Portal Publikasi Badan Litbang dan Inovasi


Selamat datang di Portal Publikasi Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Portal ini menampilkan 18 jurnal ilmiah terbitan Badan Litbang Kehutanan yang menampilkan berbagai topik terkait bidang kehutanan. Beberapa jurnal telah terindeks di Google Scholar dan Portal Garuda.

 

Page Header Logo

Indonesian Journal of Forestry Research

Annals of the Indonesian Journal of Forestry Research

Indonesian Journal of Forestry Research (IJFR) was first published as Journal of Forestry Research (JFR) on November 2004 (ISSN 0216-0919). The last issue of JFR was Volume 10 Number 2 published on December 2013. The Journal of Forestry Research has been accredited by the Indonesian Institute of Sciences since 2008. The last accreditation was on June 2016 (accreditation number: 754/AU3/P2MI-LIPI/08/2016) which will be valid until June 2021. IJFR will be issued in one volume every year including two issues which will be delivered every April and October. This Journal is published by Research, Development and Innovation Agency (FORDA), Ministry of Environment and Forestry, formerly known as Forestry Research and Development Agency, the Ministry of Forestry Republic of Indonesia. The name of publisher has been changed due to the amalgamation of the Ministry of Forestry with the Ministry of Environment into the Ministry of Environment and Forestry, Republic of Indonesia (Perpres No. 16/2015). Consequently, the Forestry Research and Development Agency was transformed into Research Development and Innovation Agency for Forestry and Environment. The logo of the ministry was reformed, accordingly.

Open Access Journal

IJFR is an open access journal. This journal does not charge article processing charges (APCs) or submission charges. All manuscripts submitted to IJFR are assumed to be submitted under the Open Access publishing model. In this publishing model, papers are peer-reviewed in the normal way under editorial control. Published papers appear electronically and are freely available from our website. Authors may also use their published .pdf's for any non-commercial use on their personal or non-commercial institution's website. Users have the right to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of IJFR articles

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam

Sejarah Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam

Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam merupakan publikasi ilmiah resmi yang menerbitkan tulisan hasil penelitian, antara lain : Silvikultur Hutan Alam, Nilai Hutan, Pengaruh Hutan, Botani dan Ekologi Hutan, Perhutanan Sosial, Mikrobiologi Hutan, Konservasi Keanekaragaman Hayati

Jurnal Penelitan dan Pengembangan Hutan awalnya diterbitkan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi Alam kemudian terjadi perubahan nama satker menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan pada tahun 2015 sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.18/MenLHK-II/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam terbit tiga kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), tetapi terhitung tahun 2015 sejak terbitan Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam Volume 12 Nomor 2, Agustus Tahun 2015, maka Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember).

Kebijakan Akses Terbuka

JPHKA adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada JPHKA di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan dapat diakses di website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, men-download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link teks lengkap ke JPHKA.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Hasil Hutan

Sejarah Jurnal Penelitian Hasil Hutan

Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH) adalah publikasi ilmiah bidang anatomi, fisik mekanik, teknologi serat, komposit, biodeteriorasi dan pengawetan bahan berlignoselulosa, teknologi pengeringan hasil hutan, penggergajian dan pemesinan kayu, pengolahan hasil hutan kayu dan bukan kayu, pengolahan kimia dan energi hasil hutan, keteknikan hutan dan pemanenan hasil hutan kayu dan bukan kayu. Jurnal ini telah dinilai oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan terakreditasi (versi cetak) sebagai Majalah Berkala Ilmiah dengan Sertifikat No.: 642/AU3/P2MI-LIPI/07/2015, berlaku mulai Agustus 2015 sampai dengan Agustus 2018. JPHH dipublikasikan pertama pada tahun 1984 dan terbit empat kali dalam satu volume setiap tahun (Maret, Juni, September dan Desember).

Jurnal ini diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebelumnya dikenal sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Nama penerbit telah berubah karena penggabungan dari Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup, menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia (Perpres No. 16/2015). Sehingga, Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan diubah menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Logo penerbit juga mengalami perubahan menyesuaikan Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kebijakan Akses Terbuka

JPHH adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada JPHH di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan dapat diakses di website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, men-download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link teks lengkap ke JPHH. 

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Hutan Tanaman

Jurnal Penelitian Hutan Tanaman merupakan publikasi ilmiah resmi yang menerbitkan tulisan hasil penelitian berbagai aspek Hutan Tanaman, antara lain: Perbenihan, Pembibitan, Teknik silvikultur, Pemuliaan pohon, Perlindungan Hutan Tanaman (meliputi nama penyakit, gulma, kebakaran), Biometrika, Sistem silvikultur, Sosial ekonomi,Pengelolaan Lingkungan Hutan Tanaman.

