Pengaruh Pupuk NPK Dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Produktivitas Daun Pada Bibit Shorea laevis Ridl.

Rini Handayani, Hartati Apriani

Abstract


Shorea laevis Ridl. dikenal sebagai pohon penghasil kayu. juga dimanfaatkan daunnya untuk obat.. Namun belakangan diketahui Shorea laevis memiliki hasil ikutan berupa pemanfaatan daunnya sebagai tanaman obat. Pengembangan diversifikasi produk daun Shorea laevis Ridl. untuk obat tentu membutuhkan bahan baku yang memadai, baik dari aspek kuantitas maupun kualitasnya. Daun yang dimanfaatkan selama ini  berasal dari pohon bangkirai yang sudah ada di hutan secara alami. Budidaya Shorea laevis Ridl. untuk tujuan memproduksi daun belum pernah dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian terkait teknik budidaya daun Shorea laevis Ridl. yang tepat, sehingga didapatkan pertumbuhan dan produksi daun dengan kuantitas dan kualitas baik. Penelitian ini dirancang dengan (Rancangan Acak Kelompok Lengkap). BAhan tanaman yang digunakan adalah bibit Shorea laevis Ridl. yang berasal dari cabutan alam. Perlakuan yang diberikan adalah media tanam (M) dan pupuk NPK 15-15-15  (P). Perlakuan media tanam terdiri dari 4 taraf yaitu tanah (M1), campuran tanah dengan pasir (2:1 v/v) (M2), campuran tanah dengan kompos kotoran sapi (2:1 v/v) (M3) dan campuran tanah dengan pasir dan kompos kotoran sapi (2:1:1 v/v) (M4). Perlakuan pupuk NPK (15-15-15) terdiri dari 5 taraf yaitu 0 g/tanaman (P0), 2 g/tanaman (P1), 3 g/tanaman (P2), 4 g/tanaman (P3) dan 5 g/tanaman (P4). Setiap kombinasi perlakuan terdiri dari 10 tanaman dan diulang 3 kali, sehingga total unit pengamatan berjumlah 600 tanaman. Aplikasi pupuk dan pengamatan dilakukan 1 bulan 1 kali. Parameter yang diamati adalah tinggi, diameter batang, jumlah daun, berat kering daun dan berat kering tajuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk NPK dan media tanam terhadap pertumbuhan dan produksi daun Shorea laevis Ridl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk NPK tidak berpengaruh terhadap diameter batang dan jumlah daun. Namun pupuk NPK berpengaruh nyata pada parameter tinggi, berat kering daun dan berat kering tajuk. Sedangkan media tanah berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati (tinggi, diameter batang, jumlah daun, berat kering daun dan berat kering tajuk). Pemberian pupuk dan kompos berpengaruh terhadap sifat tanah.

Keywords


Kata kunci: Shorea laevis Ridl, NPK, media tanam, pertumbuhan

References


Fernandes, A., & Maharani, R. (2018). Kala Irai Ceria: Wajah Baru Aplikasi Herbal Karamunting-Bangkirai-Kersen. Bogor: Forda Press.

Fernandes, A., Maharani, R., Handayani, R., & Apriani, H. (2019). Daun Bangkirai: Daun Jenis Dipterokarpa yang Kaya Khasiat Obat. In M. Turjaman (Ed.), Bunga Rampai Bioprospeksi Tanaman Obat di Hutan Tropis Indonesia (p. 45). Bogor: IPB Press.

Hasanah, K. (2014). Laporan Praktikum Kesuburan Tanah. Surakarta.

Herdiana, N., Lukman, A. H. dan, & Mulyadi, K. (2008). Pengaruh dosis dan frekuensi aplikasi pemupukan NPK terhadap pertumbuhan bibit Shorea ovalis Korth. (Blume.) asal anakan di persemaian. Jurnal, V No. 3, 289–296.

Pamungkas, M. ., & Supijatno. (2017). Pengaruh pemupukan nitrogen terhadap tinggi dan percabangan tanaman Teh (Camelia sinensis (L.) O. Kuntze) untuk pembentukan bidang petik. Bul. Agronomi, 5(2), 234–241. Retrieved from file:///C:/Users/Rini H/Downloads/16804-Article Text-50552-1-10-20170613 (1).pdf

Prasetyo, Y., Djatmiko, H., & Sulistyaningsih, N. (2014). Pengaruh kombinasi bahan baku dan dosis biochar terhadap perubahan sifat fisika tanah pasiran pada tanaman jagung (Zea mays L.). Berkala Ilmiah Pertanian, 1(1).

Satria, N., Wardati, & Amrul Khoiri, M. (2015). Pengaruh pemberian kompos tandan kosong kelapa sawit dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan bibit tanaman gaharu (Aquilaria malaccensis). JOM Farerta, 2(1).

Widodo, K. H., & Kusuma, Z. (2018). Pengaruh kompos terhadap sifat fisik tanah dan pertumbuhan tanaman jagung di inceptisol. Jurnal Tanah Dan Sumberdaya Lahan, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2020.6.2.107-116

Copyright (c) 2021 Rini Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.