PEMURNIAN BEBERAPA JENIS LEMAK TENGKAWANG DAN SIFAT FISIKO KIMIA

Raden Esa Pangersa Gusti, Zulnely Zulnely

Sari


Buah tengkawang merupakan salah satu komoditi ekspor Indonesia dari kelompok hasil hutan bukan kayu. Buah tengkawang dapat diolah menjadi lemak tengkawang yang bernilai ekonomis tinggi dan berfungsi sebagai cocoa butter substitutes (CBS) melalui proses ekstraksi. Lemak tengkawang dalam penggunaannya tidak bisa langsung digunakan, melainkan perlu dilakukan proses pemurnian terlebih dahulu. Dalam penelitian ini dilakukan pemurnian lemak melalui proses degumming dan netralisasi. Proses degumming dilakukan dengan penambahan asam (sitrat, asetat dan fosfat) sebesar 0,4% (b/b) dengan kekuatan asam 20% pada lemak yang telah dipanaskan. Netralisasi lemak menggunakan larutan NaOH. Hasil penelitian menunjukkan degumming menggunakan asam fosfat menghasilkan mutu lemak yang lebih baik dibandingkan dengan asam sitrat dan asam asetat. Kualitas lemak tengkawang hasil netralisasi secara fisiko kimia tidak jauh berbeda dengan lemak tengkawang komersial. Analisis asam lemak menggunakan GC menunjukkan bahwa lemak tengkawang mengandung asam jenuh dan asam tidak jenuh yang beragam. Dari semua lemak tengkawang yang diteliti, asam oleat merupakan kandungan yang paling dominan.

Kata Kunci


Pemurnian; lemak tengkawang; sifat fisiko kimia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bernardini, E. (1983). Vegetable oils and fats processing Rome: Vol. 2 Interstamps.

Dijkstra, A. J. & Martin van Opstal. (1990). The Total Degumming. Di dalam : Erikson, D. R (Ed). “ Edible Fats and Oil Processing : Basic Principles and Modern Practices”. World Conference Proceeding. Illinois: AOCS Champaign, pp176-177.

Djatmiko, B & S. Ketaren. (1985). Pemurnian Minyak. Bogor: Agroindustri Press. Ketaren, S. (1986). Pengantar teknologi minyak dan lemak pangan. Jakarta: UI-Press.

Segers, J.C. & R. L. K. M. van de Sande. (1990). Degumming theory and practice. Di dalam : Erikson, D. R (Ed). “ Edible Fats and Oil Processing : Basic Principles and Modern Practices”. World Conference Proceeding. Illinois : AOCS Champaign, pp 88-93.

Sonntag, N. O. V. (1979). Composition and characteristics of individual fat and oils. Di dalam Swern, D. 1979. Bailey's Industrial Oil and Fats Products. Vol. I. 4 Ed. pp. 323-328. New York: John Wiley and Son.

Sumadiwangsa, S. (1977). Biji tengkawang sebagai bahan baku lemak nabati. Laporan No. 91. Bogor: Lembaga Penelitian Hasil Hutan




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2015.33.1.61-68

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN TERINDEKS DI:

Lebih banyak...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.