PEMBUATAN PULP UNTUK KERTAS DAN PAPAN SERAT DARI KAYU JARAK PAGAR

R Sudradjat, Y Widyawati, Dadang Setiawan

Sari


Tanaman jarak pagar memiliki prospek untuk dikembangkan sebagai tanarnan konservasi tanah dan air, disamping juga tanaman tersebut memiliki berbagai manfaat. Aneka pemanfaatan tanaman tersebut  antara lain: minyak dari biji sebagai bahan baku pernbuatan  biodiesel, selain itu limbah tanaman dan limbah proses dapat dibuat berbagai produk yang bernilai ekonomis seperti gliserin, makanan  ternak, arang aktif, pulp  kertas, papan  serat dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah menyediakan informasi dan teknologi tepat guna pembuatan pulp kertas dan papan serat dari kayu tanaman jarak pagar yang sudah tidak produktif  serta pemanfaaran kayu tanaman tersebut dari hasil pangkasan.

Hasil penelitian pembuatan pulp kertas menunjukkan kayu jarak pagar  berserat pendek, kayunya sangat ringan, dinding tipis, bilangan Runkel < 1. Sifat tersebut menunjukkan bahwa kayu jarak pagar dapat dibuat pulp kertas dengan  kualitas medium. Pengaruh NaOH dan waktu pemasakan dapat meningkatkan   nilai indeks  retak,  indeks sobek  dan indeks tarik pulp, sedangkan pengaruhnya terhadap gramatur dan opasitas tidak  nyata. Penggunaan   persentase  soda 10%  dibandingkan  dengan konsentrasi    5% dan 15%  menunjukkan hasil  yang terbaik yaitu rendahnya angka konsumsi alkali dan rendahnya bilangan permanganat, namun juga memberikan rendemen pulp terendah. Hasil penelitian papan serat menunjukkan, kayu jarak pagar juga baik untuk dibuat papan serat. Pengaruh konsentrasi NaOH dan  konsentrasi    perekat   phenol   formaldehida  dapat   meningkatkan  kerapatan,   keteguhan tarik, lentur  dan penyerapan   air.  Sedangkan kadar air,  pengembangan  volume   dan pengembangan tebal cenderung   menurun.  Pada konsentrasi  soda 15%  dibandingkan dengan konsentrasi   5% dan 10%, menunjukkan hasil terbaik.  Semua sifat fisik papan serat memenuhi standar FAQ.


Kata Kunci


Kayu jarak pagar; pulp untuk kertas dan papan serat; proses kimia soda terbuka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 1958.. Fibreboard and Particleboard. Food and Agriculture. FAQ of the United Nations. Rome. Italy.

. 1972. Standard methods for evaluating the properties of wood-based fibre and particle panel materials. American Standard for Testing Materials (ASTM) No. D-1037. Philadelphia, PA.

. 1983. Technical Association of The Pulp and Paper Industries (fAPPI)'s Test Methods. TAPPI Press, Atlanta, Georgia.

Anonim. 2003. Diversifikasi dan peningkatan efisiensi teknologi karbonisasi dan pulp kertas. Hasil-Hasil Penelitian Tahun 2000 - 2002 oleh Kelti Pengolahan Kirnia dan Energi Hasil Hutan. Seminar Hasil Penelitian Teknologi Hasil Hutan, di Hotel Pangrango II, tanggal 19 Desember 2002. Pusat Litbang Teknologi Hasil Hutan. Bogor. Halaman 2.

Casey, J.P. 1980. Pulp and Paper Chemistry and Chemical Technology, Vol. I, 3'd Interscience Publisher, Inc., New York.

Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia II. Terjemahan Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Penerbit Yayasan Sarana Wana Jaya. Jakarta. Jilid II, Cetakan ke-1 : Halaman 1180.

Houwink, R. and G. Salomon. 1965. Adhesion and Adhesives. Vol. I. Elsevler Pub.Co., Amsterdam, London, New York. 29 52 pp.

Sudjana. 1994. Disain dan Analisis Eksperimen. Edisi III. Tarsito. Bandung. Halaman 19 - 36.

Sudradjat, R. 2004. Teknologi pengolahan limbah tanaman jarak pagar. Laporan Hasil Penelitian. Sumber Dana DIK-S DR Tahun Anggaran 2004. Pusat Litbang Teknologi Hasil Hutan. Bogor. Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2007.25.3.203-224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN TERINDEKS DI:

Lebih banyak...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.