MODEL PERSAMAAN ALLOMETRI BIOMASA TOTAL UNTUK ESTIMASI AKUMULASI KARBON PADA TANAMAN Paraserianthes falcataria (L) Nielsen

Harris Herman Siringoringo, Chairil Anwar Siregar

Sari


Pertumbuhan pohon yang ditopang oleh proses fotosintesis dapat mengurangi konsentrasi karbondioksida di atmosfir. Oleh karena itu, pendugaan fiksasi  karbon pada tanaman pohon yang dihubungkan dengan isu pemanasan global menjadi penting sebagai bagian dari upaya untuk mengetahui simpanan karbon dalam biomasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang dugaan peningkatan simpanan karbon pada biomasa hutan tanaman rakyat jenis Paraserinthes falcataria (L) Nielsen yang disajikan dalam model  matematik. Penelitian dilaksanakan pada tipe tanah Latosol Coklat Kemerahan (Ferralsols/Oxisols) dengan kondisi iklim tipe B (curah hujan tahunan 2.929 mm) di desa Buniwangi, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Biomasa total Paraserinthes falcataria (L) Nielsen dan vegetasi baseline-nya diduga  dengan menggunakan keeratan hubungan allometri antara DBH dan biomasa total dan atau (DBH)2H dan biomasa total. Sedangkan biomasa tumbuhan bawah pada tegakan Paraserinthes falcataria (L) Nielsen dan baseline diduga dengan  menggunakan keeratan hubungan allometri antara persen penutupan tajuk dikalikan dengan tinggi maksimum tumbuhan bawah (UC x UH-max) dan biomasa  tumbuhan bawah di atas tanah. Peningkatan karbon terfiksasi dihitung berdasarkan perbedaan produksi  karbon biomasa antara tegakan hutan tanaman Paraserinthes falcataria (L) Nielsen dan vegetasi baseline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan allometri yang dibangun untuk menduga  biomasa total tegakan Paraserinthes falcataria (L) Nielsen adalah 0, 1479 (DBH)2'2989, (R2 =  0,9445) berdasarkan persamaan DBH-biomasa total; dan 0,0986 (DBH)2H08144, (R2 =  0,9458) berdasarkan persamaan (DBH)2H-biomasa total. Simpanan karbon dalam biomasa tegakan Paraserinthes falcataria (L) Nielsen   hampir 3 kali lebih besar daripada biomasa pada vegetasi baseline-nya,  yaitu sebesar 28,9 ton karbon/ha (persamaan DBH-biomasa) dan 28,05 ton karbon/ha (persamaan (DBH)2H-biomasa, dan simpanan karbon pada vegetasi baseline-nya   sebesar l 0,96 ton C/ha (persamaan DBH-biomasa) dan 9,05 ton C/ha (persamaan (DBH)2H-biomasa). Sedangkan selisih produksi karbon dalam biomasa tumbuhan bawah tegakan Paraserinthes falcataria (L) Nielsen dan tumbuhan  bawah vegetasi baseline terbukti sangat kecil dan tidak berbeda nyata, yakni masing-masing sebesar 2,06 ton C/ha dan 1,9 ton C/ha, secara berurutan.  Hasil  penelitian ini menjelaskan bahwa peningkatan karbon terfiksasi oleh tegakan Paraserinthes falcataria (L) Nielsen adalah sebesar 18-19 ton C/ha atau setara dengan  66-70 ton C02/ha, dengan kerapatan tegakan sebesar 1.300 pohon/ha.

 


Kata Kunci


Persamaan allometri; biomasa total; simpanan karbon; peningkatan karbon terfiksasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chijicke, E.O. and A. Meyer.1980. Impact on soils of fast growing species in lowland humid tropics. Food and Agriculture Organizationof the United Nations. Rome : pp.111.

Murdiyarso, D. 2003. Sepuluh tahun perjalanan konvensi perubahan iklim. Penerbit Buku Kompas, Jakarta : p. 11-14.

Post, W.M., R.C. Izaurralde, J.D. Jastrow, B.A. McCarl, J.E. Amonette, V.L. Bailey, P.M.Jardine, T.0. West, J. Zhou. 2006. Enhancement of carbon .sequestration .in U.S. Soils. Diakses dari www. agecon2.tamu. edu/people/ faculty/mccarl-bruce/papers/ 1049. pdf. tgl 15/6/2006 : pp.23.

Schmidt, F.H. and J.H.A Ferguson. 1951. Rainfall types based on wet and dry periodratio for Indonesia with Western New Guinea. Verh. No. 42, Jawatan Meteorologi Geofisika. Jakarta.

UNEP.1995. IPCC working groups I-III 1995:Summary for policy makers. Intergovernmental Panel on Climate Change, WMO, 'UNEP.

US EPA. 2006. Carbon sequestration in agriculture and forestry : Frequent questions. U.S. Environmental .Protection Agency. Diakses dari www. epa.gov/sequestration/faq, html. tgl 13/06/2006 : pp.6




DOI: https://doi.org/10.20886/jphka.2006.3.5.541-553

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

JURNAL PENELITIAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA)

eISSN : 2540-9689, pISSN : 0216-0439 

JPHKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.