DERAJAT PUTIH DAN KETEGUHAN TARIK BAMBU (Gigantochloa apus) SETELAH MENGALAMI PROSES PEMUTIHAN

Zulnely Zulnely, Erik Dahlian

Abstract


Bambu tali (Gigantochloa apus) mempunyai serat yang ulet da ruas yang panjang,  sehingga bambu ini banyak digunakan sebagai bahan kerajinan anyaman. Untuk meningkatkan kualitas bahan kerajinan anyaman salah satunya dengan cara meningkatkan kecerahan warna bambu melalui pemutihan.

Dalam percobaan ini dilakukan pemutihan dua buah bambu yang berbeda umur panennya. dengan tiap bambu dibedakan bagian ujung. tengah dau pangkal. Untuk pemutihan bambu digunakan larutan hidrogen peroksida (H2O) dan data yang diperoleh diolah dengan petak terbagi berpola faktorial. Faktornya adalah umur dalam taraf 6 bulan dan 1 tahun serta bagian tanaman dalam dalam taraf ujung, tengah, dan pangkal.

Dari percobaan diperoleh nilai derajat putih yang tinggi pada bambu umur panen 6 bulan dan kekuatan tarik yang tinggi pada bambu umur panen 1 tahun. Hasil pemutihan bagian bambu umur panen 6 bulan adalah untuk bagian ujung dan tengah.  bambu mempunyai nilai derajat putih yang tinggi sedangkan bagian pangkal mempunyai kekuatan tarik yang tingg. Dari pemutihan bagian bambu umur panen  1 tahun diperoleh nilai derajat putih yang tinggi pada bagian ujung dan pangkal, sedangkan untuk kekuatan tariknya tidak terdapat perbedaan.


Keywords


Bambu; pemutihan; kekuatan tarik; derajat putih; dan hidrogen peroksida

References


Anonim, 1993. Proses Pemutihan Rotan, Bambu, Pandan daun lontar. Balai Kerajinan Dinas Perindustrian DKL Jakarta.

Fengel, D. dan Gerd Wegner. 1981. Wood Chemistry Ultra Structure Reaction. Walter de Gruyter. New York.

Rivai, M.A, Mogla, J.P. Widjaya, E.A. 1983. Reinwardtia. Herbarium Bogorinse. Puslitbang Biologi-LIPI, Bogar.

Snedecor, G.W. 1962. Statistical Method. Ed. 5. Iowa State Univ. Press, Ames Iowa.

Sofianti. E. I 991 Kajian Pemutihan Rotan Batang (Calamus ornatus Bl.) dengan Berbagai Konsentrasi bahan Kimia dan Cara Penggunaannya. Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Sulthoni, A. 1988. Suatu Kajian Tentang Pengawetan Bambu Secara Tradisional Untuk Mencegah Serangan Bubuk. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Wiyono, B. 1991. Laporan Proyek Penelitian Teknik Pengolahan Resin Bambu dan Dekstrin. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hulan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2000.17.3.134-139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.