Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan

Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan adalah publikasi ilmiah resmi dari Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Jurnal ini menerima dan mempublikasikan tulisan hasil penelitian berbagai aspek yang berhubungan dengan bioscience seperti silvikultur, perbenihan, pemuliaan, genetika, bioteknologi, hama/penyakit, fisiologi dan konservasi genetik.

SEJARAH PERKEMBANGAN JURNAL PEMULIAAN  TANAMAN HUTAN

1. PENDAHULUAN

Publikasi ilmiah merupakan indikator kunci sebuah kerja Institusi penelitian. Dari publikasi yang diterbitkan dapat diketahui sebenarnya apakah yang sudah dilakukan oleh sebuah instansi penelitian. Bahkan amanat dalam undang-undang nomor 18 tahun 2002 tentang penelitian dan pengembangan adalah bahwa hasil-hasil penelitian wajib disampaikan kepada masyarakat atau publik. Metode penyampaian hasil-hasil penelitian itu salah satunya adalah dengan penerbitan jurnal ilmiah.  Sebuah jurnal ilmiah biasanya memiliki kala terbit tertentu, ada yang bulanan, 4 kali setahun, 3 kali setahun sampai 2 kali setahun sehingga seringkali disebut sebagai berkala ilmiah.

Jurnal  Pemuliaan Tanaman Hutan merupakan  Publikasi ilmiah resmi dari Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Jurnal ini menerima dan mempublikasikan tulisan hasil penelitian berbagai aspek yang berhubungan dengan bioteknologi hutan dan pemuliaan tanaman hutan seperti perbenihan, pemuliaan, genetika, bioteknologi, hama/penyakit, fisiologi dan konservasi genetik. Publikasi ilmiah saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat yaitu masa perubahan dari format penerbitan cetak ke format penerbitan elektronik. Demikian juga dengan Jurnal Pemuliaan Tanaman hutan yang saat ini masih dalam format tercetak, telah berencana untuk beralih ke format elektronik.

2. PENERBITAN DAN NAMA JURNAL

Penerbitan dan nama Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan mengalami perubahan seiring dengan perubahan nama Instansi. Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan terbit pertama kali pada September 1996 dengan judul Buletin Penelitian Pemuliaan Pohon (ISSN 1410-1165), sejak April 2003 berganti judul menjadi Jurnal Pemuliaan Tanaman hutan (ISSN 1693-7147). Mulai April 2004 berganti judul menjadi Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (ISSN 1829-6327) dan terakhir mulai tahun 2007 berganti nama kembali dengan nama Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan dengan ISSN : 1693-7147. Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan terbit setahun 3 kali, namun pada saat banyak naskah yang masuk jurnal ini bisa terbit 5 kali dalam setahun, dengan tambahan penerbitan pada volume yang sama berupa suplemen. Tambahan suplemen ini terjadi pada tahun 2005 dan 2006.



Journal Homepage Image

Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan


Cover Page