KARAKTERISTIK DAN SIFAT FISIKO-KIMIA BERBAGAI KUALITAS KEMENYAN DI SUMATERA UTARA

Totok K Waluyo, Poedji Hastoeti, T Prihatiningsih

Abstract


Sumatera Utara merupakan sentra produksi kemenyan di Indonesia. Kemenyan di pasaran dikelompokkan menjadi 6 kualitas berdasarkan kriteria uji ukuran (besar kecilnya) lempengan/ bongkahan dan warna kemenyan, yaitu kualitas I s/d VI.

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan sifat fisiko-kimia kemenyan berbagai kualitas yang ada di pasaran, sehingga diharapkan nantinya pengelompokkan kualitas kemenyan dapat dipertimbangkan secara kuantitatif berdasarkan unsur-unsur sifat fisiko-kimianya. Sifat fisiko-kimia kemenyan yang diuji adalah warna, bentuk, ukuran, kadar air, kadar kotoran, kadar abu, titik lunak dan kadar asam balsamat.

Hasil analisa menunjukkan bahwa kadar air dan kadar abu relatif sama antara kemenyan kualitas I, II, III, IV dan V. Kadar kotoran dan titik lunak kemenyan kualitas I, II, III dan IV adalah relatif sama, sedangkan kadar asam balsamat kemenyan kualitas I, II dan III relatif sama. Dengan demikian disarankan pembagian kualitas kemenyan menjadi 4 kelas kualitas yaitu kualitas I berasal dari kemenyan kualitas I s/d III, kualitas II berasal dari kemenyan kualitas IV, kualitas III berasal dari kemenyan kualitas V dan kualitas IV berasal dari kemenyan kualitas VI.

 


Keywords


Kualitas; kemenyan; sifat fisik-kimia; asam balsamat

References


Anonim. 1972. Farmakope Indonesia. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

-------. 1987. Kemenyan. Standar Industri Indonesia. Departemen Perindustrian Republik Indonesia.

-------. 2001. Kadin Tapanuli Utara Jajaki Pemasaran Kemenyan di P. Jawa. Harian Sinar Indonesia Baru. Medan. No. 8884.

Edison, D.T.; M. Putra dan Alhamra. 1983. Pengembangan Kemenyan. Departemen Perindustrian. Balai Penelitian dan Pengembangan Industri. Medan.

Fessenden, R.J. dan J.S. Fessenden. 1986. Kimia Organik. Jilid I. Edisi III. Erlangga. Jakarta.

Heyne. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia Jilid III. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Jakarta

Mattjik, A. A. dan I. M. Sumertajaya. 2002. Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan MINITAB. Jilid I. IPB PRESS. Bogor.

Sasmuko, S.A. 1999. Karakteristik Kemenyan Sumatera Utara dan Laos. Prosiding Ekspose Hasil Penelitian Balai Penelitian Kehutanan Pematang Siantar, tanggal 30 Maret 1999 di Medan. Hlm. 57-67. Balai Penelitian Kehutanan, Pematang Siantar.

Sasmuko dan Jayusman. 2000. Resume Hasil-hasil Penelitian Kemenyan. Balai Penelitian Kehutanan Pematang Siantar. Aek Nauli.

Sastrohamidjojo, H. 2001. Dasar-dasar Spektroskopi. Edisi II. Liberty. Yogyakarta. Winarno, F.G. 1987. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2006.24.1.47-61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.