Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa (JPED) diterbitkan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) yang sebelumnya dikenal dengan nama Balai Besar Penelitian Dipterokarpa (B2PD). Nama penerbit telah berubah karena penggabungan dari Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia (Perpres No. 16/2015 dan Permen KLHK  No. P.18/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016). Sesuai dengan Perundang-undangan tersebut, Balai Besar Penelitian Dipterokarpa diubah menjadi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa. Logo penerbit juga mengalami perubahan menyesuaikan Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

JPED Pertama kali terbit menggunakan nama Jurnal Penelitian Dipterokarpa (JPD) pada September 2007 dengan nomor ISSN 1978-8746, pada tahun 2014 karena penggabungan Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia, JPD diganti menjadi JPED (ISSN-Cetak:2460-5875 dan ISSN-Online:2460-5883).

Awalnya JPD fokus dalam penelitian tanaman Dipterokarpa, setelah menjadi JPED maka ruang lingkup dan cakupan JPED menjadi lebih luas terhadap seluruh aspek lingkungan hidup dan ekosistem hutan Dipterokarpa terutama dalam bidang Silvikultur, Jasa Lingkungan (Nilai Hutan), Biometrik Hutan, Pengolahan Hasil Hutan, Keteknikan dan Pemanenan Hutan, Hasil Hutan Bukan Kayu, Perlindungan Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, Perhutanan Sosial, Ekonomi dan Kebijakan, Ekologi Tumbuhan dan Biomassa Hutan, Mikrobiologi dan Bioteknologi, Hama dan Penyakit Hutan, Anatomi Kayu, Hidrologi dan Konservasi Tanah Hutan, Dendrologi, Fitogeografi dan Arsitektur Pohon, Fisiologi Tumbuhan.  JPED akan diterbitkan satu volume dalam setahun termasuk dua nomor terbitan


Gambar Beranda Jurnal

Informasi

 
Belum ada informasi yang diterbitkan.
 
Lebih banyak informasi...

Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Daftar Isi

Artikel

Muhammad Fajri
PDF
1-12
Sri Purwaningsih, Abdurachman Abdurachman
PDF
13-22
Agus Wahyudi, Amiril Saridan
PDF
23-32
Ngatiman Ngatiman, Deddy Dwi Nur Cahyono
PDF
33-42
Suryadi Suryadi, Aipassa Aipassa, Ruchaemi Ruchaemi, Matius Matius
PDF
43-48