Terbit pertama kali September 1996 dengan judul Buletin Penelitian Pemuliaan Pohon dengan ISSN 1410-1165, sejak April 2003 berganti judul menjadi Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan dengan ISSN 1693-7147, dan sejak April 2004 berganti Judul menjadi Jurnal Penelitian Hutan Tanaman dengan ISSN 1829-6327

Dalam Satu tahun Jurnal Penelitian Hutan Tanaman terbit tiga kali (April, Agustus dan Desember), tetapi sejak terbitan terakhir Jurnal Penelitian Hutan Tanaman Vo. 12 N0. 3, Desember 2015, Jurnal Penelitian Hutan Tanaman dalam satu tahun terbit dua kali (Juni dan Desember).

Kebijakan Akses Terbuka

JPHT adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada JPHT di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan dapat diakses di website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, men-download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link teks lengkap ke JPHT.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan

Sejarah Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan

Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan telah terakreditasi berdasarkan Keputusan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No. 818/E/2015.  Jurnal ini memuat karya tulis ilmiah dari hasil - hasil penelitian di bidang Sosial. Ekonomi, dan Lingkungan Kehutanan. Terbit pertama kali tahun 2001, dengan nama majalah ilmiah Jurnal Sosial Ekonomi Kehutanan (ISSN 1829-8109), pada tahun 2008 mengalami perubahan nama majalah ilmiah menjadi Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan (ISSN 1979-6013), terakreditasi tahun 2006 dengan No. 60/Akred-LIPI/P2MBI/12/2006. Sejak tahun 2005 terbit dengan frekuensi empat kali setahun, mulai tahun 2016 akan terbit dengan frekuensi tiga kali setahun (April, Agustus dan Desember).

Jurnal ini diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Nama penerbit telah berubah karena penggabungan dari Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup, menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia (Perpres No. 16/2015). Logo penerbit juga mengalami perubahan menyesuaikan Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kebijakan Akses Terbuka

JSEK adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada JSEK di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan tersedia secara bebas dari website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link teks lengkap ke JSEK.

 

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan

Sejarah Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan

Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan telah terakreditasi berdasarkan Keputusan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No. 625/E/2013.  Jurnal ini memuat karya tulis ilmiah dari hasil penelitian, pemikiran/tinjauan ilmiah mengenai kebijakan kehutanan atau bahan masukan bagi kebijakan kehutanan. Terbit pertama kali tahun 2004, terakreditasi tahun 2008 dengan No. 124/Akred-LIPI/P2MBI/06/2008, dan terbit secara berkala tiga kali dalam setahun (April, Agustus, Desember).


Jurnal ini diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Nama penerbit telah berubah karena penggabungan dari Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup, menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia (Perpres No. 16/2015). Logo penerbit juga mengalami perubahan menyesuaikan Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kebijakan Akses Terbuka

JAKK adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada JAKK di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan tersedia secara bebas dari website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link teks lengkap ke JAKK.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan

Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan adalah publikasi ilmiah resmi dari Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Jurnal ini menerima dan mempublikasikan tulisan hasil penelitian berbagai aspek yang berhubungan dengan bioscience seperti silvikultur, perbenihan, pemuliaan, genetika, bioteknologi, hama/penyakit, fisiologi dan konservasi genetik.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa (JPED) diterbitkan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) yang sebelumnya dikenal dengan nama Balai Besar Penelitian Dipterokarpa (B2PD). JPED fokus terhadap seluruh aspek lingkungan hidup dan ekosistem hutan Dipterokarpa terutama dalam bidang Silvikultur, Jasa Lingkungan (Nilai Hutan), Biometrik Hutan, Pengolahan Hasil Hutan, Keteknikan dan Pemanenan Hutan, Hasil Hutan Bukan Kayu, Perlindungan Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, Perhutanan Sosial, Ekonomi dan Kebijakan, Ekologi Tumbuhan dan Biomassa Hutan, Mikrobiologi dan Bioteknologi, Hama dan Penyakit Hutan, Anatomi Kayu, Hidrologi dan Konservasi Tanah Hutan, Dendrologi, Fitogeografi dan Arsitektur Pohon, Fisiologi Tumbuhan.  JPED akan diterbitkan satu volume dalam setahun termasuk dua nomor terbitan yang disampaikan pada bulan Juli dan Desember.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Indonesian Forest Rehabilitation Journal

Indonesian Forest Rehabilitation Journal adalah media Publikasi Ilmiah Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan yang memuat hasil-hasil penelitian bidang rehabilitasi hutan dan lahan yang mencakup aspek-aspek, antara lain : teknik silvikultur, pembinaan habitat, nilai hutan, ekologi, kebijakan dan kelembagaan, teknik sipil, agroforestry, pengendalian hama, penyakit dan jenis invasi.

