Jurnal Penelitian Hasil Hutan

Sejarah Jurnal Penelitian Hasil Hutan

Jurnal Penelitian Hasil Hutan adalah publikasi ilmiah di bidang anatomi, fisik mekanik, teknologi serat, komposit, biodeteriorasi dan pengawetan bahan berlignoselulosa, teknologi pengeringan hasil hutan, penggergajian dan pemesinan kayu, pengolahan hasil hutan kayu dan bukan kayu, pengolahan kimia dan energi hasil hutan, ilmu kayu dan teknologi hasil hutan, keteknikan hutan dan pemanenan hasil hutan kayu dan bukan kayu. Jurnal ini terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) dengan peringkat dua (Sinta 2) sejak tahun 2016 - 2020 sebagai Jurnal Ilmiah (Akreditasi No. 21/E/KPT/2018). Jurnal ini dipublikasikan pertama pada tahun 1984 dan terbit empat kali dalam satu volume setiap tahun. Sampai dengan vol. 35 No. 4 tahun 2017, Jurnal Penelitian Hasil Hutan terbit dengan frekuensi empat kali dalam setahun (Maret, Juni, September dan Desember). Pada Volume 36 tahun 2018, Jurnal Penelitian Hasil Hutan terbit dengan frekuensi tiga kali dalam setahun (Maret, Juli dan November).

Jurnal ini diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebelumnya dikenal sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Nama penerbit telah berubah karena penggabungan dari Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup, menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia (Perpres No. 16/2015). Sehingga, Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan diubah menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Logo penerbit juga mengalami perubahan menyesuaikan Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Jurnal ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1984 sebagai 'Jurnal Penelitian Hasil Hutan' dengan ISSN 0216-4329. Pada tahun 1996, nama jurnal diubah menjadi 'Buletin Penelitian Hasil Hutan' dengan ISSN 0852-1638. Pada tahun 2004, jurnal diubah menjadi 'Jurnal Penelitian Hasil Hutan' dengan ISSN 0216-4329.

 

Kebijakan Akses Terbuka

JPHH adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada JPHH di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan dapat diakses di website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, men-download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link teks lengkap ke JPHH. 


Gambar Beranda Jurnal

Informasi

 

Kontribusi Penulis

 

Terhitung mulai Vol. 37 No. 1, Maret 2019, Jurnal Penelitian Hasil Hutan mencantumkan Kontribusi Penulis. Kontribusi penulis dapat disajikan dengan menggunakan format sebagaimana contoh  berikut:

Ide, desain dan rancangan percobaan dilakukan oleh XX, YY, XZ, dan RR. Pengambilan data dilakukan oleh XX, XZ, dan RR. Analisis data dilakukan oleh XX dan YY dan penulisan manuskrip dilakukan oleh XX, YY, dan XZ. Perbaikan dan finalisasi manuskrip dilakukan oleh XX dan YY.

Unduh form kotribusi penulis di sini.

 
Dikirimkan: 2020-05-05
 
Lebih banyak informasi...

Vol 38, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Hasil Hutan

##issue.fullIssue##

##issue.viewIssueDescription## PDF

Daftar Isi

Article

Dede Hermawan, Jajang Sutiawan, Nofrisman Jaya Putra Zendrato, Robi’atul Utami Aini, Ismail Budiman, Kurnia Wiji Prasetyo
PDF
1-10
Haryono Haryono, Yati B Yuliyati, Atiek Rostika Noviyanti, Mochammad Rizal, Sarifah Nurjanah
PDF
11-24
Mohammad Listianto Raharjo, Desi Mustika Amaliyah, Ratri Yuli Lestari, Budi Tri Cahyana
PDF
25-32
Sihati Suprapti, Abdurahman Abdurahman, Djarwanto Djarwanto
PDF
33-46
Wa Ode Muliastuty Arsyad, Deazy Rachmi Trisatya
PDF
47-54
Lisna Efiyanti, Suci Aprianty Wati, Dadang Setiawan, Saepuloh Saepuloh, Gustan Pari
PDF
55-68