UJI APLIKASI BEBERAPA BIOINSEKTISIDA DAN KOMBINASINYA TERHADAP SERANGAN HAMA ULAT KANTONG Pagodiella sp. PADA BIBIT Rhizophora apiculata DI PERSEMAIAN

Asmaliyah Asmaliyah, Illa Anggraeni

Sari


Penelitian efikasi beberapa bioinsektisida dan kombinasinya terhadap serangan hama ulat kantong Pagodiella sp. pada bibit mangrove dilakukan di persemaian Kebun Percobaan Kemampo, Sumatera Selatan dari bulan Desember 2001 sampai Maret 2002. Penelitian ini menggunakan rancangan tersarang (nested design) dalam pola acak lengkap dengan tiga ulangan. Perlakuan terdiri dari tiga tingkat interval penyemprotan tersarang dengan sebelas cara aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi insektisida mikroba B. thuringiensis var. kurstaki serotype 3a/3b dan B.t. var. kurstaki strain EG 2371 efektif dalam menekan serangan ulat kantong baik secara individual (pertambahan tingkat kerusakan masing-masing sebesar 8,98% dan 14,38%) maupun kombinasi (pertambahan tingkat kerusakan 11,36%). Aplikasi kombinasi insektisida mikroba B. t. var. kurstaki strain 3a/3b dengan ekstrak tanaman mimba juga efektif menekan serangan ulat kantong Pagodiella sp. (pertambahan tingkat kerusakan 14,92%). Kombinasi atau pencampuran kedua insektisida tersebut tidak menghasilkan efek sinergisme, sedangkan kombinasi antara insektisida botani mimba dan sirsak selain efektif menekan serangan ulat kantong Pagodiella sp., juga menghasilkan efek sinergisme.

Kata Kunci


Bioinsektisida; insektisida mikroba; insektisida nabati; individual; kombinasi; ulat kantong Pagodiella sp.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djojosumarto., P. 2000. Teknik Aplikasi Pestisida Pertanian. Penerbit Kanisius, Cetakan I.

Djunaedah, S. 1994. Pengaruh perubahan lingkungan biofisik dari hutan alam ke hutan tanaman terhadap kelimpahan keragaman famili serangga dan derajat kerusakan hama pada tegakan jenis Eucalyptus urophylla, E. deglupta dan E. pellita. Program Pasca Sarjana, IPB. Tidak dipublikasikan.

Hardi, T.W dan H.H. Siringoringo. 2000. Identifikasi mangrove dan pengendalian dengan bakteri. Bul.Pen.Hut. No.621: 55 - 64. Puslitbang Hutan dan Konservasi Alam, Bogor.

Intari, S.E. 1982. Percobaan penggunaan dimecron terhadap ulat kantong Acanthopsyce sp. pada tanaman Bruguiera spp. Di Tritih, Cilacap. Prosiding Seminar II Ekosistem Mangrove, Batu Raden, Purwokerto.

Gothama, A.A.A dan Subiyakto. 1999. Upaya peningkatan efisiensi pengendalian hama dengan insektisida hayati dan nabati pada tembakau deli. Makalah dalam Lokakarya Model Peremajaan Karet Rakyat secara Swadaya dan Ekspose Teknologi Hasil Penelitian Perkebunan di Palembang 26 - 28 Oktober 1999. 18 hal.

Kalshoven, L.G.E. 1981. Pests of Crops in Indonesia. PT. Ichtiar Baru - Van Hoeve, Jakarta.

Oka, I.N. 1995. Pengendalian Hama Terpadu dan Implementasinya di Indonesia. Gadjah Mada University Press.

Smitley, D.R dan Davis, T.W. 1993. Aerial Application Bacillus thuringiensis for suppression of Gypsy moth (Lepidoptera; Lymantridae) pada Populus, Quercus forest. Forest Entomology.

Suharti, M; I. R. Sitepu S. : W. Darwiati dan I. Anggraeni. 2000. Uji efikasi beberapa agens pengendali biologi, nabati dan kimia terhadap hama ulat kantong. Buletin Penelitian Hutan No. 624: 11-28. Puslitbang Hutan dan Konservasi Alam, Bogor.

Yulianto; L.H. Taslim dan Rosdah, T. 1997. Uji kombinasi pemberian insektisida mikroba dan insektisida permetrin terhadap mortalitas ulat grayak, Spodoptera litura Fabricus (Lepidoptera, Noctuidae) pada pertanaman kedelai. Prosiding Seminar Pengelolaan Serangga secara Berkelanjutan di Palembang 12 Juni 1997. UNSRI, hal 113 - 128.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2009.6.1.37-43

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.