PEMANFAATAN LIMBAH PADAT INDUSTRI PULP DAN KERTAS SEBAGAI PUPUK ORGANIK PADA PERTUMBUHAN ANAKAN Shorea mesisopterik Growth

Sri Komarayati, Erdy Santoso

Abstract


Tulisan ini menyajikan basil penelitian penggunaan tiga jenis pupuk organik terhaclap media tumbuh anakan Shorea mesisopterik selama tiga bulan di Rumah Kaea. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan pupuk organik, pupuk organik plus arang dan tablet pupuk organik mikoriza terhaclap respon pertumbuhan anakan Shorea mesisopterik. Basil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pupuk organik plus arang dan tablet pupuk organik mikoriza dapat meningkatkan bobot kering daun sebesar 66,3% dan bobot kering akar sebesar 58,9%. Penggunaan pupuk organik, pupuk organik plus arang dan tablet pupuk organik mikoriza tidak dapat memberikan perbedaan nyata pada pertumbuhan tinggi dan diameter anakan S horeamesisopterik. Diperlukan waktu penelitian yang lebih lama untuk mengetahui pengaruh penambahan pupuk organik terhaclap pertumbuhan tinggi dan diameter anakan S borea mesisopterik.

Keywords


Pupuk organic; mikoriza; anakan; arang; pertumbuhan

References


Hes ti, L.T. dan D. Prameswari. 2003. Pengaruh inokulasi tablet spora ektornikoriza Scferoderma columnare terhadap pertumbuhan Shorea seminis dan efektivitasnya pada berbagai dosis arang. Prosiding Pada Seminar Mikoriza. Teknologi Produksi dan Pemanfaatan Inokulan Endo-Ektornikoriza Untuk Pertanian, Perkebunanan dan Kehutanan. Halaman 163 - 170. Bandung, 16 September.

Komarayati, S. 2004. Penggunaan arang kompos pada media tumbuh anakan mahoni. Jurnal Penelitian Hasil Hutan 22 (4) : 193-203. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.

Gusmailina dan E. Santoso. 2005. Teknologi produksi skala kecil pupuk organik rnikoriza (POM) dari sludge industry kertas untuk tanaman HTI. Laporan Hasil Penelitian. Sumber Dana DIPA, tahun 2005. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor. Tidak diterbitkan.

Ogawa, M. 1989. Mycorhizza and their utilization in forestry. Report on Short termed Research Cooperation. The Tropical Rain Forest Research Project JTA (137). JICA. Japan.

Santoso, E. 1997. Hubungan Perkembangan Ektomikoriza dengan Populasi Jasad Renik dalam Rizosfer dan Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Euca!Jptus pellita dan Euca!Jptus uropi?Jlla. Desertasi Doktor. Program Pasca Sarjana IPB. Bogor.

Steel, R.G.D., dan Torrie, J.H. 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika (Terjemahan) PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suhaendi, H. 1986. Pengaruh pupuk NPK dan media campuran tanah podsolik merah kuning dan bahan organic terhadap pertumbuhan anakan Pinus merkusiiJungh. et de Vriese pada berbagai ukuran kantong plastik. Buletin Penelitian Hutan No. 481. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2009.27.1.68-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.