KAJIAN HUBUNGAN ANTARA TINGGI BAGIAN KAPAL YANG MASUK DALAM AIR DAN BESARNYA VOLUME MUATAN KAYU BUNDAR

Wesman Endom

Abstract


Dolok yang diantar pulaukan dapat diangkut menggunakan perahu/kapal laut, ponton dan rakit. Belakangan ini penyelundupan kayu menggunakan perahu/kapal laut cenderung meningkat, sehingga untuk segera memperoleh informasi besarnya volume kayu yang akan diselundupkan, diperlukan teknik khusus. Studi ini dilakukan dalam upaya mencoba mengantisipasi para petugas lapangan untuk menangani permasalahan tersebut.

 

Kajian dilakukan dengan cara mengamati tinggi badan kapal setelah diisi muatan yang masuk dalam air yang dalam istilah perkapalan disebut Immersion. Selanjutnya dilakukan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan antara tinggi badan kapal yang masuk dalam air dengan besamya muatan. Berat muatan diperoleh dari volume dan untuk mendekati volume aktualnya, maka dugaan volume tersebut dikalikan dengan faktor koreksi. Untuk mengetahui gambaran penambahan badan kapal yang masuk ke dalam air setelah diisi muatan, dapat dibaca pada skala ukur yang terdapat di badan kapal sebelah luar.

Hasil studi memperlihatkan terdapat hubungan erat antara tinggi bagian badan kapal yang masuk dalam air (m) dengan berat muatan (ton). Persamaan hubungan tinggi badan kapal yang masuk dalam air dengan berat muatan diperoleh Y = 1. 0456 + 0, 00051 X;di mana Y = tinggi badan kapal setelah muatan yang masuk dalam air (m) dan X = berat muatan kapal yang masuk dalam air (ton).Dalam penggunaannya di lapangan, hasil analisis memperlihatkan bahwa untuk mendekati nilai volume sebenamya. Setelah berat muatan (ton) dikembalikan ke dalam volume (m3) kemudian perlu dikoreksi dengan angka koreksi sebesar I,0021.


Keywords


Pengawasan pengapalan kayu bulat; berat jenis; prediksi muatan kapal

References


Anonim. 1992. Manual Kehutanan Departemen Kehutanan Republik Indonesia . Jakarta. Cochran, W.G. 1972. Sampling Techniques. John Willey & Sons.Inc. New York-Tokyo.

Tenth Printing.

Derret, D.R 1972. Ship Stability for Masters and Mates. The Marritime Press Limited 13

Long Acre London. W. C.2.

Dwi Santoso, Ramo dan M. H. Kusnadi. 1982. Analisis Regresi. Andi Offset,

yogyakarta.

Singarimbun. M dan S. Effendi. 1989. Metode Penelitian Survai. LP3ES, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.1998.16.3.131-139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.