Studi Pemanfaatan Sumberdaya Hutan oleh Masyarakat Desa Setulang di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara

Catur Budi Wiati, Eddy Mangopo Angi

Abstract


Masyarakat Desa Setulang di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara adalah salah satu masyarakat sekitar hutan yang melakukan pemanfaatan sumberdaya hutan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Tulisan ini bertujuan untuk menginformasikan jenis-jenis sumberdaya hutan dan bentuk pemanfaatannya oleh masyarakat Desa Setulang, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara serta permasalahan yang dihadapi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2012, sendangkan metodenya menggunakan kombinasi Diskusi Group Terfokus (Focus Group Discussion/FGD), wawancara mendalam (indepth interview) dan observasi lapangan. Hasil studi menunjukkan bahwa pemanfaatan sumberdaya hutan Masyarakat Desa Setulang merupakan warisan dari nenek moyang mereka saat masih tinggal di Longh Sa’an, Kecamatan Pujungan, Kabupaten Malinau. Pemanfaatan sumberdaya hutan tersebut sebagian besar dilakukan Masyarakat Desa Setulang di Tanah Larangan (Tane’ Olen) dan Hutan Cadangan (Unung Mpe’) dalam bentuk kegiatan: (1) Mencari ramuan rumah (Duqu Fetenu’ Laminj), kayu perahu dan Kayu Bakar; (2) Berburu dan mencari ikan; (3) Mencari bahan kerajinan; dan (4). Mencari bahan obat-obatan dan sayuran. Dalam pemanfaatan sumberdaya hutan tersebut, permasalahan yang masih sering terjadi umumnya adalah masalah klaim kepemilikan lahan terutama terjadi di Tane’Olen dan Unung Mpe’.

Keywords


pemanfaatan sumberdaya hutan; masyarakat desa Setulang; Tane’ Olen; Unung Mpe’

References


Angi, E. M., 2001. Masyarakat Merap Dalam Konteks Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumberdaya Hutan di Kalimantan Timur. Dalam Buku Menguak Tabir Kelola Alam. Pengelolaan Sumberdaya Alam Kalimantan Timur Dalam Kacamata Desentralisasi (Hal. 79-90). Aliansi Pemantau Kebijakan Sumberdaya Alam Kalimantan Timur (APKSA).

Angi, E. M., 2012. Laporan Kegiatan Studi Aturan Adat dan Kearifan Lokal Suku Dayak Kenyah Oma’ Longh Desa Setulang Kabupaten Malinau Kalimantan Timur. Kerjasama GIZ Forclime (Forest and Climate Change Programme) – Kementerian Kehutanan RI.

Imang, N. dan Y. Hang Kueng, 2005. Studi Kearifan Lokal dan Budaya Dayak Basap Kutai Timur. Kerjasama antara Persekutuan Dayak Kalimantan Timur – Kaltim Prima Coal (KPC).

Iwan, R dan G. Limberg, 2009. Tane’ Olen Sebagai Alternatif Pengelolaan Hutan: Perkembangan Lanjutan di Desa Setulang, Kalimantan Timur. Dalam Buku Desentralisasi Tata Kelola Hutan. Politik, Ekonomi dan Perjuangan untuk Menguasai Hutan di Kalimantan, Indonesia (Hal. 185-195). Disunting oleh Moira Moeliono, Eva Wollenberg dan Godwin Limbeg. Center for International Forestry Research (CIFOR). Bogor.

Karmilasanti, 2010. Laporan Kegiatan Eksplorasi Tumbuhan Obat-obatan pada Ekosistem Dipterokarpa di Wilayah Perbatasan Kalimantan Timur. Balai Besar Penelitian Dipterokarpa Samarinda.

Lamis, A., P. Bunde, dan C. Kanyan, 1999. Pola-pola Penguasaan Hak Atas Tanah pada Tiga Suku Bangsa Dayak Kenyah. Dalam Buku Kebudayaan dan Pelestarian Alam: Penelitian Interdisipliner di Pedalaman Kalimantan (Hal. 217-236). Penyunting Cristina Eghenter dan Bernard Sellato. Diterbitkan atas Kerjasama Direktorat Jenderal PHPA Departemen Kehutanan RI, The Ford Foundation dan WWF Indonesia. Jakarta.

Lenjau, M., 1999. Keragaman Jenis Kerajinan Tangan dan Rotan serta Motif-motifnya di Desa Alango. Dalam Buku Kebudayaan dan Pelestarian Alam: Penelitian Interdisipliner di Pedalaman Kalimantan (Hal. 181-200). Penyunting Cristina Eghenter dan Bernard Sellato. Diterbitkan atas Kerjasama Direktorat Jenderal PHPA Departemen Kehutanan RI, The Ford Foundation dan WWF Indonesia. Jakarta.

Rahmadani, F., 2010. Hasil Kajian Desa Partisipatif dan Pendampingan Penyusunan Proposal Pengelolaan Hutan Desa di Desa Setulang Kabupaten Malinau. Kerjasama GIZ Forclime (Forest and Climate Change Programme) – Kementerian Kehutanan RI.

Sheil, Douglas; R.K. Puri; I. Basuki; M.V. Heist; M. Wan; N. Liswanti; Rukmiyati; M.A. Sardjono; I. Samsoedin; K. Sidiyasa; Chrisandini; E. Permana; E.M. Angi; F. Gatzweiler; B. Johnson; A. Wijaya. 2004. Mengeksplorasi Keanekaragaman Hayati, Lingkungan dan Pandangan Masyarakat Lokal Mengenai Berbagai Lanskap Hutan. Metode-metode Penilaian Lanskap Secara Multidisipliner. Center for International Forestry Research (CIFOR). Bogor.

Sidiyasa, K., Zakaria dan R. Iwan, 2006. Hutan Desa Setulang dan Sengayan Malinau, Kalimantan Timur. Potensi dan Identifikasi Langkah-langkah Perlindungan dalam Rangka Pengelolaannya Secara Lestari. Center for International Forestry Research (CIFOR). Bogor.

Sirait, M. T. 1999. Rotan, Pengelolaan dan Kegunaannya pada Masyarakat Long Uli. Dalam Buku Kebudayaan dan Pelestarian Alam: Penelitian Interdisipliner di Pedalaman Kalimantan (Hal.181-200). Penyunting Cristina Eghenter dan Bernard Sellato. Diterbitkan atas Kerjasama Direktorat Jenderal PHPA Departemen Kehutanan RI, The Ford Foundation dan WWF Indonesia. Jakarta.

Uluk, Asung., M. Sudana, E. Wollenberg, 2001. Ketergantungan Masyarakat Dayak Terhadap Hutan di sekitar Taman Nasional Kayan Mentarang. Center for International Forestry Research (CIFOR) Bogor.

Wiati, C. B. 2013. Kajian Aturan Adat Pemanfaatan Tane‘ Olen Oleh Masyarakat Lokal di Desa Setulang Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur. Jurnal Penelitian Dipterokarpa Volume 7 Nomor 2, Desember 2013 (Hal. 123-130). Kementerian Kehutanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Balai Besar Penelitian Dipterokarpa Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2014.8.2.97-108

Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.