SIFAT FISIK KAYU MANGLID (Manglieta glauca) Bl.) PADA ARAH AKSIAL DAN RADIAL

M Siarudin, Ary Widiyanto

Abstract


Penelitian mengenai karakteristik sifat fisik kayu manglid (Manglieta glauca Bl.) dan variasinya pada arah aksial dan radial batang telah dilakukan. Sampel kayu manglid dari hutan rakyat desa Sodonghilir, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat diambil sejumlah 3 pohon, masing-masing diambil sampel 3 titik pada arah aksial dan radial batang. Parameter-parameter sifat fisika kayu yang diukur adalah kerapatan kayu, kadar air segar, kadar air kering udara, dan perubahan dimensi kayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kayu manglid memiliki kadar air segar rata-rata 168,77%, kadar air kering udara 14,63%, berat jenis pada volume segar 0,35, berat jenis pada volume kering udara 0,36 dan berat jenis pada volume kering tanur 0,38. Berdasarkan sifat perubahan dimensinya, kayu manglid memiliki nilai penyusutan pada arah longitudinal 1,51%, penyusutan arah radial 4,08%, penyusutan arah tangensial 5,84%, serta rasio penyusutan tangensial dan radial 1,54. Sifat fisik kayu manglid pada arah aksial dan radial bervariasi untuk kadar air segar dan berat jenis, sedangkan kadar air kering udara, dan perubahan dimensinya relatif seragam. Kadar air segar kayu manglid pada arah aksial memiliki pola sebaran meningkat dari arah pangkal ke tengah batang, kemudian menurun pada bagian ujung. Sementara pada arah radial, pola sebaran kadar air segarnya adalah menurun secara konsisten dari arah dekat empulur ke arah sisi. Berat jenis kayu manglid pada arah aksial memiliki pola sebaran menurun dari bagian pangkal ke tengah batang, kemudian meningkat pada bagian ujung. Pola sebaran berat jenis pada arah radial meningkat secara konsisten dari bagian dekat empulur ke arah kulit kayu.

Keywords


Aksial, berat jenis, kadar air, radial, sifat fisik.

References


Balai Penelitian Kehutanan Ciamis. Ciamis, 2007. Manglid (Manglieta glauca Bl.). Lembar Informasi Teknis Jenis-Jenis Pohon untuk

Hutan Rakyat. Balai Penelitian Kehutanan Ciamis.

British Standar Institution, 1957. British Standard Methods of Testing Small Clear Specimens of Timber. British Standar Institution. Decorporated by Royal Charter. British Standard House, London.No. 373.

Djam'an,D.F., 2006. Mengenal Manglid (Manglieta glauca Bl.), Manfaatnya dan Permasalahan. Majalah Kehutanan Indonesia Edisi VI.

Jakarta.

Haygreen, J.G. dan J.L Bowyer, 1996. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu. Terjemahan Sutjipto A.H. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.

Panshin, A.J. dan C. De Zeew, 1980. Textbook of Wood Technology. Volume I. 3rd ed. McGraw-Hill.NewYork. 643pp.

Rimpala 2001. Penyebaran Pohon Manglid (Manglietia glaucaBl.) Di Kawasan Hutan Lindung Gunung Salak. Laporan Ekspedisi Manglid.www.rimpala.com. Bogor.

Seng, O.D., 1990. Spesific Gravity of Indonesian Woods and Its Significance for Practical Use. Diterjemahkan oleh Suwarsono P.H. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Departemen Kehutanan Indonesia. Bogor. Indonesia

Sosef, M.S.M, L.T. Hong and S. Prawirohatmodjo, 1998. Plant Resources of South-East Asia (5): (3) Timber trees: Lesser Known Timbers (ed.). Prosea Foundation. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2012.30.2.135-143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.