PRODUKTIVITAS DAN BIAYA PENYARADAN KAYU DENGAN TRAKTOR PERTANIAN YANG DILENGKAPI ALAT BANTU

Sukadaryati Sukadaryati, Dulsalam Dulsalam, Djaban Tinambunan

Abstract


Penelitian produktivitas dan biaya penyaradan kayu dengan traktor pertanian yang dilengkapi alat bantu dilakukan di hutan tanaman kayu mangium di KPH Bogor. Tujuannya adalah untuk mendapatkan inforrmasi teknis finansial tentang penyaradan kayu dengan traktor pertanian yang dilengkapi alat bantu. Data panjang dan diameter kayu yang disarad, waktu kerja dan biaya penyaradan dikumpulkan.

Hasil penelitian penyaradan menggunakan traktor pertanian yang dilengkapi alat bantu sederhana mampu menyarad 3 batang/rit atau 2,075 m3.hm/jam. Traktor pertanian yang dilengkapi alat bantu winch menghasilkan produktivitas penyaradan yang lebih baik, yaitu sebesar 2,328 m3.hm/jam. Biaya penyaradan dengan traktor pertanian yang dilengkapi alat bantu sederhana sedikit lebih rendah dibanding biaya penyaradan dengan traktor pertanian yang dilengkapi alat bantu winch. Disarankan bahwa alat bantu taktor pertanian perlu disempurnakan. Di samping itu penyaradan pada areal dimana penyaradan secara manual tidak mungkin dapat dilakukan, traktor pertanian yang dilengkapi alat bantu dapat dijadikan salah satu alternatif.


Keywords


Traktor pertanian; produkivitas; biaya; alat bantu sederhana; winch

References


Abeli, W.S. & R. E.L. Ole Meiludie. 1991. Future harvesting strategies in Tanzania forest. Proceedings of a Symposium on forest Harvesting in South East Asia. Forest Engineering Inc. Oregon.

Anonim. 1988. Case study on intermediate technology in forest harvesting: Agricultural tractor and forest trailer with mechanical crane. Swedish Funds-In-Trust Project: GCP/Im/343/SW. FAO. Rome.

Anonim. 1992. Cost control in forest harvesting and road contruction. FAO Forestry Paper No. 99. FAO. Rome.

Conway. 1978. Logging Practices. Principles of timber harvesting system. Miller Freeman Publication Inc. Washington.

Dipodiningrat, S. 1980. Prestasi dan biaya sarad traktor sarad (Studi kasus di HPH PT BFI, Kalimantan Timur). Proceedings Seminar Eksploitasi Hutan. Lembaga Penelitian Hasil Hutan. Bogor.

Dulsalam dan Sukadaryati. 2000. Produktivitas dan biaya penyaradan kayu dengan traktor pertanian type FORD 5660 di hutan tanaman Semaras, Pulau Laut. Buletin Penelitian Hasil Hutan 20(1): 35-54. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan, Bogor.

Dykstra, D. P. & R. Heinric. 1996. FAO Model code of forest harvesting practice Food and Agriculture Organization of The United Nations, Rome.

Gultom, B. & Handaka. 1998. Konsep pengembangan mekanisasi pertanian di Indonesia: Tinjauan dari aspek perekayasaan. Prosiding Perspektif Pemanfaatan Mekanisasi Pertanian dalam Peningkatan Daya Saing Komoditas. Pusat Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Rodriguez, E.O. 1986. Wood extraction with oxen and agricultural tractors. FAO Forestry Paper No. 49. Rome.

Wackerman, A. E. 1949. Harvesting Timber Crops. Mc Graw-Hill Book Company. New York.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2005.23.4.283-279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.