KERAGAMAN JENIS ANGGREK EPIFIT DI BLOK IRENG-IRENG TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU

Nanang Herdiana

Sari


Anggrek merupakan salah satu jenis flora penting yang tumbuh di kawasan Taman Nasional (TN) Bromo Tengger Semeru, khususnya Blok lreng-Ireng. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi tentang potensi anggrek epifit dalam upaya pelestariannya di TN Bromo Tengger Semeru. Metode yang dilakuan dengan cara mengamati   semua  anggrek epifit pada petak-petak contoh yang ditempatkan berdasarkan sistem jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 17 genus dan 40  spesies anggrek epifit dengan jenis yang paling dominan adalah jenis Caelogyne speciosa Blume Lindi., Caelogyne speciosa var nn Blume Lindi.,  dan Pholidota ventricosa Blume Lindi. Jenis yang termasuk ke dalam anggrek endemik Jawa Timur yaitu Bulbophyllum mirun J.J. Sm,   Caelogyneflexuosa Rolfe, Dendrobiumjacobsonii Blume, Eria verruculosa J.J.  Sm., Microsaccus alfinis J.J. Sm, Pholidota canelostalix Rchb.f, clan  Schoenorchis juncifoilia. Jenis anggrek yang langka, yaitu Maleolla  baliensis  J.J. Sm dan Trixpermum malayanum J.J. Sm. Sedangkan jenis yang  masuk kategori genting adalah jenis Agrostophyllum laxum J.J. Sm. dan Eria verrucullosa 1.J. Sm.


Kata Kunci


Anggrek epifit; inventarisasi; plasma nutfah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Comber, J.B. 1990. Orchid of Java. Bentham-Moxton Trust, Royal Botanic Garden Kew, Richmond, Surrae, England.

Harjono, Bambang Rudiyanto, ChairulAksan, Teguh, dan Eko Herawanto. 1994. Laporan inventarisasi anggrek di Semeru Selatan. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam. Departemen Kehutanan. Malang.

IUCN. 2000. Red list of threatened species. www.iucnredlist.org.

LIPI. 2002. Laporan eksplorasi flora nusantara : Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur. LIPI, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Bogor.

Lugrayasa, I.N., LG. Tirta, I.B.K. Arinasa, dan D. Mudiana. 2001. Inventarisasi anggrek epifit yang tumbuh pada tanaman reboisasi di Kebun Raya Eka Karya Bali. Prosiding Seminar Anggrek Nasional East Java Orchid Show. PAI-LPFP Unibraw. Prigen.

Whitten, T., RE. Soeriaatmadja, dan S.A. Afiff. 1999. Seri Ekologi Indonesia. Jilid II : Ekologi Jawa dan Bali. Prenhallindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphka.2006.3.5.575-583

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

JURNAL PENELITIAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA)

eISSN : 2540-9689, pISSN : 0216-0439 

JPHKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.