Indonesian Forest Rehabilitation Journal terbit dua kali dalam setahun (Maret dan Agustus)

Jurnal ini diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebelumnya dikenal sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Nama penerbit telah berubah karena penggabungan dari Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Lingkungan Hidup, menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Republik Indonesia (Perpres No. 16/2015). Sehingga, Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi diubah menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan. Logo penerbit juga mengalami perubahan menyesuaikan Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kebijakan Akses Terbuka

IFRJ adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada IFRJ di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan dapat diakses di website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, men-download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link teks lengkap ke IFRJ

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Perbenihan Tanaman Hutan

Jurnal Perbenihan Tanaman Hutan adalah publikasi ilmiah resmi dari Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan. Jurnal ini menerbitkan tulisan hasil penelitian berbagai aspek perbenihan tanaman hutan, meliputi: pembangunan dan pengelolaan sumber benih, biologi reproduksi, ekologi dan biologi benih, teknologi penanganan benih, kesehatan benih, teknologi pembibitan, pengujian mutu benih dan bibit, kebijakan sosial dan ekonomi perbenihan. Terbit dua kali dalam setahun. 

p-ISSN: 2354-8568

e-ISSN: 2527-6565

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Wasian

Journal WASIAN contains scientific paper from research result or scientific review in forestry. This journal was issued periodically twice a year (June and December). Journal WASIAN was first issued at 2011 with the name INFO BPK Manado (ISSN 2252-4401), then in 2014 it changed into Journal WASIAN.

Wasian derived from the name of the local forestry wood endemic in North Sulawesi, and it also an acronym for Research Information Media.

Google Scholar profile can see at here

 E-ISSN 2502-5198

 P-ISSN 2355-9969

 

Institution profile of Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPLHK) Manado can see at here

 

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Agroforestry

Jurnal Penelitian Agroforestry adalah media publikasi ilmiah resmi dari Balai Penelitian Teknologi Agroforestry. Jurnal  penelitian  ini  memuat  karya  tulis  ilmiah  yang  berasal  dari  penelitian  dan  Kajian  aspek  biofisik, ekologi dan sosial ekonomi serta bidang kehutanan - pertanian pada umumnya. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali dalam setahun (Agustus, Desember).

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Ecolab

Jurnal Ecolab adalah wadah yang merupakan sarana informasi dan publikasi berkaitan dengan kegiatan laboratorium lingkungan. Penerbitan Jurnal Ecolab untuk menampung berbagai informasi mengenai kajian ilmiah, hasil kegiatan pemantauan kualitas lingkungan dan kegiatan sejenisnya dari berbagai kalangan pemerhati lingkungan. Semoga Jurnal Ecolab dapat menambah informasi kita mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan lingkungan yang ada disekitar kita. Untuk penerbitan-penerbitan berikut, redaksi mengundang pengunjung web, para pembaca, dan praktisi serta pemerhati lingkungan untuk dapat memberikan tulisan dan karya ilmiahnya di jurnal ini.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Pengelolaan DAS

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Wanariset Journal

Wanariset Journal adalah sebuah jurnal hasil penelitian dan non penelitian dengan scope konservasi Sumber daya Alam, yang fokus pada perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan secara lestari satwa liar, tumbuhan hutan dan ekosistem hutan.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Penelitian Kehutanan FALOAK

Jurnal Penelitian Kehutanan Faloak adalah jurnal yang ruang lingkupnya : Bidang Silvikultur, Jasa Lingkungan, Biometrik, Pemanenan dan Pengolahan Hasil Hutan Kayu dan Bukan Kayu, Perlindungan, Konservasi Sumberdaya, Sosial Ekonomi dan Kebijakan, Ekologi Tumbuhan, Mikrobiologi dan Bioteknologi, Sifat Dasar Kayu dan Tumbuhan, Hidrologi dan Konservasi Tanah.

 

View Journal | Current Issue | Register

1 - 17 of 17 Items