PEMANFAATAN KULIT KAYU MANGIUM DARI LIMBAH INDUSTRI PULP UNTUK MEDIA PRODUKSI Ganoderma lucidum

Sihati Suprapti, Djarwanto Djarwanto, Ridwan Ahmad Pasaribu

Abstract


Media pertumbuhan Canoderma luciduvl dibuat dari serbuk kulit kayu mangium dengan perlakuan diekstrak dan tidak diekstrak taninnya, serbuk gergaji kayu sengon, dan campuran keduanya ditambah dengan dedak 10%, menir jagung S'Y.>, kapur 2%, gips O,S% dan air bersih secukupnya. Media yang telah steril diinokulasi bibit jamur dalam media serbuk gergaji kayu mangium dan atau sengon. Efisiensi konversi biologi (EB) dihitung berdasarkan bobor jamur dibagi bobot media kering dan dinyatakan dalam persen. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata pertumbuhan miselium pada media kultivasi hampir sama yaitu 99,8'% (bibit dari kayu mangium) dan 99,7% (bibit dari kayu sengon). Laju pertumbuhan miseliurn pada media kulit kayu yang diekstrak taninnya cenderung lebih cepat (3,85% per hari) dibandingkan dengan laju pertumbuhannya pada media kulit kayu yang tidak diekstrak taninnya (2,94-3,03% per hari). Pemanenan jamur dilakukan apabila tubuh buah telah masak petik yaitu pada umur 62 hari (HHB-322 dan HHB-328) dan pada umur 64 hari untuk HHB-333. Bobot jamur dan nilai EB tertinggi dijumpai pada media F (media yang menggunakan air hangat dan serbuk kayu sengon) yang diinokulasi G. lucidum HHB-328, yaitu 78,72 gram dengan nilai EB 16,79%. Sedangkan bobot dan nilai EB terendah dijumpai pada media kulit kayu mangium yang diekstrak taninnya (mediaD).

Keywords


Kulit mangium; media; jamur; pertumbuhan; efisiensi konversi biologi

References


Chang, S.T. 1993. Mushroom biology: The impact on the mushroom production and mushroom products. In Bushwell, J.A. and S.W Chiu (Eds.) Mushroom Biology and Mushroom Products. pp.: 3-20. The Chinese University Press. Hong Kong.

Hattori, M. 1997. Inhibitory effect of component from Ganoderma lucidum on the growth of human immunodeficiency virus (HIV) and the protease activity. Kenson Electronic Publishing. Japan.

Liu, G-T. 1993. Pharmacology and clinical uses of Ganoderma. In Chang, S.T.,J.A. Buswel and S.W Chiu (Eds.). Mushroom Biology and Mushroom Products. pp.: 267-273. The Chinese University Press. Hong Kong.

Mizuno, T. 1999. Artificial cultivation of Ganoderma lucidum. Network Global Publishing. Japan.

Muladi, S., R. Amirta, E.T. Arung and Z. Arifin. 2001. Chemical component analysis of wood bark compost on waste of medium density fiberboard industry. Proceedings of seminar "Environment Conservation through Efficiency Utilization of Forest Biomass. Him.: 124-137. DEBUT Press.Jogjakarta.

Suprapti, S. 1992. Pemanfaatan kompos kulit kayu untuk media jamur yang dapat dimakan. Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia. 31 Juli-1 Agustus 1992. Bandung.

Suprapti, S. dan Djarwanto. 2004. Teknlogi budidaya dan optimaliasi pemanenan jamur tiram dengan media serbuk gergaji pada skala kecil. Laporan Hasil Penelitian Tahun 2003. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan. Bogor.

Suprapti, S., D. M. Sadikin, dan Djarwanto. 2006. Uji coba teknologi isolasi, pembibitan, ,pemeliharaan jamur berkhasiat obat pada media serbuk kulit kayu acacia mangium. Laporan Hasil Penelitian Tahun 2005. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.

Wahyudi. 2001. Forest biomass an unutilize potency. Proceedings of seminar "Environment Conservation through Efficiency Utilization of Forest Biomass. Him.: 180-184. DEBUT Press.Jogjakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2008.26.3.263-276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.