KARAKTERISTIK PENGUAPAN AIR DAN KUALITAS MINYAK PADA DAUN KAYU PUTIH JENIS Asteromyrtus symphyocarpa

Mohamad Siarudin, Ary Widiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik penguapan air daun kayu putih pada berbagai kelas pertumbuhan pohon dan kualitas minyak yang dihasilkan dari jenis Asteromyrtus symphyocarpa. Sejumlah 9 pohon yang mewakili tingkat pertumbuhan (3 pohon, 3 tiang dan 3 pancang) diambil sebagai sampel dari area Taman Nasional (TN) Wasur, Merauke. Masing-masing sampel pohon diambil 3 cabang yang mewakili cabang rimbun, sedang dan kurang rimbun. Masing-masing cabang diukur berat segarnya, dan diukur pengurangan beratnya sebagai penguapan air selama 5 hari berturut-turut. Penyulingan dilakukan di ketel dengan metode uap, dengan kapasitas ketel 12 kg daun kayu putih segar yang diulang sebanyak 5 ulangan. Penyulingan berlangsung selama 4-5 jam, dan setiap 30 menit minyak kayu putih hasil penyulingan dikumpulkan secara kumulatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat tiang memiliki berat daun segar tertinggi yaitu 163,56 g/cabang, disusul tingkat pohon dan pancang dengan berat daun segar masing-masing 160,22 g/cabang dan 142,33 g/cabang. Tingkat pohon memiliki rata-rata laju penguapan air daun tertinggi yaitu 7,89 g/hari, sementara pada tingkat pancang dan tiang berturut-turut hanya 6,47 g/hari dan 6,28 g/hari. Minyak kayu putih memiliki rendemen 0,33%, berat jenis 0,912, indeks bias 1,459, kelarutan dalam alkohol 1:1, putaran optik -2.1 dan kadar sineol 80%. Kualitas minyak kayu putih secara keseluruhan dari daun pohon Asteromyrtus symphiocarpa bisa memenuhi standar (SNI 06-3954-2006) dan termasuk kelas utama(U).

Keywords


Minyak kayu putih, Asteromyrtus symphiocarpa, , daun, penguapan air, tingkat pertumbuhan

References


Arnita, P. (2011). Pengaruh varietas dan kerapatan daun kayu putih (Melaleuca leucadendron Linn.) dalam ketel terhadap rendemen dan mutu minyak kayu putih. Skripsi. Bogor: Depar-temen Hasil Hutan Institut Pertanian. Tidak Dipublikasikan.

Bruijnzeel, L.A., (2004). Hydrological Cycle. In: J. Burley, J. Evans and J.A. Youngquist (Eds), Encyclopedia of Forest Sciences.Oxford: Elsevier Academic Press. pp 340-350.

BSN. (2006). Minyak kayu putih. Standar Nasional Indonesia(SNI) 06-3954-2006. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Didham, R.K, and L.L. Fagan, (2004). Forest Canopy. In: J. Burley, J. Evans and J.A. Youngquist (Eds), Encyclopedia of Forest Sciences. Oxford: Elsevier Academic Press. pp 68-80.

Evans, J., (2001). The Forests Handbook . Vol 1. London: Blackwell Science Ltd.

Gardner, F.P., R.B. Pearce, dan R.L. Mitchell, (1985). Physiology of crop plants. The Iowa State University Press

Guenther, E., (1987), Minyak Atsiri Jilid I (Terjemahan) , Jakarta: Penerbit UI-Press.

Handayani, D.N. (1997). Isolasi sineol dari minyak kayu putih (Melaleuca leucadendron Linn.) dengan cara Kimia . Bogor: Skripsi Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Tidak dipublikasikan.

Khabibi, J. (2011). Pengaruh penyimpanan daun dan volume air penyulingan terhadap rendemen dan mutu minyak kayu putih. Skripsi Departemen Hasil Hutan Institut Pertanian Bogor. Tidak Dipublikasikan.

Pearcy, R.W., E.D. Schulze and R. Zimmerman,(1989). Measurement of transpiration and

leaf conductance.In: R.W. Pearcy,J.R. Ehleringer, H.A. Mooney and P.W. Rundel

(Eds.), Plant Physiological Ecology: Field Methods and Instrumentation, London: Chapman and Hall. pp. 137-160.

Perhutani. (2012). Data produksi kayu putih jenis Melaleuca leucadendron tahun 2011 di Pabrik Minyak Kayu Putih (PMKH) Jati Munggul. Laporan Produksi Tahunan. Tidak dipublikasikan.

Purba, M. (1999). Prospek dan kontribusi taman nasional wasur terhadap pembangunan daerah. Prosiding Pertemuan Regional Pengelolaan Taman Nasional Kawasan Indonesia Timur. Kerjasama Departemen Kehutanan dan NRM/EPIQ Prog Protected Areas and Forest. Manado. www.nrm.bappenas. go.id.

Rahayoe, S., Suhargo, Y. Tetuko, dan T. Mega, (2007). Kajian kinetika pengaruh kadar air dan perajangan terhadap laju distilasi minyak atsiri. Prosiding Seminar Nasional Teknik Pertanian. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Steel, R.G.D. dan J.H. Torrie. (1993). Prinsip dan prosedur statistika : Suatu pendekatan biometrik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Winara, A., M. Siarudin, Y. Indrajaya, E. Junaidi dan A. Widiyanto, (2012). Kajian potensi minyak kayu putih di Taman Nasional Wasur, Papua. Laporan Akhir Kegiatan Insentif Pe-ningkatan Kemampuan Peneliti dan Pere-kayasa. Kementerian Riset dan Teknologi.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2014.32.2.139-150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.