaya, A., L. Kartasujana, K. Kadir dan S. A. Prawira. 2005. Atlas Kayu Indonesia. Jilid I. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Jakarta.

Old, K.M., L.S. See, J.K. Sharma, dan Z.Q. Yuan. 2000. A Manual of Diseases of Tropical Acacias in Australia, South-East Asia and India. Center for International Forestry Research (CIFOR), Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2009.6.2.99-108

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.